Cinnamon El Trassa

Ini dia resep bikin kopi ala caffe yang benar-benar Terassa nikmatnya… mudah bahannya tapi rasa meningkatkan selera.. Resep kopi ini kami namakan “Cinnamon El Trassa” Kopi dengan balutan rasa kayu manis yang semakin membuat lidah anda terassa nikmatnya… selamat mencoba…

Bahan-bahan :
Siapkan 1-1 ½ sdm Kopi Robusta dari AKL (Ahli Kopi Lampung)

Siapkan 1 batang kira-kira ½ jengkal kayu manis (cinnamon)

Siapkan 1-2 sdm pemanis (sugar, brown sugar atau gula diet)

Saringan teh (Tambah tissue diatasnya jika lubang penyaring besar-besar)

1. Pertama-tama didihkan air dalam wajan

2. ketika sudah mulai mendidih masukan 1 batang kayu manis sampai suhu air mencapai 100 derajat celcius. Biarkan air sampai berbusa dan aroma kayu manis nya tercium oleh hidung.

3. Selanjutnya api kompor dikecilkan untuk menjaga agar air tetap panas sampai kira-kira suhunya menjadi 90 derajat celsius.

4. Kemudian dimasukan 1-1 ½ sdm bubuk kopi dan diaduk hingga rata dengan api kompor yang kecil. Lama waktu megaduk kira-kira 2 menit. Kemudian api kompor dimatikan semetara anda siapkan saringan teh dan filter kopi atau kertas tisu.

Cerita lainnya:  Resep Kopi Tiramisu

5. Tuangkan seduhan kopi perlahan diatas filter kopi dan ditampung untuk sementara dalam gelas. Lamnya waktu menuangkan sampi tiris kira-kira 3 menit. Agar anda dapat menikmati minum kopi seperti suasana di cafe, pindahkan minuman kopi tadi ke cangkir putih.

6. Tambahkan pemanis yang anda suka seperti gula pasir, brown sugar atau gula diet/diabetes. Sebagai pemanis tampilannya, angkat kayus manis dari wajan air dan bersihkan dengan air putih. Letakan dipinggir gelas yang diberi tatakan piring kecil, kayu manis ini tidak hanya sebagai garnish, tetapi juga bisa membangkitkan kesan bahwa minuman kopi anda bukanlah kopi tubruk biasa.

Catatan :
Kopi yang dipakai harus kopi yang mempunyai kepekatan yang bagus, seperti kopi Robusta asli Lampung. Bisa memesannya di sini :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *