Membuat Espresso Dengan Mokapot

Membuat Espresso Dengan Mokapot

Keanekaragaman cara menyeduh kopi untuk menghasilkan kopi yang pekat mempunyai kepuasan tersendiri bagi para penggemar si hitam ini. Bukan hanya sekedar omongan kosong apabila ternyata setiap proses dan alat yang berbeda mempunyai karakteristik rasa dan aroma yang berbeda pula.

 

Mokapot, merupakan alat brewing kopi untuk ekstraksi espresso yang ditemukan oleh Alfonso Bialleti. Mulai puncak ketenarannya setelah berakhirnya perang dunia ke dua. Alat ini sudah menjadi barang wajib di Italia , bahkan juga digunakan di beberapa wilayah di Amerika Latin hingga Eropa. Walaupun saat ini telah banyak yang beredar beragam bentuk Mokapot tapi pada dasarnya memiliki metode yang sama, yaitu dengan metode pembuatan kopinya menggunakan sistem stovetop, yang mana hasil ekstraksi espresso keluar dari proses pendidihan air yang dibakar langsung di atas kompor (stove).

Pada dasarnya Mokapot terdiri dari 3 bagian ; Bagian pertama di bawah tempat menyimpan air, bagian kedua di tengah tempat menyimpan bubuk kopi, bagian 3 di atas merupakan tempat hasil espresso mokapot bertekanan 1,5 bar menghasilkan citarasa kopi yang natural.

 Untuk memulai menyeduhnya masukkan bubuk kopi ke bagian tengah sampai penuh dan padat. Takaran 8-10g untuk ukuran Mokapot 120ml dan takaran 20-22,5g untuk Mokapot berukuran 270ml.

 

Cerita lainnya:  Menuju Penerapan Indonesian Standard Coffee

Kemudian masukkan air ke bagian penampung di bawahnya

 

Lalu tutup bagian penampung air tadi dengan tempat penyimpanan bubuk kopi di tengah

 

Tutup dengan bagian paling atas Mokapot

 

Tutup penutupnya

 

Setelah semua rapat tempatkan mokapot di atas kompor

 

Perlahan ketika air mulai mendidih, hasil uap ekstraksi keluar melalui lubang yang ada

 

Ketika sudah mencapai batasnya di tempat keluarnya kopi di sanalah puncaknya air telah selesai ekstraksi, segera angkat agar tidak berbau sangit/gosong.

 

Kini hasil kopi sudah bisa dituangkan, tempatkan gula pasir di dasar cangkir

 

Tuang dengan hasil espresso dari mokapot, aduk rata

 

Kini kopi Espresso pekat bergaya Italia yang natural sudah bisa dinikmati. Dari sini anda bisa membuat berbagai minuman dengan resep manca Negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *