Mengenal Green Bean / Biji Kopi

Mengenal Green Bean / Biji Kopi

Kopi merupakan minuman terpopuler yang dikenal di seluruh dunia. Siapa yang tak mengenalnya? Sihitam yang jujur ini, benar-benar jujur disampaikan walau terasa pahit, iya bukan? Sangat mudah kita temukan di mana tempat kita berada. Setiap bertandang ke suatu tempat ditawarkan “mau ngopi?”, “kok buru-buru? Ngopi-ngopi dulu lah mas!” itulah kata-kata yang sering mengudara di sekitar kita.

arabica-robustaDari sekian banyaknya penggemar kopi, pecinta kopi atau hanya sekedar suka-suka, sedikit sekali yang mengetahui bagaimana kopi itu sampai berbentuk cairan hitam di cangkir-cangkir para peminumnya. Sepertinya hal yang wajar kalau kita mengetahui bagaimana awal bentuk kopi ini saat masih mentah yaitu dalam bentuk Biji Kopi atau Green bean. Menjelaskan tentang biji kopi ini dikarenakan ternyata masih banyak dari para konsumen dan penggemar Kopi AKL tidak mengerti akan istilah atau kata-kata yang kita sebutkan sehingga harus berbelit menjelaskannya. Akan tetapi walau bagaimanapun Ahli Kopi Lampung harus setia menerima sharing dari peggemarnya dan rekan-rekan bisnisnya karena kepuasan buyer adalah keberhasilan AKL juga…

bean-cross-section-1024x644Kopi yang kita minum berbentuk hitam ini telah melalui proses yang sangat panjang, mulai dari berbuah, dipetik, dijemur, dikupas, dibakar, dihancurkan dan dipanaskan lagi. Namun, kali ini kita tidak membahas runtutan tahapan tersebut, akan tetapi kita melihat di posisi saat dia masih mentah berwarna hijau, inilah mengapa dia disebut green bean “biji hijau”.

Cerita lainnya:  Budidaya Tanaman Kopi Lampung

Sebelum menjadi green bean/biji kopi, berbentuk buah kopi yang dipetik di atas pohon. Yang matang berwarna merah, sedangkan kopi yang belum matang berwarna hijau mempunyai kadar nitrogen yang masih tinggi. Di dalam buah seperti cherry inilah biji kopi didapatkan.

Untitled-1
Sortasi green bean robusta AKL
green-bean-arabika-akl
Green Bean Arabika Sepecialty AKL Coffee

 

Kandungan Biji Kopi

Senyawa yang terkandung dalam biji kopi meliputi kafein, tannin, thiamin, xanthine, spermidine, guaiakol, asam sitrat, asam klorogenat, asetaldehida, spermine, putresin, scopoletin. Untuk hal mineral, kopi juga terdiri dari niacin, thiamin, magnesium, fosfor, folat dan mangan.

Setiap karakter green bean mulai dari segi warna, aroma dan bentuk, berbeda-beda tergantung pada varietas, klon, tempat tanam, budidaya dan penangan pasca panennya. Sehingga jika kita ingin merinci setiap jenis kopi yang ada di dunia dari karakter biji kopi tentu sangatlah banyak, namun secara global dan melihat varietas terbanyak di dunia ada dua jenis, yaitu Arabika (Coffeea Arabica) dan Robusta (Coffeea Canephora). Dua jenis ini sudah sangat berbeda mulai dari bentuk biji kopinya. Green Bean Arabika cenderung pipih memanjang dan Green Bean Robusta cenderung bulat.

Cerita lainnya:  Budidaya Tanaman Kopi dengan Cara Stek

 

Biji Kopi Arabika

Arabica AKL CoffeeDari sisi nilai jual, arabika memiliki harga yang lebih tinggi, dikarenakan proses budidayanya yang lebih rumit dan mempunyai rasa yang lebih kompleks dan luas. Jika membandingkan antara satu jenis Arabika dengan jenis Arabika lainnya mempunyai perbedaan rasa yang cukup signifikan. Kekayaan citarasa Arabika telah diakui oleh mancanegara.

Karakter ciri khas dari green bean arabika berbentuk pipih, lonjong, memanjang dan mempunyai center cut di tengah biji kopi, berwarna lebih terang, walaupun sebenarnya pendapat ini menurut AKL warna terang di sini bisa diperoleh dari sistem proses pasca panen Arabika yang biasanya menggunakan metode Wet Process, karena Robusta Wet Process yang diolah Ahli Kopi Lampung berwarna cerah hijau muda, berbeda dengan Robusta yang pasca panennya dengan sistem Dry Process.

Biji Kopi Robusta

Robusta-green-bean-AKL-COffee

Walaupun terbilang low profile tapi sebenarnya tidak sedikit juga para penggemarnya yang justru lebih suka memilih kopi jenis robusta karena ketegasan rasanya yang dominan pahit, cocok untuk pekerja malam yang menuntut otak dan peredaran dalam tubuhnya harus selalu mendidih, karena kadar kafeinnya yang lebih tinggi.

Cerita lainnya:  5 Kawasan Perkebunan Kopi Sumatera yang Paling Terkenal

Karakter ciri khas dari green bean Robusta berbentuk bulat, sederhana bentuknya sesederhana rasanya. Untuk warna lebih cenderung antara kuning dan kehijau-hijauan.

Demikian pengetahuan tentang green bean atau biji kopi mentah yang bisa kami sampaikan semoga bisa menjadi wawasan anda.

Bagi anda yang berprofesi sebagai pengusaha di bidang perkopian seperti roaster, coffee industries dan UKM membutuhkan supplay green bean / biji kopi sumatera dari kami, tersedia untuk jenis Green Bean Robusta DP Lampung, robusta WP lampung, arabika mandailing, arabika aceh gayo, specialty grade. Juga tersedia pada kami Green bean Luwak tangkar dan liar. Untuk informasi ketersediaan barang bisa menghubungi marketing kami

One Comment

  1. Saya ingin bertanya itu untuk wrna biji robusta kuning dan kehijau-hijauan trmaksd dlm keteria biji yg berkualitas ya,,?
    Dan tuk bentuk biji robusta hanya bulat saja ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *