Rahasia Kelezatan Biji Kopi Lampung & Sumatera

Rahasia Kelezatan Biji Kopi Lampung & Sumatera

Bagi Anda para pecinta kopi tentunya tau bagaimana kelezatan rasa dan aroma secangkir kopi Sumatera. Sumatera merupakan salah satu pulau penghasil kopi terbaik di dunia. Ada banyak jenis kopi yang dihasilkan di Pulau Sumatera dan hampir semuanya memiliki daya saing di tingkat internasional. Jenis kopi arabika merupakan kopi yang bisa kita temukan di daerah Aceh. Sementara jenis kopi robusta merupakan kopi yang cukup terkenal di Sumatera yakni tepatnya di dearah Lampung dan Sumatera Selatan. Cita rasa aroma dari kopi Sumatera sangat lah khas di lidah para ahli kopi. Termasuk bagaimana ketuaan biji kopi saat dipanen. Semua itu memberikan kesan bahwa kopi Sumatera memang kopi berkelas dunia.

Kelezatan kopi Sumatera tersebut didasarkan pada banyak hal, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kondisi geografis di beberapa kawasan di Pulau Sumatera memang sangat cocok dengan budidaya tanaman kopi tersebut. Beberapa daerah pegunungan dengan tingkat ketinggian dan suhu maupun cahaya sangat cocok untuk dilakukan penanaman kopi di daerah tersebut. Sebut saja misalnya daerah Gayo Aceh, Sidikalang, Lampung Barat dan Tengah dan beberapa kawasan lain di Pulau Sumatera memang memiliki kondisi yang sangat mendukung untuk kehidupan tanaman kopi tersebut.
  2. Kebiasaan para petani kopi di Sumatera yang memiliki etos kerja yang tinggi dalam merawat tanaman kopi. Perawatan tanaman kopi memang membutuhkan ketelatenan, mulai dari menyiram, memupuk, membersihkan rumput, membersihkan hama, mengontrol kadar air dan sebagainya. Semuanya diperhatikan sesuai dengan syarat bagusnya sebuah tanaman kopi bisa tumbuh. Bibit yang bagus saja tidak cukup tanpa dilandasi semangat bertani yang baik untuk merawat tumbuhnya tanaman kopi sesuai dengan ukuran yang normal. Penetrasi cahaya pun harus cukup sehingga proses fotosintesis tanaman bisa berjalan dengan baik.
  3. Beberapa jenis kopi Sumatera saat ini telah mulai banyak yang dikembangkan dengan cara organik. Hal ini tentu saja menambah kelezatan cita rasa dan aroma dari kopi Sumatera tersebut. Sebut saja misalnya kopi Lampung dari petani Lampung Barat yang bekerjasama dengan Ahli Kopi Lampung, saat ini sudah banyak yang ditanam dengan cara organik. Hal ini dilakukan oleh para petani kopi untuk mempertahankan kualitas dan daya saing kopi Sumatera di pasar ekspor dunia internasional. Kopi organik memang terbukti lebih natural, sehat dan memiliki rasa yang lebih khas. Meskipun demikian harus diakui bahwa perawatan dan pemeliharaan tanaman kopi organik membutuhkan biaya yang cukup besar dan perawatan yang lebih intensif lagi.
  4. Pengeringan biji kopi yang sempurna sehingga membuat rasa kopi nya benar-benar terasa. Aromanya tercium lebih harum, bahkan sebelum kopi tersebut diseduh. Begitu lezatnya kopi Sumatera hingga beberapa jenis kopi Sumatera ini menjadi menu kopi kesukaan para bangsawan Belanda zaman penjajah dulu. Sebut saja seperti kopi Sumatera Selatan yang menjadi kesukaan ratu Yuliana dari Belanda dan kopi Gayo Aceh yang oleh Belanda sendiri sudah dijual ke pasar internasional sejak zaman penjajah berkuasa di Aceh.
Cerita lainnya:  Khasiat Kopi Luwak
Gunung Pesagi Liwa, Lampung Barat
Gunung Pesagi Liwa, Lampung Barat

Mau tau rasa nikmatnya sensasi kopi nusantara dari sumatera? Silahkan langsung menikmati berbagai rasa kopi Sumatera dari Kami. Kopi Aceh, kopi Lampung, kopi Sidikalang, kopi Mandailing bisa mudah anda dapatkan langsung dari perkebunannya. Kopi yang kami olah dari perkebunan organik yang berada di sekitaran Liwa Lampung Barat, Pegunungan Danau Toba Medan, Sidikalang dan desa Beneur Meriah Aceh. Proses pemanggangan kopi menggunakan mesin Roasting standar perkopian yang higienis dan terjaga kualitas aslinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *