Dampak Kesehatan Akibat Minum Kopi

Dampak Kesehatan Akibat Minum Kopi

Beragam kontroversial di masyarakat tentang kopi beriringan bagaikan siang yang berganti dengan malam. Setiap masing-masing orang mengutarakan seperti ada yang dibelanya dibelakang objek kopi. Namun semua itu hanyalah omong-omong tak menghasilkan kesimpulan apabila dinyatakan tidak dalam bentuk fakta logis yang ada. Bolehlah bagi sebagian orang masih dalam koridor -kesenangan- yaitu tidak suka dengan sifat-sifat yang ada dalam kopi. Namun hal itu jangan dibawa kepada sisi gelap kopi yang juga pasti ada dalam bahan-bahan makanan lainnya menjadi penyebab utama dampak kesehatan buruk bagi manusia. Padahal, jangankan di era moderen ini yang bisa membuktikan pengaruh suatu dzat buruk atau tidak dengan alat-alat canggih, di jaman kejayaan Islam setelah wafatnya Nabi pun telah bisa menemukan sisi positif yang banyak pada minuman kopi apabila dalam batas sewajarnya, bahkan bisa bernilai ibadah apabila bertujuan untuk berkhidmat kepada Alloh subhanahu wata’alaa. Berarti semua itu dibutuhkan edukasi tentang kopi bagaimana memilih kopi yang baik dan bagaimana menkonsumsinya yang baik pula.

Akhirnya kita bertanya kembali, mengapa tidak minum kopi? Padahal manfaatnya banyak dan halal, berikut beragam manfaat yang terkandung :

  • Kopi sebagai sumber antioksidan

Mules saat minum kopi ternyata merupakan dampak baik bagi usus anda. Bayangkan setiap hari anda mengkonsumsi berbagai macam makanan yang mungkin banyak dzat-dzat tidak bermanfaat bagi tubuh bahkan beracun tertinggal. Disinilah peran antioksidan dalam tubuh anda, American Chemical Society menjelaskan bahwa kopi mengandung senyawa yang disebut asam klorogenat yang meningkatkan kadar asam lambung. “Dorongan keasaman ini dapat menyebabkan perut untuk membuang isinya lebih cepat ke dalam usus,” artinya secara tidak langsung anda telah mendetox

  • Kafein dalam kopi membantu kinerja sel-sel motorik
Cerita lainnya:  Ragam Nama dan Panggilan "KOPI" di Dunia

Kafein yang merupakan kandungan utama dalam kopi mempunya manfaat dalam sistem sel motorik tubuh manusia. Mempunyai sifat menenangkan apabila dikonsumsi tidak lebih dari 3 cangkir sehari. Kafein merangsang sistem saraf pusat dengan menghalangi neurotransmitter (adenosine), Sebagai konsekuensi dari perubahan kimia dalam otak, dan yang terjadi adalah meningkatnya neuron yang dapat menyebabkan sel-sel saraf lebih cepat, dan pembuluh darah di otak. Kemudian kelenjar pituitary merespon dengan melepaskan hormon yang memberitahu kelenjar adrenal untuk menghasilkan adrenalin. Efeknya adalah tidak mudah mengantuk atau badan terasa lebih bersemangat.

  • Terhindar dari penyakit lupa atau pikun di masa tua

Dalam satu studi Finlandia, para peneliti menemukan bahwa minum 3-5 cangkir kopi setiap hari di usia paruh baya mendapatkan 65 persen penurunan risiko Alzheimer dan demensia di kemudian hari. Alzheimer merupakan penyakit tua berupa pikun yang berakibat sulitnya untuk berinteraksi dengan sesama manusia. Para peneliti mengeksplorasi senyawa dalam kopi, yang mungkin bertanggung jawab untuk memberikan efek perlindungan dan mengidentifikasi kafein dan polifenol sebagai kandidat utama. kata Arfram Ikram, asisten profesor di neuroepidemiology di Erasmus Medical Centre Rotterdam di Belanda. Seperti yang dilansir dari Healthmeup, Sabtu (29/11/2014) “Temuan menunjukkan bahwa konsumsi kopi secara teratur selama seumur hidup menurunkan risiko terkena Alzheimer, dengan efek perlindungan yang optimal terjadi dengan tiga-lima cangkir kopi per hari,”

  • Membantu dorongan untuk menghafal
Cerita lainnya:  Biji Kopi Dan Jenis Minuman Kopi

Kamu seorang penghafal alquran sangat baik jika meminum kopi saat hafalan ataupun muroja’ah. Karena dzat kopi mempunyai senyawa yang membantu kinerja otak baik dalam jangka pendek maupun panjang. Kopi dapat meningkatkan performa kognitif dengan meningkatkan efisiensi bilateral parietal cortex dan left prefrontal cortex yang bertanggung jawab pada konsentrasi dan kerja memori otak, demikian penuturan Dr Josep Serra Grabulosa, salah seorang peneliti.

  • Terhindar dari resiko diabetes

Penyakit umum orang Indonesia yang dominan makanan dan minumannya mengandung unsur gula menyebabkan kebanyakan warga Indonesia terkena dampak diabetes. Hal ini bisa dikurangi resikonya dengan rutin minum kopi pahit di pagi hari seperti kopi espresso, kopi tubruk tanpa gula, ataupun minum kopi dengan pemanis alami seperti gula aren, gula kelapa, gula jagung dan lainnya.

  • Terhindar dari kanker hati

Hati merupakan organ penting dalam tubuh yang salah satunya sebagai filter, Ketika zat berbahaya diambil ke dalam tubuh, hati adalah organ yang bertanggung jawab untuk penyaringan. Sebuah studi dalam Archives of Internal Medicine menunjukkan korelasi terbalik antara peningkatan konsumsi kopi dan penurunan risiko sirosis-pengurangan 20 persen untuk setiap cangkir dikonsumsi (hingga empat cangkir).

  • Terhindar asam urat yang kambuh
Cerita lainnya:  Jenis Jenis Alat Kopi Manual

studi skala besar lain, yang diterbitkan dalam jurnal Arthritis & Rheumatism, menemukan bahwa pria yang minum 4-5 cangkir kopi per hari mengalami penurunan risiko gout sebesar 40 persen, dan bahwa mereka yang mengkonsumsi enam cangkir atau lebih menurunkan risiko gout hingga 60 persen.

Melihat dampak baik minum kopi apabila tidak berlebihan mengkonsumsinya bisa menjadi jalan alternativ minuman alami bagi kesehatan, mudah didapat dan simpel pembuatannya. Jadi mengapa anda tidak minum kopi? Kopi sehat yang jelas langsung dari perkebunannya kami Kopi AKL, siap kirimkan untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *