Sejarah Perkembangan Kopi di Indonesia

Sejarah Perkembangan Kopi di Indonesia

Sejarah perkembangan kopi di Indonesia dimulai sejak abad ke 16. Saat itu Indonesia masih dalam kekuasaan penjajah Belanda. Pada tahun 1696, India mengirimkan bibit kopi Yemen atau Arabica kepada gubernur Belanda yang berkuasa di Indonesia saat itu untuk dikembangkan di Indonesia khususnya di Batavia. Akan tetapi sudah sejak zaman itu pula Kota Batavia atau Jakarta sekarang ini rentan dengan musibah banjir. Sehingga pada saat itu, biji kopi yang dikirim dari India tersebut mati karena adanya musibah banjir yang terjadi di Kota Batavia. Namun setelah itu tetap dilakukan pengiriman bibit yang kedua dan akhirnya tumbuh dengan baik. Akhirnya pada tahun 1711, hasil biji kopi tersebut dikirim oleh Belanda ke Eropa. Dalam masa pengembangan 10 tahun lamanya, ekspor kopi Indonesia telah meningkat sebanyak 60%. Indonesia pun kemudian dikenal sebagai negara pengeskpor kopi terbesar di dunia setelah negara-negara Arab dan Ethiopia.

Saat ini perkembangan kopi di Indonesia terus mengalami kemajuan yang cukup signifikan. Beberapa daerah di Indonesia dikenal sebagai penghasil kopi terbaik dunia. Lampung dikenal sebagai penghasil kopi terbesar di Indonesia yang memiliki jenis kopi robusta. Di Pulau Sumatera saja misalnya kita melihat banyak jenis kopi berkualitas yang juga sudah dikenal hingga ke mancanegara seperti misalnya kopi Sidikalang Sumatera Utara, kopi Mandailing dan kopi Gayo Aceh, kopi Sumatera Selatan dan sebagainya. Di Jawa misalnya juga dikenal kopi Malang yang mirip dengan yang ada di Lampung, kopi Bali dan masih banyak lagi jenis kopi yang lainnya. Indonesia sebagai negara kepulauan nusantara memiliki pesona rasa kopi nusantara yang sangat beragam dan rasanya pun merupakan rasa yang berstandar kualitas ekspor.

Cerita lainnya:  Resep Kopi Frappucino Green Tea / Kopi Teh Hijau

Salah satu keistimewaan kopi yang ada di Indonesia seperti misalnya kopi Sumatera adalah perawatan dan pengelolaanya dilakukan dengan sangat intensif sehingga rasa dan aroma yang dihasilkan bisa lebih baik. Selain itu beberapa daerah di Indonesia juga sudah mulai mengembangkan teknik budidaya tanaman kopi secara organik. Karena saat ini jenis tanaman organik yang lebih sehat ternyata lebih diminati oleh para pecinta kopi di tingkat dunia. Ini merupakan cara yang dilakukan oleh para petani kopi Indonesia untuk mempertahankan daya jual kopi Indonesia di tingkat dunia.

Kopi nusantara yang tersebar di beberapa kawasan di Indonesia umumnya memiliki kualitas rasa yang cukup baik. Hal ini disebabkan karena Indonesia merupakan negara beriklim tropis dimana tanaman kopi akan sangat cocok tumbuh di kawasan yang beriklim tropis. Kawasan pegunungan di Indonesia dengan curah hujan yang cukup serta penetrasi cahaya matahari yang baik dan suhu tropis yang mendukung membuat tanaman kopi yang ada di Indonesia bisa tumbuh dengan kualitas yang baik. Bahkan untuk jenis kopi luwak misalnya, Indonesia bahkan diakui sebagai kopi luwak terbaik di tingkat dunia.

Cerita lainnya:  Sejarah Perjalanan Kopi di Indonesia

Untuk Anda para pecinta kopi, buat apa jauh-jauh menikmati secangkir kopi dari luar negeri jika ternyata di Indonesia sangat banyak jenis kopi alami yang justru dicari banyak orang dari luar negeri. Tanah Indonesia yang subur telah membuat berbagai tanaman mampu tumbuh dengan baik dan sempurna, termasuk tanaman kopi. Petani Indonesia yang dikenal rajin dan telaten dalam bekerja telah mampu menghasilkan komoditas ekspor terbaik dunia dan menjadi kesukaan para ahli kopi di tingkat dunia.

[av_button label=’Buka Katalog Produk’ link=’manually,http://ahlikopilampung.com/shop/’ link_target=” size=’x-large’ position=’center’ icon_select=’no’ icon=’ue800′ font=’entypo-fontello’ color=’red’ custom_bg=’#444444′ custom_font=’#ffffff’]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *