Rahasia Buat Kopi Tubruk Enak

Rahasia Buat Kopi Tubruk Enak

Kalau seantero pecinta kopi dunia sibuk dengan berbagai macam alat-alat kopi mahal untuk menciptakan berbagai racikan kopi yang enak, beda dengan kebanyakan cara orang indonesia dalam menyeduh kopi dengan menggunakan metode yang sangat sederhana. Seakan metode penyeduhan kopi ini menggambarkan kesederhanaan warga Indonesia yang ramah dan cinta damai menghasilkan kopi sederhana namun menyerbak wangi ke seluruh ruangan. Metode penyeduhan apakah itu? Yaitu penyeduhan dengan cara Tubruk atau biasa dikenal dengan Kopi Tubruk. Yaitu penyeduhan kopi dengan cara menyiramkan langsung air panas kedalam gelas saji yang sudah dimasukkan bubuk kopi.

Bagi sebagian pecinta kopi aliran garis keras selalu mengerutkan dahi ketika kopi yang dihidangkannya dengan cara tubruk. Seketika itu mereka mengeksploitasi berbagai macam bahasa, gaya dan retorika aliran kopi garis kerasnya yang menurutnya menodai kesucian dari pemahamannya, menunjukkan pada tingkat kasta berapa ia sebagai pecinta kopi. Padahal, tidak semua pengopi harus sejajar lurus dengan apa yang ia dapati dari berbagai pengalaman minum kopinya. Bersyukur masih ada kopi di depan meja hidangnya, merupakan cara terbaik untuk dapat menikmati setiap seruputnya dan meruntuhkan karat-karat kesombongan yang menempel pada dada dan jiwa.

Cerita lainnya:  Sang Pencetus Kopi Organik di Lampung

Kopi tubruk lah cara yang paling bisa kita dapati dari semua karakter yang ada dalam kopi seperti aroma yang bisa tercium apabila ada dzat-dzat asing selain kopi, body (ketebalan seduhan) yang creamy atau light body, acidity yang lebih dapat terasa, minyak yang keluar setelahnya yang menandai ada atau tidaknya defect pada kopi. Itu semua bisa didapat apabila dengan cara tubruk. -dengan tidak menambahkan gula tentunya-

Kopi tubruk walaupun kopi penyeduhan yang sederhana namun punya tips yang baik agar hasil seduh kopi tersebut punya nilai tambah keistimewaan pada rasa dan aroma. Tentunya semua itu juga harus didukung kopi yang berkualitas baik dan fresh. Sangat disayangkan jika punya kopi yang bagus dan berkualitas, dari serangkaian cinta dan pengorbanan usaha susah payah mulai dari sang petani kopi hingga roaster, namun gugur keistimewaannya pada meja seduh.

Untuk membuat kopi tubruk yang baik dan enak ada rahasianya yang kebanyakan belum diketahui para pengopi. Lakukanlah cara-cara berikut :

  1. Mempunyai kopi bubuk berkualitas baik
Cerita lainnya:  Penyebab Kopi Kamu Terasa Gosong
Cangkir istimewa akan menambah kenikmatan nyeruput
  1. Siapkan cangkir atau gelas yang baik terbuat dari kaca atau keramik

 

Bubuk kopi 1g:15ml air
  1. Masukkan bubuk kopi sekitar 10g untuk air seduh 150ml. Rumusnya, 1g bubuk kopi : 15ml air
  1. Rebus air hingga mendidih.
  1. Setelah mendidih diamkan kurang lebih selama 30 detik, ini untuk menghindari efek rasa terbakar pada kopi. Jika punya termometer pada suhu 95oC

 

  1. Tuangkan air kopi 150ml ke dalam cangkir dengan cara memutar searah jarum jam seakan mengaduk kopi.

 

  1. Aduk kopi dengan sendok berbahan baik seperti kayu atau plastik food grade.

  1. Diamkan sejenak selama 3-5 menit sampai ampas kopi turun agar proses ekstraksi bubuk kopi bisa sempurna.

  1. Kopi tubruk yang kental dan aromatic siap untuk dinikmati.

Ada yang kurang tidak ya cara di atas? Mungkin bagi kamu yang belum bisa menikmati kopi tanpa gula yang sehat dan sebenarnya lebih nikmat jika tanpa gula karena rasanya lebih kompleks, bisa kamu masukkan gula pada seduhan kopi tubruk pada saat terakhir setelah didiamkan selama kurang lebih 3 menit kemudian diaduk agar gula merata. Setelah itu kamu bisa diamkan lagi seduhan kopi sebentar agar bubuk kopi yang teraduk bisa turun kembali. Jangan sekali-kali langsung memasukkan gula dan kopi saat menyeduh karena ini akan mengurangi proses ekstraksi bubuk kopi, aroma dan kekentalan yang didapat berkurang. Biarkan bubuk kopi sendiri dahulu yang diseduh dengan air panas baru masukkan gula setelah bubuk kopi turun.

Cerita lainnya:  Resep Kopi Cappucino Cincau AKL

Biasanya para ahli test cup atau cupping melakukan cara seduh diatas agar didapati berbagai karakter yang terkandung pada kopi. Kamu juga bisa mengetes citarasa kopi yang kamu dapat dari berbagai daerah dengan cara seduh tubruk tanpa gula.

Jadi kenapa minder nyeduh kopi dengan cara Kopi Tubruk? Kesederhanaan yang ada akan menjadi istimewa setelah melakukan penanganan seduh kopi yang baik. Kopi hitam pekat, creamy dan aromatic bisa kamu sajikan dalam meja hidang.

Lupa expose kopinya hehe…

9 Comments

    1. Bukan 150g tapi 10 gram dengan 150ml air. 10gr bubuk kopi itu sekitar 1,5 sendok makan kalau bubuk sangat halus.

    1. Sebenarnya sama saja jika untuk takaran bubuk dan air 1:15, tinggal pada waktu lama ekstraksinya saja berbeda, semakin kasar semakin butuh waktu untuk ekstraksi air panas dengan bubuk kopi. Patokannya sampai bubuk kopi yang menggenang di atas sudah banyak turun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *