Teknik Perawatan Kebun Kopi yang Baik

Teknik Perawatan Kebun Kopi yang Baik

Anda peminat kopi Lampung sebagai salah jenis kopi Sumatera yang terbaik? Rasa yang khas dan nikmat menjadi alasan kenapa banyak orang menyukai kopi Lampung. Kopi Lampung Sumatera yang ditanam di beberapa daerah di Lampung merupakan jenis kopi robusta. Indonesia memiliki banyak jenis kopi yang terkenal dengan rasanya yang lezat. Hal ini disebabkan karena Indonesia berada pada iklim tropis yang merupakan kawasan paling cocok untuk tumbuhnya tanaman kopi. Rahasia kopi yang nikmat seperti kopi Lampung misalnya bukan hanya karena varietas bibitnya berasal dari bibit yang unggul. Namun yang paling penting juga adalah perawatan tanaman kopi tersebut. Di Lampung, masyarakat perkebunan rakyat benar-benar telaten memperlakukan tanaman kopi mereka dengan perawatan yang maksimal sehingga tanaman kopi yang ditanam menghasilkan biji kopi yang memiliki rasa nikmat dan khas.

Perawatan kebun kopi yang baik sudah diawali sejak pemilihan lahan yang tepat dan juga pemilihan bibit unggul tanaman tersebut. Kopi yang lezat berasal dari bibit yang unggul dan tidak ada cacat pada tanaman tersebut. Terutama jika Anda ingin menanam sendiri pohon untuk pembibitan maka pastikan pohon kopi tersebut layak dijadikan sebagai tanaman induk pembibitan.

Cerita lainnya:  Budidaya Tanaman Kopi Lampung

Berikut ini teknik perawatan tanaman kopi yang baik dan membutuhkan ketelatenan dari para petani kopi tersebut:
1. Penyiraman tanaman harus dilakukan telaten terutama di usia awal penanaman. Misalnya kondisi cuaca yang ekstrim seperti kemarau membuat Anda harus memastikan kondisi tanaman memiliki cadangan air yang cukup. Pada usia satu minggu pertama penanaman, maka sebaiknya Anda melakukan penyiraman secara rutin. Setelah pohon berangsur besar maka kurangilah penyiraman tanaman tersebut.

2. Kapan pemupukan dilakukan, yang pertama pada usia pertama penanaman, selanjutnya setiap 6 bulan sekali. Usahakan Anda menggunakan jenis pupuk alami seperti pupuk kandang dan kompos. Lakukan pemupukan pada musim hujan. Karena pada musim hujan biasanya kandungan unsur hara tanah lebih tinggi sehingga lebih mudah terserap oleh akar.

3. Pembersihan tanaman parasit di sekitar tanaman kopi tumbuh. Kebun kopi idealnya memang harus bersih. Pastikan sebagai para petani membersihkan rumput dan tanaman pengganggu lainnya yang biasanya terdapat di sekitar tanaman tumbuh.

4. Membersihkan dari hama pengganggu tanaman. Pada usia tahun kedua tumbuh, tanaman kopi biasanya cukup rentan dengan gangguan hama dari luar. Sehingga menuntut para petani kopi harus rajin membersihkan seperti misalnya ulat, serangga, dan berbagai binatang parasit lainnya yang biasa mengganggu tanaman kopi. Pembersihan dan pencegahan sebaiknya dengan menggunakan cara alami untuk menjaga kualitas dari tanaman kopi yang dihasilkan nantinya.

Cerita lainnya:  5 Kawasan Perkebunan Kopi Sumatera yang Paling Terkenal

5. Menjaga agar tanaman memiliki suplai matahari yang cukup sehingga tidak baik di tanam di kawasan yang terlindung dengan pohon besar. Sinar matahari diperlukan untuk tumbuhnya tanaman tersebut.

Jadi rasa yang nikmat dari tanaman kopi Lampung misalnya dipengaruhi oleh proses perawatan dan penjagaan yang dilakukan oleh para petani kopi. Para petani kopi Lampung memiliki upaya perawatan yang tersistem dan sudah berpuluhan tahun menanam tanaman kopi sebagai salah satu tanaman komoditas eskpor. Kopi yang dihasilkan pun benar-benar pas lezatnya, aromanya yang sudah tercium sebelum kopi tersebut diseduh. Perhatikan hal-hal penting di atas yang harus ada dalam budidaya tanaman kopi. Bibit kopi yang dipilih pun harus dipastikan sebagai bibit kopi terbaik.

One Comment

  1. Hello saya Lynda dan James dari Hawaii, kami juga punya coffee farm di Hawaii, di bulan Augustus 2016 saya akan berkunjung ke lampung bisakah kami mengunjungi coffee plantation anda dan showroom anda di Liwa, bisa info saya, terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *