Penyebab Kopi Kamu Terasa Gosong

Penyebab Kopi Kamu Terasa Gosong

Bagi sebagian orang mungkin suka dengan kopi yang terasa gosong, getir dan kepahitan-kepahitan yang non alamiah, bahkan mereka akan bilang kopi yang tidak seperti di atas rasanya akan terasa hambar tidak strong.

Bagi kamu yang sensitif dengan rasa yang pahit gosong akan membuat tidak nyaman ketika menikmati kopi. Mungkin, kamu pernah mengalami hal seperti ini ketika kamu sudah susah payah memilih kopi yang bagus, mahal dan menggunakan alat kopi yang terawat kebersihannya, namun tetap mendapatkan rasa dan aroma yang getir, gosong atau istilahnya dalam citarasa kopi “Burnt”. Ada hal-hal yang kamu harus perhatikan ketika menyeduh kopi agar terhindar dari perasaan rasa gosong kopi kamu.

Perhatikan jenis kopi kamu

  1. Memilih kopi yang baik dan 100% murni tanpa campuran jagung, beras atau bahan-bahan lainnya.

Selain kamu tidak bisa mendapatkan manfaat kopi yang sesungguhnya, kamu juga akan mendapatkan rasa yang getir dikarenakan biasanya produsen kopi yang mencampur bahan selain kopi akan berusaha untuk menyamakan dengan karakter kopi hingga bahan campurannya menghitam.

  1. Pilih kopi dengan bubuk yang kecoklatan atau Roasted bean (biji sangrai) dengan warna kecoklatan yang istilah roaster kopi di tingkat medium roast. Pada tingkat ini kopi telah mengeluarkan aroma karamel yang wangi yang dipertahankan tanpa masuk ke tingkat roasting selanjutnya, sehingga walaupun rasa alamiah kopi yang pahit tetap mendapatkan rasa yang manis.
Cerita lainnya:  Resep Espresso Con Panna

Perhatikan alat grinder kamu

Bagi kamu yang hobi buat kopi dimulai dari biji, gunakan alat grinder yang tidak menimbulkan panas yang sangat pada hasil gilingannya. Handgrinder bisa lebih menjaga suhu hasil bubuk kopi kamu. Jika menggunakan grinder bermata blade tekan putarannya berkali-kali sedikit demi sedikit untuk menghindari suhu panas.

Perhatikan suhu derajat air seduh kamu

Menyeduh kopi saat suhu panas lebih dari 100C akan menaikkan pembakaran sebagian element kopi yang menyebabkan hilangnya rasa manis pada kopi. Derajat suhu yang ideal untuk menyeduh kopi adalah 950 C, untuk memastikannya kamu bisa menggunakan thermometer, jika tidak ada bisa dengan cara mendidihkan air dan kemudian didiamkan selama 1 menit. Untuk alat kopi seperti Aeropress bahkan menggunakan suhu air di 75C.

Bedakan indra perasa lidah

Kamu sudah coba tips di atas tapi masih ada perasaan gosong? Coba perhatikan lagi memori indra perasa pada lidah. Bagaimanapun kompleksnya citarasa sebuah kopi akan menimbulkan rasa pahit, akan tetapi pahit yang dimiliki kopi adalah pahit yang alamiah bukan seperti bahan kimiawi. Pahit citarasa kopi kadang seperti coklat batangan 90%, kadang seperti batang kayu pohon segar, atau seperti tanah basah subur yang lembab atau lainnya yang bukan bahan kimiawi seperti bau besi las, arang kayu bakar, karat besi, plastik lapuk, karung basah, karet, tanah kering dan lainnya dari kopi yang mempunyai citarasa defect (Cacat rasa) pada hasil olahannya yang mungkin terjadi saat pasca panen atau roasting kopi.

Cerita lainnya:  Rahasia Buat Kopi Tubruk Enak

Kopi yang terasa pahit gosong jika dirasakan seperti “Alkali”  terdengarnya seperti sebuah merek batu baterai ya? Tapi boleh jadi itulah jika kamu coba membayangkan rasanya, mungkin kamu mau untuk merasakan bagaimana rasa besi baterai itu dengan sedikit menjilat? Terserah saja, asal jangan sampai keracunan ya….  hal ini hanya untuk melatih kepekaan lidah dan menyimpannya dalam memori ingatan kamu.

Selanjutnya kembali kepada citarasa yang kamu senangi, apakah ingin merasakan kopi yang benar-benar pahit gosong atau citarasa kompleks yang bercampur manis pahit. Jika sudah terlanjur terasa “Burnt” pada hasil seduh kopi kamu jangan dibuang, masukkan ke dalam freezer sampai membeku untu dicampur nantinya dengan susu cair dan syrup pemanis. Selamat mencoba sahabat kopi…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *