6 Kesalahan Saat Ngopi Yang Harus Dirubah

6 Kesalahan Saat Ngopi Yang Harus Dirubah

  1. Nyeduh kopi yang sudah dicampur gula

Saat menyeduh kopi biasanya yang terjadi pada orang indonesia langsung mencampurkan gula dan bubuk kopi sebelum dituangkan air panas. Hal ini mengurangi proses ekstraksi bubuk kopi karena terganggu kandungan yang ada pada gula, sehingga ampas bubuk kopi banyak yang mengambang di permukaan seduhannya.

Perlakuan yang baik ketika menyeduh kopi yaitu dengan memasukkan bubuk kopi dahulu ke dalam cangkir yang akan dituangkan air panas untuk kemudian didiamkan selama 3 menit. Setelah itu masukkan pemanis sesuai selera anda. Dengan cara ini aroma kopi dan seduhannya lebih terasa mantap untuk diseruput dan bubuk kopi tidak mengambang.

Apabila ingin langsung mencampurkan kopi dan gula lakukan menyeduh kedua bahan tersebut dengan air suhu ruangan di dalam panci terlebih dahulu kemudian panaskan di atas kompor sampah berbuih.

  1. Membuang ampas kopi

Setelah minum kopi ampasnya ke mana? sebagian dari peminum kopi merasa bahan ini sudah tidak ada manfaatnya, sehingga terbuang sia-sia ke dalam sampah. Kandungan yang ada pada ampas kopi itu punya banyak manfaat untuk manusia dan tumbuh-tumbuhan. Ampas kopi punya kandungan nitrogen yang bermanfaat untuk tanah, memudahkan proses terjadinya pupuk kompos, dan menyingkirkan hama.

Cerita lainnya:  Membuat Coffee Latte

Cobalah untuk membiasakan membuang bubuk kopi ke tanaman, pohon, taman-taman, bahkan perkebunan, dengan begitu kita telah membantu perputaran ekosistem bumi menjadi lebih baik. Di beberapa negara telah menjadikan ampas kopi sebagai daur ulang cangkir dan media tanam.

https://www.bobvila.com
  1. Saat kopi terasa pahit
https://vinepair.com/

Jangan menambahkan gula saat kopi yang kita seduh terasa pahit di lidah.Terlalu banyak gula bisa memperburuk kesehatan kamu. kamu bisa mendapatkan lebih baik rasanya dengan sejumput garam laut. Mengapa demikian?, karena kandungan molekul garam bisa membatasi lidah kamu untuk merasakan pahit.

  1. Menambahkan pemanis buatan ketika kopi hitam kurang citarasa.

Kamu seorang coffee snub atau hanya seorang yang paham dan mengenal citarasa kopi yang didapat. Tiba-tiba suatu saat kamu mendapatkan hadiah kopi dari teman yang mungkin kurang mengerti kopi. Setelah dicoba kamu rasakan kopinya sudah berkurang aroma dan rasanya,  mungkin kopinya sudah lama atau karena kualitasnya.

Saat seperti itu jangan menambahkan pemanis buatan pada kopi seduhannya apalagi membuangnya. Tambahkan kayumanis dan kulit jeruk saat menggiling kopi bisa memberikan rasa kopi fresh seperti baru dan kaya citarasa. Bisa juga dengan rempah-rempah lain yang kamu suka.

  1. Membuang minuman kopi yang sudah diingin atau dibuat lama seharian.
Cerita lainnya:  Resep Espresso Con Panna

Kopi yang sudah dingin tak sempat habis diminum jangan dibuang begitu saja. Masukkan kopi tersebut ke dalam ice tray dan bekukan dengan freezer. Setelah membeku minum bersama susu cair dingin. Es kopi beku bisa bertahan kesegarannya beberapa hari dan bisa kamu konsumsi pada saat yang diinginkan.

http://theblissfulbalance.com
http://theblissfulbalance.com/
  1. Saat minum kopi dengan susu cair segar

Kamu seorang yang suka minum kopi hangat dengan susu segar? jangan rebus susu sembarangan, ada dua cara trik menggunakan susu segar hangat untuk minum kopi.

  • Cara pertama dengan memanaskannya di atas kompor.

Hati-hati dengan cara ini yaitu dengan memperhatikan suhu susu yang dipanaskan jangan sampai melewati 60 derajat celcius karena bisa merusak kandungan element susu menjadi pecah. Cara yang seperti ini dibutuhkan alat termometer agar bisa memantaunya.

  • Cara kedua dengan memanaskannya ke dalam microwave

Masukkan susu ke dalam gelas Jar, masukkan ke microwave dan atur panasnya. tunggu sekitar 10 menit. Kocok-kocok gelas jar sampai susunya membuih kemudian masukkan ke dalam kopi yang sudah diseduh.

Cerita lainnya:  Resep Kopi AKL Frappucino Coffee
http://www.thekitchn.com/

Demikian tips dari kami untuk anda pecinta kopi….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *