Jenis Jenis Alat Kopi Manual

Jenis Jenis Alat Kopi Manual

Alat kopi manual merupakan suatu alat yang dipakai untuk membuat kopi dengan cara manusia yang menggerakan alat tersebut tanpa adanya bantuan dari mesin. Karena alat kopi manual tidak mengandalkan mesin, hasil yang didapat bisa lebih mengena tergantung dari tangan atau racikan sendiri. Alat kopi manual atau juga dikenal dengan nama manual brew, saat ini memang sering digunakan dan dipakai untuk meracik kopi atau membuat kopi di café café ataupun coffee shop.alat kopi manual atau manual brew ini memiliki harga yang relativ murah dan dapat dijangkau oleh segala kalangan. Dilihat dari tipe dan jenisnya alat manual brew harus disesuaikan dimana kebutuhanmu apakah untuk traveling, konsumsi harian di rumah bahkan bisa juga untuk usaha. Untuk mengetahui jenis jenis dari alat kopi, simak ulasan berikut :

JENIS JENIS ALAT KOPI MANUAL

  1. French press

Yang pertama paling populer adalah French press. Yang satu ini merupakan suatu alat kopi manual yang telah lama sudah menjadi dari bagian sejarah datangnya kopi. Alat ini memiliki bentuk yang elegant ditambah pula dengan cara pakainya yang cukup simple dengan menekan atau press kopi yang sudah diseduh sehingga ampas kopi bisa tersaring di bawah. alat French press ini selain banyak dipakai peminum kopi rumahan  juga masih sering digunakan oleh banyak kedai kopi sampai saat ini.

Hasil yang diperoleh dari seduhan menggunakan french press adalah seduhan tanpa ampas tebal seduhan (high body) tanpa crema, cocok untuk menyuguhkan kopi-kopi single origin seperti Arabika mandailing, Arabika Gayo bahkan untuk kopi seperti Robusta lampung Red Cherry lebih nikmat diseduh dengan french press. Coba kembali simak cara penggunaannya yang pernah kami buat di sini

  1. Vietnam Coffee Drip

Alat yang kedua ini sepertinya menjadi alat terpopuler kedua setelah french press karena banyak digunakan peminum kopi baik konsumsi rumahan bahkan usaha kelas atas. Sekarang dengan mudah kita melihat alat ini disajikan bersama kopi yang kita minta sambil menunggu tetesan kopinya selesai penuh ke dalam gelas. Penggunaannya yang cukup simple dan hasil seduhan pekat bisa menjadi bahan pertimbangan yang bagus bagi penggiat kopi. Kopi hasil ekstraksi vietnam drip juga bisa dijadikan berbagai aneka minuman kopi premium kelas menengah. Disarankan menggunakan kopi Robusta seperti Robusta Lampung Premium ketika menggunakan alat ini karena dilihat tempat lahirnya alat ini adalah mayoritas penghasil kopi Robusta terbesar di dunia dan penduduknya yang banyak mengkonsumsi Robusta.

  1. Pour Over

http://www.daisyandthefox.com

Pour over ialah suatu alat kopi yang dapat digunakan seperti hal nya Hario v60, flate drip, kalita wave ataupun chemex yaitu dengan cara menuangkan perlahan air panas di atas kopi dan menetes di bawahnya. Dengan memakai por over ini, anda dapat membuat kopi dengan citarasa yang fruitty, ringan tapi kompleks citarasanya. Untuk menyeduh menggunakan jenis pour over disarankan menggunakan air yang mempunyai kandungan mineral tinggi dikarenakan proses ekstraksi airnya yang sebentar ketika melewati kopi, air yang punya mineral tinggi lebih punya efek ekstraksi kandungan kopi lebih kuat.

  1. Rok Presso

Rok presso salah satu alat kopi manual yang dapat menghasilkan atau membuat espresso. Espresso merupakan minuman kopi berkrema tebal yang sebagian pecinta kopi terkadang langsung menikmati hasilnya, namun sering juga espresso menjadi bahan baku utama ketika membuat minuman-minuman kopi menu premium seperti capuccino, coffee lattee, mocha cino, frappuccino dan lainnya dari inovasi menu-menu kopi dunia.

Cerita lainnya:  Pentingnya Kopi Robusta Dengan Uji Citarasa

Dengan demikian Rok presso ini bisa direkomendasikan bagi kamu yang ingin membuat aneka minuman kopi sendiri atau usaha kedai kopi dilihat juga ia memiliki harga dibawah 5 juta rupiah. Untuk kelemahannya Rok Presso butuh tenaga yang kuat ketika menekannya. Waktu seduh bergantung pada lama atau cepatnya kamu mendidihkan air.

  1. Moka Pot

http://paulcirigliano.tumblr.com

Moka pot ini memiliki bentuk yang sama seperti teko yang sering dipakai untuk memasak air. Moka pot ini dapat membuat kopi dengan rasa yang sangat pekat dan citarasa seperti coklat. Sistem kerjanya mengalirkan air yang dipanaskan sehingga menguap keatas melewati bubuk kopi menghasilkan kopi yang cukup keruh (butek), semakin halus bubuk kopinya semakin keruh pula hasil seduhannya. Warga itali yang merupakan tempat lahirnya mokapot sangat populer menggunakan alat ini, biasanya mereka menggunakan biji kopi dark roast untuk minuman kopi mereka. Kelebihannya Moka pot ini dapat dipakai hanya dengan menggunakan kompor kecil dan kita cukup menunggu sampai kopi keluar di atas permukaan, kelemahannya jangan sampai terlewat ketika menyeduhnya karena bisa menjadi efek rasa terbakar pada seduhannya.

Cerita lainnya:  Kunci Kesuksesan Dari Bisnis Warung Kopi

Simak artikel mokapot yang pernah kami buat di sini

  1. Siphon

http://www.everywhereist.com

Siphon Coffee Maker alat kopi manual ini memiliki bentuk atau desain yang futuristic. Dengan menggunakan siphon ini, anda dapat membuat kopi dengan menggunakan metode vacuum. Dengan bentuk dan juga cara membuat kopi yang sangat unik, siphon ini dapat menjadi bagian dari suatu budaya kopi modern pada saat ini. Menunggunya memang memakan waktu yang lama karena kompor untuk memanaskannya tidak boleh terlalu tinggi tekanannya karena bisa memecahkan bola tabung. Metode alat ini sudah pernah kami berikan artikelnya di sini

DESAIN ALAT KOPI MANUAL

Disetiap jenis jenis alat kopi yang masih manual, pasti memiliki segala bentuk dan desain yang beragam, unik, dan juga menarik untuk banyak orang. Sangat banyak alat alat kopi yang mempunyai bentuk dan juga desain yang snagat menarik seperti rok presso, dan juga shipon. Apabila anda membandingkan mesin kopi manual dengan mesin kopi otomatis pada dasarnya memiliki desain dan juga prinsip yang hampir sama. Akan tetapi alat kopi manual atau manual brewing sangat jauh lebih unggul dan teratas.

Cerita lainnya:  Dampak Kesehatan Akibat Minum Kopi

HARGA ALAT KOPI MANUAL

Alat kopi manual, jika dibandingkan dengan mesin kopi otomatis seperti alat espresso, pastinya alat kopi manual atau manual brewing memiliki harga yang lebih terjangkau atau lebih murah. Bahkan untuk anda yang menginginkan untuk membeli alat kopi manual seperti V60 dripper atau Vietnam drip, anda bisa membeli alat tersebut dengan harga yang murah yaitu mulai dari 100 ribu ke atas tidak mencapai 2 ratus ribu.

Daya tahan dari kopi manual ini pun sangat tinggi, walaupun harga nya murah. Walaupun alat kopi manual seperti shipon, chemax, French press ini terbuat dari bahan kaca yang rentan untuk bisa pecah. Yang perlu anda lakukan ialah hanya menyimpan alat alat kopi manual tersebut dengan sangat teliti, karena pada umum nya manual brewing dapat bertahan selama bertahun tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *