Mengapa Ngopi Mesti Tanpa Gula? -Sok Jago Lo-

Mengapa Ngopi Mesti Tanpa Gula? -Sok Jago Lo-

Sejatinya peminum kopi punya selera dan pilihan pribadi masing-masing orang yang meneguknya. Ada yang menyukai kopi instant, ada yang menyukai krimer rasa kopi atau bahkan kopi gosong yang disangrai oleh minan-minan cantik (Panggilan tante dalam bahasa lampung). Semua itu hal yang lumrah dan bebas diapresiasikan oleh siapa saja. Penggemar gula sangat menyenangi apabila kopi di atas atau yang didapatnya kini terasa manis dan menyegarkan bagai sirup buah segar di terik panas siang hari.

Tidak ada satu-satunya patokan minum kopi yang benar apabila dipandang dari segi umum. Hal yang sangat disayangkan ketika minuman kopi menjadi kambing hitam dari dampak suatu penyakit contohnya diabetes, hirpetensi, kolesterol, kanker, dan sebagainya yang tidak ada kaitannya kopi sebagai penyebab utamanya. Padahal jika diteliti si penderita di atas tidak mengerti akan kopi specialty atau tidak mau membeli kopi mahal yang berkualitas. Si penderita biasanya senang dengan minuman kopi sachet instant yang ada di pasaran.
Nah, pentingnya tau kopi specialty atau kopi yang punya kualitas no 1+ itulah bagaimana dapat menghindari hobi ngopi tanpa gula. Loh? apa hubungannya? Jelas ada hubungannya bahwa kopi specialty faktanya enak diseruput tanpa gula karena mempunyai citarasa asam segar seperti memakan buah yang menyenangkan dengan kesan pahit alami. Tuh masih ada pahit? iya jelas, bukannya ada peribahasa semanis-manisnya kopi pasti punya rasa pahit?, pahit alami dalam kopi yang baik tetap membawa kenyamanan dalam mulut kita tanpa ada rasa getir.

Cerita lainnya:  Memilih Desain Kedai Kopi Yang Menarik

Pecinta gula atau manis-manisan mungkin seperti tersambar petir ketika harus menerima kopi tanpa gula bukan? Hal yang kontroversial ini tentu harus dijelaskan sebaik-baiknya kepada mereka tanpa ada arogan seperti baik untuk kesehatan dan mengenalkan kopi yang baik.

Apa itu Kopi Specialty?
Kopi specialty adalah kopi yang diperhitungkan dengan matang akibatnya sejak bibit, pertumbuhan, pembuahan dan pasca panennya. Hal ini terus dijaga kualitasnya dengan pilihan biji kopi terbaik. Diperlukan waktu dan kerja keras yang sangat dalam mebuat kopi specialty sampai berbulan-bulan untuk menghasilkan kualitas kopi specialty dengan citarasa yang menyenangkan. Kopi Specialty tidak bisa semata mengharapkan tonase quantity karena prosesnya mungkin mendapatkan kopi yang sedikit, pantaslah ada beberapa kopi specialty yang dihargai sangat mahal dalam pelelangan.

Semua komponen yang terlibat dalam prosesi hasil kopi spesialti benar-benar hanya fokus untuk mengeluarkan semua karakter terbaik dari biji kopi akan citarasanya, aroma bahkan aftertase pada akhir rasa yang tertinggal pada lidah ketika menghabiskan tegukan terakhir juga dinilai. Walaupun setiap biji kopi tidak akan pernah sama, namun pada masing-masingnya punya karakter dan keunikan tersendiri yang membuat sebuah kopi itu berbeda dan spesial.

Cara penilaian keunikan kopi dapat dikeluarkan oleh beberapa faktor seperti kondisi tempat kopi ditanam, jenis kopi, ketinggian tanaman kopi, pupuk organik atau non organik, pasca panen kopi, penyimpanan gudangnya dan seterusnya. Proses yang jika sudah baik di atas akan bisa terus baik citarasanya pada proses roasting, yaitu dimana green bean (Biji Kopi Mentah) ini akan disangrai seorang roaster yang biasanya melakukan uji coba beberapa kali dengan micro roaster untuk dapat menghasilkan profil roasting yang tepat yaitu mengeluarkan semua karakter masing-masing jenis kopi terbaik.

Cerita lainnya:  Resep Kopi COCO Milk Coffee

Melihat proses yang begitu polemik di atas bukankah suatu hal yang mubadzir ketika sebuah kopi di kedai kopi keren yang mengutamakan kualitas kopi diracik dari barista handal dengan resep terupdate agar kopi spesialti ini terasa manis kemudian dimasukkanlah gula yang membuat semakin manis kopi tersebut, menghapus kompleksitas karakter yang ada pada kopi tersebut, dan musnahlah harapan yang sudah susah payah dikembangkan dari awal perjalanan kopi ini dibuat.

Sahabat kopi tenang saja, sebenarnya ini hanyalah cerita bagi kami bahwa kopi spesialti adalah sebuah kesempurnaan, maka kesempurnaan itu akan hilang ketika memasukkan gula. Kamu tetap boleh-boleh saja mendapatkan ngopi asik bagaimanapun caranya sesuai lidah yang kamu suka. Jangan segan-segan untuk menanyakan menu kopi yang ada ini bagaimana rasanya atau prosesnya? karena jika salah memilih pesanan, kamu bisa-bisa mendapatkan kopi pahit espresso yang kedengarannya menyenangkan namun tidak terbiasa pada sebagian orang. Espresso merupakan basic racikan sebelum menjadi minuman kopi seperti capuccino, coffee lattee, frappucino dan lainnya.

Namun jika sahabat kopi ingin merubah kebiasaan ngopi menjadi tanpa gula karena ingin sehat atau hal lainnya bisa dengan mengiringi makanan yang manis setelah minum kopi, atau meminum air putih setelah meminum kopi pahit. Hal itu akan menjadi kebiasaan yang dilakukan secara perlahan hingga kita bisa meresapi berbagai karakter citarasa kopi istimewa yang kita dapat. Kamu bisa meminta baristanya dengan kopi yang light dan manis atau bahasa jelasnya enteng-enteng aja atau mellow begitu.

Cerita lainnya:  Capuccino Rumahan Sehat

Seorang barista yang handal akan bisa memahami mana kopi yang cocok dan metode apa yang akan dibuatnya. Metode pour over seperti v60 bisa menghasilkan citarasa kompleks dengan seduhan ringan yang mungkin cocok bagi kamu yang sedang belajar memahami kopi. Seorang barista harus sabar dalam melayani bahkan mengedukasi pelanggan tentang seduhan kopi karena selain menjalin kedekatan pelanggan juga bisa menambah wawasan dari jam terbang barista itu sendiri menghadapi konsumen pecinta kopi.

Selalu saja hal yang kami dengar dari pelanggan kopi mengatakan jangan pahit-pahit mas kopinya, tambahkan gula ya… karena hidup saya sudah pahit… Kita katakan itu kan derita dia kenapa sih kepahitan hidup diingat? bukannya yang manis itu lebih banyak? Menikmati hidup ini dengan mengingat kepada Sang Pencipta dan mengikuti petunjukNya maka akan terasa betapa manisnya hidup ini lebih banyak didapat daripada kepahitan. Kepahitan hanyalah sandungan dan kerikil kecil sebagai cobaan kepada hambanya apakah masih mau bersyukur atau tidak.

Menutup artikel ini semoga sahabat kopi sudah bisa mulai belajar menikmati ngopi tanpa gula walupun hanya sedikit. Dan kami ucapkan selamat minum kopi……

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *