Membuat Espresso dengan French Press

Membuat Espresso dengan French Press

Untuk kualitas minum kopi fresh, pekat dan nikmat tanpa ampas, alat French Press sudah bisa cukup memenuhi itu semua. Alat ini sudah semestinya dimiliki para penikmat kopi dan bertengger di meja kopinya. Mengapa judulnya Espresso dengan french Press? nanti akan kami beri triknya agar bisa menjadi base minuman kopi. Sebelum lanjut membaca ini coba anda ketahui tentang espresso di sini.

Cara kerja alat brewing kopi yang satu ini sederhana, yaitu dengan menaruh bubuk kopi di dasar french press kemudian tutupnya yang sekaligus mempunyai batang penyaring menekan bubuk kopi kedasar dan mengeleminasi ampas kopi dari air seduh kopi, sehingga hasil seduhnya tidak terdapat ampas dan aromanya pekat karena mendapatkan tekanan di bubuk kopi.

Untuk hasil yang optimal, kamu harus mendapatkan bubuk kopi fresh yang kasar

Masukkan bubuk kopi ke dasar french press, 30g bubuk untuk 400ml dan 50g untuk ukuran 600ml. Biasanya french press yang dijual di pasaran berukuran 400ml dan 600ml

Cerita lainnya:  Kopi lampung tetap yang terbaik

Panaskan air dengan suhu 95 derajat C, yang demikian agar kualitas citarasa kopi tidak rusak ataupun terasa hangus gosong karena air terlalu panas.

Menuangkan air panas ke bubuk kopi dengan gerakan memutar agar teraduk seluruh bubuk kopi

Aduk dengan sendok kayu sampai merata keluar crema.

Tunggu kurang lebih tiga menit

Tekan perlahan sampai menyentuh dasar

Di tahap ini kopi sudah siap dituangkan

espresso dengan french press

Inilah cara buat Espresso Dengan French Press

Nah,, cara di atas adalah yang umum dipakai untuk menikmati kopi hitam seduhan semacam kopi tubruk. Akan tetapi jika kamu ingin membuat espresso dengan french press bisa menggunakan Rasio antara kopi bubuk dan air 1:5. Dengan begitu apabila kamu ingin 1liter kopi berarti harus menggunakan 200g kopi bubuk.

Setelah memakai rasio diatas, kamu diamkan selama 30-60 menit sebelum disaring. Setelah waktu tersebut kamu saring ampas kopi agar lebih pekat. Dengan hasil ekstraksi ini bisa menyerupai espresso, bisa kamu gunakan untuk base minuman kopi.

Cerita lainnya:  Aeropress

Selamat menikmati…..

 

6 Comments

    1. Ada banyak cara dengan alat ini, tergantung selera sih sebenarnya… yang penting pas hasilnya dengan selera kita. Sistem coldbrew atau seduh air dingin juga bisa dengan alat ini…

  1. setahu saya yang namanya espresso jumlah volume air nya ga sampai 40ml untuk singgle shot dan untuk double shot 60ml. mungkin yang agan maksud Coffee Press gan… thank

    1. Yap agan betul, espresso jika bicara menu di cofee shop seperti yg agan jelaskan dengan hasil minuman kopi 60ml berkrema tebal, hasil ekstraksi tekanan 15-19 bar. Namun jika bicara resep penyeduhan sah-sah saja gan. Espresso arti lainnya juga kan kopi cepat, kopi press.. Aeropress saja digadang-gadang alat pembuat espresso oleh penciptanya,, padahal Aeropress hasil ekstraksinya tidak seperti prinsip Espresso Bar kan?
      Thanks partisipasinya gan…

  2. Mau nany ka, saya rencana pengen buka coffe shop kecil kecilan tapi masih kurang pengalaman terutama bagian pnyeduhan kopinya, yang saya mau tanyakan,gimana cara membuat stok coffe espresonya ya, ketika pengunjung ramai, soalnya saya liat kalo beli kopi susu gitu, mereka tinggal tuang ajjh gitu dan tinggal ditakar, kaya udah dibuat sebelumnya tapi dengan jumalh banyak,itu cara membuatnya gimana ya, dan alat apa yang cocok untuk membuat espreso dalam jumalh banyak agar supaya kalo ada pembeli kita tinggal takar ajjh tanpa harus buat berkali kali espresso nya, terimakasih mohon balesanya.

    1. Kalau ingin cepat dan kopinya bisa bertahan lama buat biang kopi, caranya dengan cara coldbrew 1g kopi dengan 10ml air suhu ruangan, rendam 8 jam, saring dan masukkan ke jar, kopi ini bisa tahan 2 minggu. Kalau buat pakai espresso biasanya paling lama 1 hari kesegarannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.