Kopi Lampung Asli

Kopi Lampung Asli

Kopi Lampung Asli

Tak hanya Sulawesi yang bisa menciptakan biji kopi Arabika dengan tingkat keasaman tinggi dengan Toraja. Tidak cuma Sumatra dengan Sumatra Gayo dan Sumatra Mandhelingnya yang banyak dinikmati penikmat kopi. Tidak hanya Papua dengan biji kopi Papua Wamena dan Papua Yakuhimo-nya saja yang bisa dinikmati penikmat kopi. Sebab Lampung malahan mempunyai kopi sngle origin atau kopi yang memang absah Lampung, yakni kopi robusta lampung.
Ya sudah banyak yang mengetahuitahu bahwa di Lampung ini merupakan daerah penyumbang kopi Robusta yang cukup besar bagi Indonesia, terpenting Lampung Barat.

Kopi Lampung Asli

Variasi kopi yang dibudidayakan oleh mayoritas petani kopi di daerah Lampung merupakan kopi robusta.
Beberapa besar perkebunan Kopi Lampung di dataran tinggi Lampung ialah perkebunan rakyat yang terfokus di Kabupaten Lampung Tengah, Lampung Barat, dan Tanggamus.
Kopi Lampung cukup pantas dikelompokkan sebagai salah satu kopi terbaik Indonesia. Kopi Lampung terkenal karena keistimewaan aroma dan rasanya yang khas.

Tips Racik Kopi Lampung Dari Barista

Kopi Lampung Asli Menurut salah seorang peracik kopi atau barista, Ndharu Alisaputra, kopi barista Lampung memiliki ciri khas dan keunikan apabila diperbandingkan dengan kopi robusta asal tempat lain.
“Salah satu ciri khas kopi robusta Lampung ada pada citarasa pahitnya. Tingkat kepahitan kopi robusta Lampung lebih unik dibanding kopi robusta lain. Memang perbandingannya tipis, melainkan seandainya penggemar kopi pasti tahu kelebihan hal yang demikian,” tutur Ndharu, Selasa (11/7/2017).
Ditambahkannya, seandainya diberi tahu dengan pas, kopi robusta Lampung akan terasa jauh lebih enak.
“Perbedaan kopi robusta Lampung akan terasa via progres roasting atau panggang. Jikalau dipanggang dengan kematangan lebih, kopi robusta akan terasa lebih padat dan enak, ini yang biasanya membikin kopi robusta Lampung disukai,”katanya.
Selain itu, Ndharu menilai kopi robusta Lampung akan lebih enak jikalau disajikan dalam wujud espresso atau kopi tubruk.
“Banyak penikmati kopi yang memilih Kopi Lampung diperkenalkan dalam format espresso dan kopi tubruk. Dalam sajian ini, wewangian dan kenikmatan kopi robusta Lampung memang lebih terasa,” paparnya.-Kupastuntas.co

Cerita lainnya:  Kopi Lampung Paling Enak Suoh

Lampung memang sangat memukau kopinya, malah salah satu brand yang telah mendunia seperti “Nescafe” berasal dari Lampung. Untuk itu diperlukan promosi yang membahana. Sehingga rakyat Indonesia mengetahui bahwa Provinsi Lampung yakni salah satu pusat kopi di Indonesia.

Kopi Lampung Asli

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.