Cari Kopi Lampung Kemasan Terkini Sukabumi

Cari Kopi Lampung Kemasan Terkini Sukabumi

Cari Kopi Lampung Kemasan Terkini Sukabumi

Propinsi Lampung selain mempunyai kekayaan rempah-rempah, dan Sumber kopi robusta peringkat ke empat di dunia. Ranking bergengsi hal yang demikian dievaluasi berdasarkan kuantiti yang dibuat. Brazil, Vietnam dan Kolombia menempati posisi di atasnya.
Kabupaten Lampung Barat yakni yang terbesar penyumbang ekspor kopi robusta. Wajar bila ada peringatan “Bicara kopi, ingat Lampung Barat”. Lampung Barat adalah penyuplai 38 persen green bean di Lampung dan masuk 7 persen secara nasional.

Cari Kopi Lampung Kemasan Terkini Sukabumi

Tak dikenal secara pasti mengenai sejarah Kopi Lampung. Namun, dapat dikatakan bahwa kopi ini lazimnya tumbuh pada ketinggian 400-700 m di atas permukaan laut dengan temperatur 21-24oC. Kebetulan, tempat Lampung mempunyai situasi alam yang demikian sehingga kopi ragam robusta ini bahkan banyak tumbuh di tempat tersebut. Hampir tiap-tiap daerah di Pronvinsi Lampung, secara khusus di Lampung Barat memiliki lahan perkebunan kopi robusta, bagus yang dikelola pemerintah, swasta, maupun swadaya mayarakat. Berdasarkan lahan perkebunan milik swadaya masyarakat ini beberapa besar berada di tempat dataran tinggi Tanggamus.
Tiap-tiap data Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian, dan Perdagangan Lampung Barat, luas lahan tanaman kopi di Kabupaten Lampung Barat mencapai 60.347,7 hektar dengan produksi kopi kering per-tahun mencapai 29.712 ton perhektar. Saban, produksi kopi di daerah ini tetap menemui peningkatan yang signifikan. Dalam pada itu, Kabupaten Lampung Barat menjadi salah satu model perkebunan berbaik di Provinsi Lampung Barat dan Nasional.

Cerita lainnya:  Jual Kopi Sumatera Di Sumber Jaya

Tips Racik Kopi Lampung Dari Barista

Cari Kopi Lampung Kemasan Terkini Sukabumi Berdasarkan salah seorang peracik kopi atau barista, Ndharu Alisaputra, kopi barista Lampung mempunyai ciri khas dan keunikan seandainya diperbandingkan dengan kopi robusta asal tempat lain.
“Salah satu ciri khas kopi robusta Lampung ada pada citarasa pahitnya. Tingkat kepahitan kopi robusta Lampung lebih unik dibanding kopi robusta lain. Memang perbandingannya tipis, melainkan apabila penggemar kopi pasti tahu kelebihan hal yang demikian,” tutur Ndharu, Selasa (11/7/2017).
Ditambahkannya, jika disajikan dengan ideal, kopi robusta Lampung akan terasa jauh lebih nikmat.
“Perbedaan kopi robusta Lampung akan terasa lewat progres roasting atau panggang. Sekiranya dipanggang dengan kematangan lebih, kopi robusta akan terasa lebih padat dan enak, ini yang lazimnya membikin kopi robusta Lampung disukai,”katanya.
Kecuali itu, Ndharu mengukur kopi robusta Lampung akan lebih enak sekiranya diberi tahu dalam bentuk espresso atau kopi tubruk.
“Banyak penikmati kopi yang memilih Kopi Lampung dikenalkan dalam bentuk espresso dan kopi tubruk. Dalam sajian ini, wewangian dan kenikmatan kopi robusta Lampung memang lebih terasa,” paparnya.-Kupastuntas.co

Cerita lainnya:  Jual Kopi Sumatera Di Way Tenong

Lampung memang sangat mempesona kopinya, bahkan salah satu brand yang telah mendunia seperti “Nescafe” berasal dari Lampung. Untuk itu dibutuhkan promosi yang gaungnya lebih besar. Sehingga masyarakat Indonesia mengenal bahwa Provinsi Lampung yakni salah satu sentra kopi nusantara.

Cari Kopi Lampung Kemasan Terkini Sukabumi

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.