Kopi Lampung Paling Enak Sumber Jaya

Kopi Lampung Paling Enak Sumber Jaya

Kopi Lampung Paling Enak Sumber Jaya

Besar ladang kopi di Lampung tercatat dikala ini menempuh 160 ribu hektare (ha) atau 12,97 persen dari sempurna Besar kawasan kopi nasional yang menempuh 1,24 juta ha. Ladang kopi tersebar di daerah Lampung Barat, Tanggamus, Lampung Utara, Pesisir Barat, Lampung Utara, dan Waykanan. Hasil produksi beberapa diekspor ke beberapa negara Eropa, Jepang, Timur Tengah, dan Australia.
Uniknya ada sekitar 147 ribu KK petani yang mengandalkan hidup dari perkebunan kopi. Mereka cakap menghasilkan produksi sampai 120 ribu ton per tahun. Bukan hanya berbangga jadi petani, tetapi buat mereka merupakan suatu kebahagiaan.

Kopi Lampung Paling Enak Sumber Jaya

Demikian halnya kopi robusta Lampung memiliki keunikan cita rasa yang lain dengan kopi macam serupa dari daerah lain. Kopi Robusta (Coffea canephora) mayoritas dibudidayakan para petani kopi di Lampung, dan hanya sebagian kecil yang membudidayakan kopi Arabika (Coffea arabica).
“Dengan produksi yang cukup besar, mempunyai cita rasa yang khas, serta puluhan ribu petani yang menggantungkan hidup dari komoditas andalan Provinsi Lampung itu seharusnya juga dilestarikan sebagai salah satu warisan kultur Indonesia,” kata Asisten Deputi Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Magdalena, di Bandarlampung, Kamis (19/11).
Ia menceritakan, kopi robusta Lampung langsung dicanangkan menjadi salah satu warisan kebiasaan Indonesia.

Cerita lainnya:  Pesan Kopi Lampung Di Way Tenong

Fine Robusta Lampung

Pada dasarnya kopi yang mempunyai khasiat yaitu kopi berkualitas yang dipetik merah matang pada batang pohonnya, semisal seperti produk Robusta Red Cherry Lampung dari AKL Kopi.
Kopi Lampung Paling Enak Sumber Jaya, fine robusta diwujudkan dari budidaya kopi petik merah yang harganya dua kali lipat dari kopi asalan. Kopi hasil ini lebih disukai pemilik kafe dan menjadi pavorit peminum kopi.
Tidak sedikit Kedai Coffee di lampung beralih memakai robusta petik merah AKL Kopi pada base espressonya sebab ketegasan hasil krema yang dijadikan, citarasa fruitty dan tentu lebih ekonomis daripada Arabika.

Kopi Lampung yang sudah diketahui dunia, harapan selanjutnya mampu menaikkan kualitas tinggi produksi. Dapat dengan meremajakan benih, mengembangkan penemuan kreatif, mengolah dan menjual hasil panennya. Harapannya, kalau tetap kerjasama kebun hingga ke meja seduh akan memacu senyum petani dan penikmat kopi.

Kopi Lampung Paling Enak Sumber Jaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.