Bolehkah Kopi Bagi Penderita Lambung

Bolehkah Kopi Bagi Penderita Lambung

Bolehkah Kopi Bagi Penderita Lambung

Mulai dari yang biji sampai yang bubuk, mengkonsumsi kopi menjadi sebuah tren gaya hidup oleh berjenis-jenis kalangan. Menjamurnya kedai kopi di Indonesia juga meningkatkan konsumsi kopi masyarakat. “Jumlah konsumsi kopi pada tahun 2016 naik sebesar 174 persen dari tahun 2000,” kata Kevindra Soemantri, pemerhati kuliner dan gaya hidup di Jakarta Selatan. Kevin mengatakan selain bisa meningkatkan mood, konsumsi kopi oleh kaum urban ibu kota juga telah menjadi sebuah ajang unjuk eksistensi di sosial media. Tetapi yang tidak disadari adalah potensi efek kafein pada kopi. Seandainya dikonsumsi secara berlebih akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Bolehkah Kopi Bagi Penderita Lambung

Butuh konsentrasi tinggi dengan menyeruput kopi. Kandungan kafein dalam kopi buat sebagian orang bisa memicu peningkatan asam lambung. Tidak patut menghindari kopi, Anda dapat memilih macam kopi Robusta lampung petik merahyang aman untuk dikonsumsi. Karena, tak dimungkiri kopi juga mempunyai manfaat untuk tubuh, aman jika dikonsumsi dengan porsi ideal.

Padahal, kafein yang terkandung dalam kopi bukan penyebab terjadinya nyeri lambung. Dikutip dari tulisan dr. Alberta Jesslyn Gunardi, jenis kopi lah yang menentukan efek nya kepada lambung.

Cerita lainnya:  Ketika Kopi Meningkatkan Asam Lambung, Ini Rahasianya!

Bagi seorang yang mempunyai problem kesehatan saat minum kopi mesti melihat dosisnya. Bagi orang yang tak mempunyai permasalahan kesehatan, standar aman minum kopi merupakan boleh hingga 360 mg atau sekitar 4 cangkir. Namun, untuk penderita maag atau darah tinggi, sebaiknya kurang dari itu.

Minum kopi secara arif ialah langkah terbaik dalam memperlakukan si hitam pekat ini. Jangan pernah minum kopi dalam keadaan perut kosong, tak juga dalam keadaan sangat kekenyangan sebab citarasa kopi menjadi kurang didapatkan. Jikalau masih minum kopi ketika lambung kosong akan berpengaruh pada

1. Asam Lambung Naik

Walaupun rasanya pahit, kopi mengandung asam. Minum kopi dalam situasi perut kosong dapat meningkatkan kadar asam lambung. Asam lambung bersifat korosif dan bisa merusak lambung seandainya didiamkan tanpa isi apapun apalagi ditambah dengan kopi.

Asam lambung meningkat membuat perut terasa mual, pusing hingga dapat menyebabkan vertigo. Bahkan diinformasikan dari Positive Med, kadar asam lambung yang tinggi dapat mengakibatkan sejumlah masalah pencernaan, seperti radang perut, rasa panas dalam perut serta sindrom iritasi usus besar. Kopi \’murah\’ biasanya mengandung asam lebih tinggi. Oleh karenanya lebih direkomendasikan untuk mementingkan mutu daripada kuantitas kopi.

Cerita lainnya:  kekuatan tubuh dengan rutin ngopi setiap hari

2. Gangguan Peresapan Nutrisi

Kopi dikenal mengandung kafein. Kafein berperan dalam mempercepat pengeluaran cairan dalam tubuh melewati daya kerja ginjal. Orang yang gemar minum kopi, juga gemar ke kamar kecil untuk membuang air karena kafein. Hal ini mengakibatkan tubuh tidak mempunyai waktu untuk peresapan mineral seperti, seng, magnesium, kalsium serta mineral penting lainnya.

Minum kopi saat perut dalam situasi kosong membuat tubuh kekurangan magnesium. Kekurangan magnesium dapat memicu timbulnya sederet keadaan sulit kesehatan antara lain, kerusakan gigi, osteoporosis, migrain, hipertensi dan penyakit jantung.

3. Dehidrasi

Selain mengganggu peresapan mineral penting, minum kopi dikala perut kosong berdampak pada dehidrasi. Tak buang air kecil membuat tubuh kehilangan cairan secara drastis. Dehidrasi dapat membuat tubuh lemas, sakit kepala malah pingsan.

4. Produksi Hormon Serotonin Terhambat

Kopi sebagai menu sarapan tanpa diawali makanan membuat produksi hormon serotonin terhambat. Meskipun hormon ini bertanggungjawab atas perasaan bersuka ria, kebahagiaan, dan rasa nyaman. Kekurangan hormon serotonin bisa mengakibatkan penyakit yang berhubungan dengan mental contohnya depresi.

Cerita lainnya:  kekuatan tubuh dengan rutin minum kopi setiap hari

Diinfokan dari Alami Society, minum kopi ketika perut kosong dapat mengakibatkan \’terbuangnya\’ hormon kortisol atau hormon stres seketika pada aliran darah. Hasilnya, tubuh jadi haus akan asupan gula, susah berpikir bening dan mengganggu pola tidur.

Huffingtonpost.com

wikipedia.com

Klikdokter.com

Halosehat.com

tcsc-indonesia.org

Beritasatu.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.