Amankah Kopi Bagi Penyakit Maag

Amankah Kopi Bagi Penyakit Maag

Amankah Kopi Bagi Penyakit Maag

Memilih Kopi yang Aman untuk Lambung tentu benar-benar penting, terlebih bagi penderita penyakit maag. Hal ini tentu karena kopi mengandung kafein yang dapat memicu kenaikan asam lambung. Memilih kopi yang tepat patut menjadi perhatian, karena ketika ini minum kopi tidak hanya menjadi hobi, tetapi juga menjadi isu terkini gaya hidup yang terus diminati.

Amankah Kopi Bagi Penyakit Maag

Kafein yang terdapat dalam kandungan kopi dapat meningkatkan produksi asam dan peradangan pada lambung. Kecuali itu, kafein bisa membuat cincin otot kerongkongan rileks pada komponen bawah, sehingga asam lambung bisa naik hingga ke kerongkongan, seperti pada penderita refluks asam lambung (GERD) yang juga dikenal dengan maag.

Berdasarkan MedlinePlus, kebanyakan orang yang sehat saja, lazimnya dapat mengonsumsi sampai 200 milligram kafein berimbang dengan satu hingga dua cangkir setiap hari, tanpa efek samping tertentu. Amankah Kopi Bagi Penyakit Maag, Tetapi malahan, sebagian orang sehat yang mengonsumsi dengan dosis yang lebih rendah sekalipun dapat menyebabkan insomnia dan sakit perut maag.

Meskipun, kafein yang terkandung dalam kopi bukan penyebab terjadinya nyeri lambung. Dikutip dari tulisan dr. Alberta Jesslyn Gunardi, tipe kopi lah yang memastikan efek nya kepada lambung.

Cerita lainnya:  Hubungan Antara Kopi Ke Penyakit Maag Menurut Pakar

Fakta sebenarnya maag lebih banyak disebabkan oleh infeksi, terutama karena kuman. Maag juga bisa muncul sebab stres, nikotin ataupun respons autoimune; gangguan reaksi kekebalan tubuh. Pantaslah ada yang percaya seandainya kopi yang diproses dengan baik tanpa gula tak akan mempengaruhi asam lambung. Mungkin sih ada benarnya juga, sebab empiris banyak specialty coffee enthusiast yang lambungnya sama sekali tidak terganggu meskipun minum kopi di pagi hari.

Pilih jenis kopi Arabica
Penting untuk diketahui, kandungan kafein dari kopi Arabica lebih rendah dibandingkan tipe kopi Robusta. Selain itu kandungan acidity dari Arabica juga lebih kecil jumlahnya dibandingkan macam kopi lainnya. Kadar keasaman Arabica nilainya separuh dari kopi robusta. Rendahnya kadar kafein dan keasaman dari kopi Arabica mewujudkan tipe kopi ini sebagai kopi yang paling layak untuk dirasakan oleh penderita maag. Bukan soal rasa, tetapi soal kandungan zat-zat yang aman bagi kesehatan lambung si penderita.

Kopi autentik dan masih segar
Bagi penderita maag sebaiknya memilih tipe kopi yang autentik dan masih segar. Minum lah kopi dari biji kopi segar yang dihaluskan, bukan kopi instan kebanyakan yang ada di pasaran. Khusus lagi kopi giling kiloan yang banyak mengandung campuran bahan lainnya. Selain kandungannya yang telah banyak campuran, variasi kopi ini juga telah cukup lama dalam kemasan dan dapat jadi kondisinya telah tidak sehat. Oleh karena itu, bagi penderita maag sebaiknya memilih jenis kopi asli dari biji kopi speciality yang bermutu. Supaya kesehatan lebih terjaga dan kandungan bijinya juga lebih gampang dicerna oleh tubuh.

Cerita lainnya:  Ngopi Maag Kambuh Begini agar Tidak terjadi

Sistem menyeduh kopi secara manual
Bagi penderita maag sebaiknya melakukan seduh kopi secara manual mengaplikasikan kertas saringan, jangan memilih sistem tubruk yang lazimnya mengalami perendaman cukup lama. Saringan berfungsi untuk menyeleksi karakter-karakter baik dari kopi untuk dikonsumsi. Selain itu juga akan membuat kopi menjadi lebih ringan untuk dicerna karena proses ekstraksi di kertas saringan yang memakan waktu cuma sekitar 2 hingga 3 menit lamanya.

Hindari kopi yang gosong berbau arang
Kopi yang disangrai lebih lama lazimnya warnanya akan kian dark (hitam). Keadaan ini di satu sisi memang bagus, merupakan karena kian hitam cara kerja sangrainya karenanya jumlah kafein yang ada di biji kopi hal yang demikian akan kian rendah. Melainkan di satu sisi yang terjadi justru sebaliknya. Jumlah karbon dioksida yang ada justru meningkat. Sementara senyawa inilah yang sangat ditakutkan para penderita maag dalam mengkonsumsi kopi. Jadi semakin hitam kopi hal yang demikian, semakin tak baik untuk para penderita maag. Bagi penderita maag, sebaiknya mengonsumsi kopi yang disangrai pada jenjang medium saja.

Cerita lainnya:  kekuatan tubuh dengan rajin menikmati kopi setiap hari

Jangan minum kopi tanpa makan sesuatu apa saja

Bagi penderita maag, perut kosong tidak baik untuk situasi lambung. Terutama lagi jikalau dalam kondisi perut kosong hal yang demikian, Anda yang mempunyai penyakit maag mengonsumsi kopi. Terutamanya lagi kalau kopinya mempunyai banyak kandungan karbon dioksida dan dari jenis kopi robusta. Karenanya bisa dipastikan penyakit maag Anda akan langsung kambuh. Jadi jangan sekali-kali mengonsumsi kopi dalam keadaan perut kosong. Bukan hanya penderita maag, mereka yang sehat juga akan mendapat efek yang kurang bagus bila membiasakan hal tersebut.

Batasi jumlah mengkonsumsi kopi

Dari sebagian penjelasan ini tidak ada lagi alasan bagi penderita sakit maag untuk tak bisa merasakan nikmatnya kopi. Dengan sebagian cara tadi, Anda dapat minum kopi tanpa merasa ketakutan sebab maag yang akan kambuh.

Huffingtonpost.com

wikipedia.com

Klikdokter.com

Alodokter.com

tcsc-indonesia.org

Beritasatu.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.