Pesan Kopi Sumatera Di Sukarame

Pesan Kopi Sumatera Di Sukarame

Pesan Kopi Sumatera Di Sukarame

Propinsi Lampung selain memiliki kekayaan rempah-rempah, juga penghasil kopi robusta peringkat ke 4 di dunia. Peringkat bergengsi tersebut dievaluasi menurut kuantiti yang diciptakan. Brazil, Vietnam dan Kolombia menempati posisi di atasnya.
Kabupaten Lampung Barat merupakan yang terbesar penyumbang ekspor kopi robusta. Wajar jikalau ada slogan “Bicara kopi, ingat Lampung Barat”. Lampung Barat merupakaan penyuplai 38 persen green bean di Lampung dan masuk 7 persen secara nasional.

Pesan Kopi Sumatera Di Sukarame

Demikian halnya kopi robusta Lampung mempunyai kekhasan cita rasa yang tersendiri dengan kopi ragam serupa dari tempat lain. Kopi Robusta (Coffea canephora) mayoritas dibudidayakan para petani kopi di Lampung, dan hanya sebagian kecil yang membudidayakan kopi Arabika (Coffea arabica).
“Dengan produksi yang cukup besar, memiliki cita rasa yang khas, serta puluhan ribu petani yang menggantungkan hidup dari komoditas andalan Provinsi Lampung itu semestinya juga dilestarikan sebagai salah satu warisan tradisi Indonesia,” kata Asisten Deputi Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Magdalena, di Bandarlampung, Kamis (19/11).
Dia menyebutkan, kopi robusta Lampung lantas dicanangkan menjadi salah satu warisan kebiasaan Indonesia.

Cerita lainnya:  AKL Merk Kopi Lampung Terkenal di Bandar Negeri Suoh

Nama Robusta bersumber dari kata Robust yang berarti kuat. istilah ini memang menandakan kwalitas dan cita rasa kopi robusta yang memiliki keunggulan pada bebauan kopinya yang kuat dan mantab. Pesan Kopi Sumatera Di Sukarame, Malahan penyuka Kopi Lampung tulen mengungkapkan jika rasa Kopi Lampung variasi Robusta cenderung berbau cokelat.
Dan buktinya bahwa 70 persen dari sempurna hasil panen Kopi di kawasan Provinsi Lampung dikontribusi oleh perkebunan Kopi Lampung Barat variasi Robusta yang ada di areal Sumber Jaya -Liwa – Sukau – Suoh . Kopi Lampung macam Robusta yang berasal dari Lampung Barat berkwalitas terbaik dan yakni komoditi ekspor. Hal ini di karenakan pohon Kopi Lampung jenis Robusta tumbuh pada habitat sebenarnya, merupakan ditanam di atas ketinggian 800 meter di atas permukaan laut (mdpl). Di dukung oleh iklim bukit lampung barat yang dingin serta kesuburan tanah yang tidak biasa.

Maka tidak aneh bahwa Kopi Lampung ini banyak peminatnya bahkan dari luar negeri sekali malahan. Teruntuk masyarakat Lambar tentu patut berbangga dan tidak lupa merasakan single origin absah Lampung Barat ini. Tak lupa juga untuk membeli kopi ini dan menikmatinya di rumah, lebih ideal lagi jika cuaca Liwa sedang dingin atau hujan.

Cerita lainnya:  AKL Merk Kopi Lampung Terkenal di

Pesan Kopi Sumatera Di Sukarame

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.