Korelasi Kafein dan Asam Lambung SeCara Ilmiah

Korelasi Kafein dan Asam Lambung SeCara Ilmiah

Korelasi Kafein dan Asam Lambung SeCara Ilmiah

Korelasi Kafein dan Asam Lambung SeCara Ilmiah, Mungkin Anda salah satu yang semestinya menuntaskan tugas menumpuk di kantor, dan anda Butuh konsentrasi tinggi dengan menyeruput kopi tapi lambung anda bermasalah sehingga mencari kopi untuk asam lambung. Bila terlalu acap kali minum kopi melainkan situasi lambung tidak dijaga, karenanya yang terjadi ialah komplikasi yang makin parah.

Korelasi Kafein dan Asam Lambung SeCara Ilmiah

Di sisi lain, kafein juga membuat sfingter esophagus bagian bawah menjadi rileks. Sfingter esophagus yakni jaringan otot berbentuk seperti cincin yang mesti berprofesi sebagai katup supaya asam lambung tidak naik ke kerongkongan. Banyak kabar yang memberi rekomendasi penderita mag untuk mengonsumsi kopi non-kafein, supaya terhindar dari nyeri lambung.

Beberapa masyarakat Indonesia memiliki budaya mengonsumsi secangkir kopi di pagi hari dan ini bisa dibilang seharusnya, serta menjadi bagian dari rutinitas sebelum mengerjakan aktivitas pagi. Namun, banyak para penderita maag tak berani untuk meminum kopi dan kesudahannya tak bisa mencicipi nikmatnya minuman ini. Apabila diteliti lebih lanjut, pernyataan ini masih dalam klasifikasi kontroversial sebab masih belum terang adanya relasi konsumsi kopi dan juga keluhan gastrointestinal atau saluran pencernaan. Memang benar tak dapat dielakkan apabila komponen dari kafein yang terdapat di dalam kopi mempunyai kans untuk bisa meningkatkan kadar asam yang ada di lambung. Namun, jikalau Anda ternyata memiliki gangguan maag langsung merasa tidak berkeinginan mencoba minuman ini sebaiknya beranikanlah Kata dr. Nitish Basant Adnani, BmedScs sebelum menjalankan kegiatan pagi.,

Cerita lainnya:  Apakah Kopi Luwak Untuk Penderita Maag?

Bagi seorang yang memiliki masalah kesehatan saat minum kopi semestinya mengamati dosisnya. Bagi orang yang tak memiliki problem kesehatan, standar aman minum kopi merupakan boleh sampai 360 mg atau sekitar 4 cangkir. Melainkan, untuk penderita maag atau darah tinggi, sebaiknya kurang dari itu.

Ada hal menarik yang disarankan oleh dokter ahli penyakit dalam Annisa Maloveny.

“Kopi dingin lebih bagus bagi penderita asam lambung sebab zat yang menyebabkan asam lambung tak ada atau berkurang. Jadi enggak apa-apa, pun baik,” ujar dr Annisa Maloveny SpPD, dalam sebuah acara sebagian waktu lalu.

Asam yang terdapat dalam kopi dingin lebih rendah diperbandingkan pada kopi panas. Ini yang membikin penderita asam lambung masih bisa menikmati kafein dari secangkir kopi.

Kecuali itu, air panas yang digunakan untuk menyeduh kopi bisa mengeluarkan asam yang lebih pekat dari biji kopi. Meski, es batu akan lebih mengencerkan konsentrat kopi sehingga rasanya akan ramah di perut penderita asam lambung.

Dr Annisa juga merekomendasikan agar kopi dapat dinikmati satu atau dua jam setelah makan. Pastikan perut tak dalam kondisi kosong karena dapat meningkatkan produksi asam lambung.

“Kopi bisa meningkatkan produksi asam lambung sehingga disarankan jangan mengonsumsinya dikala perut dalam keadaan kosong. Konsumsi kopi sebaiknya satu atau dua jam sesudah makan,” saran dr Annisa.

Huffingtonpost.com

wikipedia.com

Tempo.co

Alodokter.com

Suara.com

Beritasatu.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.