Apakah Kopi penyebab Maag?

Apakah Kopi penyebab Maag?

Apakah Kopi penyebab Maag?

Apakah Kopi penyebab Maag?, Tidak sedikit yang bilang jikalau orang memiliki penyakit maag karenanya tidak boleh meminum kopi. Biasanya sebab problem kandungan kafein yang mempunyai potensi untuk bisa meningkatkan asam lambung. Apakah ini fakta?

Apakah Kopi penyebab Maag?

Kafein yang terdapat dalam kandungan kopi dapat meningkatkan produksi asam dan peradangan pada lambung. Kecuali itu, kafein bisa membikin cincin otot kerongkongan rileks pada komponen bawah, sehingga asam lambung bisa naik hingga ke kerongkongan, seperti pada penderita refluks asam lambung (GERD) yang juga diketahui dengan maag.

Menurut MedlinePlus, kebanyakan orang yang sehat saja, biasanya bisa mengonsumsi sampai 200 milligram kafein sepadan dengan satu sampai dua cangkir setiap hari, tanpa efek samping tertentu. Apakah Kopi penyebab Maag?, Melainkan malahan, sebagian orang sehat yang mengonsumsi dengan dosis yang lebih rendah sekalipun bisa menyebabkan insomnia dan sakit perut maag.

Tips minum kopi supaya lambung tak kembung Sebelum minum kopi, isi perut dengan makanan berat Minum pula air putih agar kepekatan kopi bisa berkurang dikala masuk lambung Seduh kopi dengan air mendidih atau gunakan alat peracik kopi Intinya, jangan biarkan keadaan lambung belum terisi makanan. Jikalau menyukai minum kopi tetapi keadaan lambung kosong dan diulang setiap hari, maka berbagai penyakit di atas dapat saja lebih pesat hadir.

Cerita lainnya:  kekuatan otak dengan suka menikmati kopi setiap hari

Bagi seorang yang mempunyai dilema kesehatan ketika minum kopi wajib memandang dosisnya. Bagi orang yang tak memiliki permasalahan kesehatan, standar aman minum kopi ialah boleh sampai 360 mg atau sekitar 4 cangkir. Tapi, untuk penderita maag atau darah tinggi, sebaiknya kurang dari itu.

Ada hal menarik yang disarankan oleh dokter pakar penyakit dalam Annisa Maloveny.

“Kopi dingin lebih bagus bagi penderita asam lambung sebab zat yang menyebabkan asam lambung tak ada atau berkurang. Jadi enggak apa-apa, malah baik,” ujar dr Annisa Maloveny SpPD, dalam sebuah acara beberapa waktu lalu.

Asam yang terdapat dalam kopi dingin lebih rendah dibandingkan pada kopi panas. Ini yang membuat penderita asam lambung masih dapat menikmati kafein dari secangkir kopi.

Kecuali itu, air panas yang digunakan untuk menyeduh kopi dapat mengeluarkan asam yang lebih pekat dari biji kopi. Padahal, es batu akan lebih mengencerkan konsentrat kopi sehingga rasanya akan ramah di perut penderita asam lambung.

Dr Annisa juga memberi saran supaya kopi bisa dinikmati satu atau dua jam setelah makan. Pastikan perut tidak dalam situasi kosong sebab bisa meningkatkan produksi asam lambung.

Cerita lainnya:  kebugaran jantung dengan selalu ngopi setiap hari

“Kopi dapat meningkatkan produksi asam lambung sehingga dianjurkan jangan mengonsumsinya saat perut dalam situasi kosong. Konsumsi kopi sebaiknya satu atau dua jam sesudah makan,” anjuran dr Annisa.

Today.com

wikipedia.com

Tempo.co

Halosehat.com

Suara.com

Merdeka.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.