Lapak Kopi Lampung Di Kedamaian

Lapak Kopi Lampung Di Kedamaian

Lapak Kopi Lampung Di Kedamaian

Tak mengherankan bila eksistensi kedai kopi kian merekah dan tersebar ke semua penjuru Indonesia, karena merupakan wilayah penghasil kopi terbesar ketiga di dunia. Kopi Robusta dan Arabika merupakan variasi kopi domestik yang sering kali diekspor dan terkenal di semua benua. Sebagian negara yang menjadi tujuan utama ekspor kopi Nusantara ialah Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Italia, dan Inggris. Karenanya dari itu, sebagai warga Indonesia, Anda harus bangga dan mencintai produk sendiri dengan mengkonsumsi sajian kopi tanah air yang terdiri dari macam variasi yang tersebar di tiap daerah di negeri ini.

Lapak Kopi Lampung Di Kedamaian

Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Lampung, Toni L Tobing menerangkan, Provinsi Lampung yakni penyuplai kopi robusta terbesar di Indonesia dengan luas areal perkebunan mencapai 154.168 ha dan produksi 100.000 ton biji kering.
Pun ekspor nasional 40 persen kopi berasal dari Lampung.
Kempampuan hasil kopi robusta di Lampung sungguh-sungguh luar biasa. Pun kopi robusta Lampung sudah mendapatkan Sertifikat Indikasi Geografis tertanggal 13 Mei 2014 lalu, dengan lokasi Masyarakat Indikasi Geografis (MIG) di Kabupaten Lampung Barat, Way Kanan, dan Tanggamus, katanya pula.
Menurutnya, di dunia cuma ada tiga negara penghasil kopi robusta, adalah Indonesia, Vietnam, dan Brazil, sehingga pangsa pasar kopi robusta Lampung masih amat terbuka lebar di pasar Internasional.

Cerita lainnya:  AKL Robusta lampung Line Shopping Terlaris

Kopi Lampung Dikenal Sejajar Dengan Kopi Specialty Indonesia

Eris Susandi, yang adalah pengamat kopi dari Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI) .
Menurutnya, kopi robusta Lampung telah cukup diketahui di luar negeri, bersama kopi Aceh Gayo, Arabika Sumatera Mandailing, kopi Toraja, kopi Bali Kintamani, Kopi Flores Bajawa, Kopi Arabika Wamena, kopi Malabar, dan kopi Temanggung.
“Menurut rasanya, kopi Indonesia memiliki cita rasa yang cukup bervarian. Namun, modal varian rasa tak cukup untuk berkompetisi dengan kopi dari luar jikalau tak dibarengi dengan pelaksanaan penanaman, panen serta pengolahan yang baik,” katanya.
Untuk menang di negara sendiri, menurut Eris, kopi Indonesia perlu perhatian dari pemerintah, terlebih yang yang berkaitan dengan industri kopi seperti Departemen Pertanian dan Perindustrian serta Perdagangan.
“Banyak orang yang menganggap kopi luar itu baik sebab ada peran dari pemerintah untuk menolong para petani kopi untuk mewujudkan kopi dengan kualitas terbaik. Meski di Indonesia hal itu belum terjadi secara massif. Dari kementerian berkaitan kontribusinya masih betul-betul kecil,” kata Eris. -Kupastuntas.co

Cerita lainnya:  Penjual Kopi Lampung Di Lampung Tengah AKL Produsen Kopi Lampung di Liwa - Lambar Produksi Kopi Lampung di Way Mengaku-Lambar

Kopi Lampung yang telah diketahui dunia, semoga seterusnya dapat menaikkan kwalitas jual produksi. Dapat dengan meremajakan benih, mengoptimalkan penemuan, mengolah dan memasarkan hasil panennya. Harapannya, bila tetap kerjasama kebun sampai ke meja seduh akan melajukan kesenangan petani dan penikmat kopi.

Lapak Kopi Lampung Di Kedamaian

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.