Maag Minum Kopi ? Lihat Cara Mengatasinya

Maag Minum Kopi ? Lihat Cara Mengatasinya

Maag Minum Kopi ? Lihat Cara Mengatasinya

Lazimnya yang kita ketahui kopi mengandung kafein, dimana kafein dalam kopi sering dituduh sebagai penyebab timbulnya berjenis-jenis ragam penyakit pada tubuh. Maag Minum Kopi ? Lihat Cara Mengatasinya Tetapi, rupanya kafein tidak seburuk yang diperkirakan.

Maag Minum Kopi ? Lihat Cara Mengatasinya

Konon katanya sakit maag yang dirasakan sesudah minum kopi itu disebabkan dari tingkat keasaman kopi. Walaupun tingkat keasaman kopi secara ilmiah itu hanya berkisar di angka lima dan air itu netral pada angka tujuh, sementara rujak cuka dapat mencapai angka tiga. Jadi sesungguhnya, seandainya perut Anda tidak melintir saat menyantap rujak cuka karenanya harus lambung tidak bermasalah dikala meminum kopi. Dan terbukti, dari hasil penelitian kepada kopi dikenal apabila perut melintir itu tergantung pada kemampuan seseorang dalam mencerna kafein.

Jawabannya tentu terpulang lagi pada bagaimana metode ngopi yang Anda lakukan, apakah telah benar atau belum. Tak perlu sedih, meski Anda ketika ini mempunyai penyakit maag, masih ada metode untuk dapat merasakan secangkir kopi yang menjadi favorit Anda hal yang demikian. Kiat ini akan dapat menolong Anda tetap bisa merasakan secangkir kopi yang lezat tanpa mesti mengeluh perih karena serangan maag yang kambuh. Bagaimana caranya? Berikut ini sebagian kiat ngopi yang semestinya dipandang penderita maag.

Cerita lainnya:  Kesehatan otak dengan rutin minum kopi setiap hari

Maag lebih bisa diperparah jika ketika minum kopi ditambah dengan merokok, berdasarkan departemen kesehatan RI Efek rokok pada saluran gastrointdstinal antara lain melemahkan katup esofagus dan pilorus, meningkatkan refluks, mengubah situasi alami dalam lambung, menghambat sekresi bikarbonat pankreas, mempercepat pengosongan cairan lambung, dan menurunkan pH duodenum. Karenanya sangat disarankan untuk tidak merokok dikala minum kopi.

Pilih tipe kopi Arabica
Penting untuk dikenal, kandungan kafein dari kopi Arabica lebih rendah dibandingi macam kopi Robusta. Selain itu kandungan acidity dari Arabica juga lebih kecil jumlahnya dibandingi tipe kopi lainnya. Kadar keasaman Arabica nilainya separo dari kopi robusta. Rendahnya kadar kafein dan keasaman dari kopi Arabica menjadikan jenis kopi ini sebagai kopi yang paling cocok untuk dirasakan oleh penderita maag. Bukan soal rasa, tapi soal kandungan zat-zat yang aman bagi kesehatan lambung si penderita.

Kopi orisinil dan masih segar
Bagi penderita maag sebaiknya memilih macam kopi yang orisinil dan masih segar. Minum lah kopi dari biji kopi segar yang dihaluskan, bukan kopi instan kebanyakan yang ada di pasaran. Terutamanya lagi kopi giling kiloan yang banyak mengandung campuran bahan lainnya. Kecuali kandungannya yang telah banyak campuran, macam kopi ini juga telah cukup lama dalam kemasan dan bisa jadi kondisinya sudah tidak sehat. Oleh sebab itu, bagi penderita maag sebaiknya memilih variasi kopi autentik dari biji kopi speciality yang berkwalitas. Agar kesehatan lebih terjaga dan kandungan bijinya juga lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Metode menyeduh kopi secara manual
Bagi penderita maag sebaiknya melaksanakan seduh kopi secara manual memakai kertas saringan, jangan memilih metode tubruk yang lazimnya mengalami perendaman cukup lama. Saringan berfungsi untuk menyeleksi karakter-karakter bagus dari kopi untuk dikonsumsi. Kecuali itu juga akan membuat kopi menjadi lebih ringan untuk dicerna sebab proses ekstraksi di kertas filter yang memakan waktu cuma sekitar 2 sampai 3 menit lamanya.

Hindari kopi yang gosong berbau arang
Kopi yang disangrai lebih lama umumnya warnanya akan semakin dark (hitam). Situasi ini di satu sisi memang baik, yaitu sebab kian hitam cara kerja sangrainya karenanya jumlah kafein yang ada di biji kopi tersebut akan kian rendah. Tapi di satu sisi yang terjadi justru sebaliknya. Jumlah karbon dioksida yang ada justru meningkat. Sementara senyawa inilah yang sangat ditakutkan para penderita maag dalam mengonsumsi kopi. Jadi kian hitam kopi tersebut, semakin tak bagus untuk para penderita maag. Bagi penderita maag, sebaiknya mengonsumsi kopi yang disangrai pada level medium saja.

Jangan minum kopi tanpa makan sesuatu apa saja

Bagi penderita maag, perut kosong tidak bagus untuk keadaan lambung. Terpenting lagi jika dalam situasi perut kosong hal yang demikian, Anda yang memiliki penyakit maag mengonsumsi kopi. Terlebih lagi jikalau kopinya memiliki banyak kandungan karbon dioksida dan dari macam kopi robusta. Maka dapat dipastikan penyakit maag Anda akan lantas kumat. Jadi jangan sekali-kali mengonsumsi kopi dalam situasi perut kosong. Bukan cuma penderita maag, mereka yang sehat juga akan memperoleh efek yang kurang baik kalau membiasakan hal hal yang demikian.

Batasi jumlah mengonsumsi kopi

Dari beberapa penjelasan ini tak ada lagi alasan bagi penderita sakit maag untuk tak bisa merasakan nikmatnya kopi. Dengan sebagian sistem tadi, Anda bisa minum kopi tanpa merasa ketakutan karena maag yang akan kumat.

Huffingtonpost.com

wikipedia.com

Tempo.co

Halosehat.com

tcsc-indonesia.org

Merdeka.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.