Cari Kopi Sumatera Di Teluk Betung Utara

Cari Kopi Sumatera Di Teluk Betung Utara

Cari Kopi Sumatera Di Teluk Betung Utara

Tak hanya Sulawesi yang dapat menjadikan biji kopi Arabica dengan tingkat keasaman tinggi dengan Toraja. Tidak hanya Sumatra dengan Sumatra Gayo dan Sumatra Mandhelingnya yang banyak dinikmati penikmat kopi. Tak hanya Papua dengan biji kopi Papua Wamena dan Papua Yakuhimo-nya saja yang bisa dinikmati penikmat kopi. Sebab Lampung bahkan memiliki kopi sngle origin atau kopi yang memang absah Lampung, yakni kopi robusta lampung.
Ya sudah banyak yang mengetahuitahu bahwa di Lampung ini yakni daerah penyumbang kopi Robusta yang tidak sedikit dari Indonesia, lebih-lebih Lampung Barat.

Cari Kopi Sumatera Di Teluk Betung Utara

Tidak dikenal secara pasti mengenai sejarah Kopi Lampung. Tetapi, dapat dikatakan bahwa kopi ini biasanya tumbuh pada ketinggian 400-700 m di atas permukaan laut dengan temperatur 21-24oC. Kebetulan, daerah Lampung mempunyai situasi alam yang demikian sehingga kopi jenis robusta ini malahan banyak tumbuh di tempat tersebut. Hampir tiap-tiap tempat di Pronvinsi Lampung, terutamanya di Lampung Barat memiliki ladang perkebunan kopi robusta, bagus yang dikelola pemerintah, swasta, ataupun swadaya mayarakat. Menurut lahan perkebunan hasil swadaya masyarakat ini beberapa besar berada di tempat dataran tinggi Tanggamus.
Tiap data Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian, dan Perdagangan Lampung Barat, luas lahan tanaman kopi di Kabupaten Lampung Barat menempuh 60.347,7 hektar dengan produksi kopi kering per-tahun mencapai 29.712 ton perhektar. Saban, produksi kopi di tempat ini terus menemui peningkatan yang signifikan. Dalam pada itu, Kabupaten Lampung Barat menjadi salah satu model perkebunan berbaik di Provinsi Lampung Barat dan Nasional.

Cerita lainnya:  Penjual Kopi Lampung Di Lampung Tengah AKL Produksi Kopi Lampung di Lambar

Fine Robusta Lampung

Pada dasarnya kopi yang memiliki khasiat yakni kopi berkwalitas yang dipetik merah matang pada batang pohonnya, contohnya seperti produk Robusta Red Cherry Lampung dari AKL Kopi.
Cari Kopi Sumatera Di Teluk Betung Utara, fine robusta dihasilkan dari budidaya kopi petik merah yang harganya dua kali lipat dari kopi asalan. Kopi hasil ini lebih disukai pemilik resto dan menjadi pavorit peminum kopi.
Tidak sedikit Kedai Coffee di lampung beralih mengaplikasikan robusta red cherries AKL Kopi pada base espressonya karena ketegasan hasil krema yang dibuat, citarasa buah segar dan tentu lebih murah daripada Arabika.

Lampung memang benar-benar mempesona kopinya, bahkan salah satu brand yang sudah mendunia seperti “Nescafe” berasal dari Lampung. Untuk itu dibutuhkan promosi yang gaungnya lebih besar. Sehingga rakyat Indonesia mengetahui bahwa Provinsi Lampung yakni salah satu sentra kopi di Indonesia.

Cari Kopi Sumatera Di Teluk Betung Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.