Kopi Lampung Asli Tanjung Senang

Kopi Lampung Asli Tanjung Senang

Kopi Lampung Asli Tanjung Senang

Tak mengherankan seandainya keberadaan kedai kopi semakin merekah dan tersiar di hampir seluruh penjuru Indonesia, sebab ialah wilayah penghasil biji kopi terbesar ketiga di dunia. Kopi Robusta dan Arabika adalah variasi kopi nusantara yang kerap kali diekspor dan familiar di segala dunia. Beberapa negara yang menjadi tujuan utama ekspor kopi tanah air yakni Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Italia, dan Inggris. Maka dari itu, sebagai warga Indonesia, Anda harus bangga dan mencintai produk sendiri dengan mengkonsumsi sajian kopi tanah air yang terdiri dari macam variasi yang tersebar di tiap daerah di negeri ini.

Kopi Lampung Asli Tanjung Senang

Tidak diketahui secara pasti mengenai sejarah Kopi Lampung. Tetapi, dapat dikatakan bahwa kopi ini biasanya tumbuh pada ketinggian 400-700 m di atas permukaan laut dengan suhu 21-24oC. Kebetulan, tempat Lampung memiliki kondisi alam yang demikian sehingga kopi ragam robusta ini pun banyak tumbuh di daerah tersebut. Hampir tiap daerah di Pronvinsi Lampung, terpenting di Lampung Barat mempunyai lahan perkebunan kopi robusta, baik yang dikelola pemerintah, swasta, maupun swadaya mayarakat. Menurut lahan perkebunan milik swadaya masyarakat ini sebagian besar berada di daerah dataran tinggi Tanggamus.
Setiap data Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian, dan Perdagangan Lampung Barat, luas lahan tanaman kopi di Kabupaten Lampung Barat mencapai 60.347,7 hektar dengan produksi kopi kering per-tahun menempuh 29.712 ton perhektar. Saban, produksi kopi di tempat ini selalu mengalami peningkatan yang signifikan. Dalam pada itu, Kabupaten Lampung Barat menjadi salah satu model perkebunan berbaik di Provinsi Lampung Barat dan Nasional.

Cerita lainnya:  Produsen Kopi Lampung di Lambar

Nama Robusta bersumber dari kata Robust yang punya arti kuat. istilah ini memang menggambarkan mutu dan cita rasa kopi robusta yang memiliki keunggulan pada wewangian kopinya yang kuat dan mantab. Kopi Lampung Asli Tanjung Senang, Malahan penyuka Kopi Lampung sejati mengucapkan seandainya rasa Kopi Lampung variasi Robusta cenderung berbau coklat.
Dan buktinya bahwa 70 persen dari sempurna hasil panen Kopi di wilayah Provinsi Lampung diikutsertakan oleh perkebunan Kopi Lampung Barat macam Robusta yang ada di areal Sumber Jaya -Liwa – Sukau – Suoh . Kopi Lampung variasi Robusta yang berasal dari Lampung Barat berkualitas terbaik dan adalah komoditi ekspor. Hal ini di karenakan pohon Kopi Lampung macam Robusta tumbuh pada habitat sebenarnya, ialah ditanam di atas ketinggian 800 meter di atas permukaan laut (mdpl). Di dukung oleh iklim bukit lampung barat yang dingin serta kesuburan tanah yang tidak biasa.

Kopi Lampung yang telah diketahui dunia, semoga selanjutnya mampu menambah mutu jual produksi. Dapat dengan meremajakan benih, mengoptimalkan inovasi, mengolah dan menjual hasil panennya. Harapannya, jikalau konsisten kerjasama kebun hingga ke meja seduh akan melajukan kesenangan petani dan pecinta kopi.

Cerita lainnya:  AKL Merk Kopi Lampung Terkenal di Lambar

Kopi Lampung Asli Tanjung Senang

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.