AKL Kopi Hitam Lampung Terkenal di Balik Bukit

AKL Kopi Hitam Lampung Terkenal di Balik Bukit

AKL Kopi Hitam Lampung Terkenal di Balik Bukit

Sejak 5 tahun yang lalu, tren usaha kopi di Lampung terus mengalami peningkatan yang tajam, minum kopipun tidak menjadi sekedar kebutuhan, ia menjelma sebagai tren hidup. Bagi sebagian besar masyarakat Lampung, minum kopi adalah seperti aktivitas yang tak boleh dilupakan sebelum menjalankan aktivitas lainya. Nongkrong di warung kopi menjadi kesepakatan tidak tertulis secara turun-temurun dan menjadi kebiasaan dikalangan masyarakat Lampung di Kota sampai Desa.

AKL Kopi Hitam Lampung Terkenal di Balik Bukit

Tidak diketahui secara pasti mengenai sejarah Kopi Lampung. Melainkan, bisa dikatakan bahwa kopi ini biasanya tumbuh pada ketinggian 400-700 m di atas permukaan laut dengan suhu 21-24oC. Kebetulan, daerah Lampung mempunyai kondisi alam yang demikian sehingga kopi macam robusta ini pun banyak tumbuh di tempat hal yang demikian. Hampir setiap daerah di Pronvinsi Lampung, khususnya di Lampung Barat mempunyai ladang perkebunan kopi robusta, baik yang dikelola pemerintah, swasta, maupun swadaya mayarakat. Berdasarkan lahan perkebunan hasil swadaya masyarakat ini sebagian besar berada di daerah dataran tinggi Tanggamus.
Tiap data Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian, dan Perdagangan Lampung Barat, luas lahan tanaman kopi di Kabupaten Lampung Barat menempuh 60.347,7 hektar dengan produksi kopi kering per-tahun menempuh 29.712 ton perhektar. Setiap tahun, produksi kopi di daerah ini selalu menemui peningkatan yang signifikan. Itulah sebabnya, Kabupaten Lampung Barat menjadi salah satu model perkebunan berbaik di Provinsi Lampung Barat dan Nasional.

Cerita lainnya:  AKL Merk Kopi Lampung Terkenal di Balik Bukit

Kopi Lampung Dikenal Sejajar Dengan Kopi Specialty Indonesia

Eris Susandi, yang yaitu pengamat kopi dari Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI) .
Menurutnya, kopi robusta Lampung sudah cukup dikenal di luar negeri, bersama kopi Aceh Gayo, Arabika Sumatera Mandailing, kopi Toraja, kopi Bali Kintamani, Kopi Flores Bajawa, Kopi Arabika Wamena, kopi Malabar, dan kopi Temanggung.
“Menurut rasanya, kopi Indonesia memiliki cita rasa yang cukup bervarian. Tapi, modal varian rasa tak cukup untuk bersaing dengan kopi dari luar jikalau tak dibarengi dengan pengerjaan penanaman, panen serta pengolahan yang baik,” katanya.
Untuk menang di negara sendiri, menurut Eris, kopi Indonesia perlu perhatian dari pemerintah, terutama yang yang terkait dengan industri kopi seperti Departemen Pertanian dan Perindustrian serta Perdagangan.
“Banyak orang yang menganggap kopi luar itu baik sebab ada peran dari pemerintah untuk membantu para petani kopi untuk menjadikan kopi dengan kualitas terbaik. Meskipun di Indonesia hal itu belum terjadi secara massif. Dari kementerian berkaitan kontribusinya masih sungguh-sungguh kecil,” kata Eris. -Kupastuntas.co

Cerita lainnya:  Cari Kopi Lampung Paling Enak Sukabumi

Begitulah sebagian hal yang bisa anda kenal kaitannya dengan Kopi Lampung. Kopi ini memang termasuk dalam variasi kopi yang memiliki cita rasa dan juga bebauan yang benar-benar kuat. Begitu lah , kopi ini juga lain dengan kopi-kopi pada umumnya. Kopi ini mengandung keasaman yang tepat sehingga juga cukup aman untuk digunakan.

AKL Kopi Hitam Lampung Terkenal di Balik Bukit

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.