Lapak Kopi Sumatera Di Liwa

Lapak Kopi Sumatera Di Liwa

Lapak Kopi Sumatera Di Liwa

Luas ladang kopi di Lampung terekam ketika ini menempuh 160 ribu hektare (ha) atau 12,97 persen dari total Banyak teritori kopi nasional yang menempuh 1,24 juta ha. Ladang kopi terdapat di teritori Lampung Barat, Tanggamus, Lampung Utara, Pesisir Barat, Lampung Utara, dan Waykanan. Hasil produksi beberapa diekspor ke beberapa benua Eropa, Jepang, Timur Tengah, dan Australia.
Faktanya ada antara 147 ribu KK petani yang menggantungkan hidup dari perkebunan kopi. Mereka kapabel mewujudkan produksi hingga 120 ribu ton per tahun. Bukan hanya berbangga jadi petani, tapi untuk mereka merupakan suatu kebahagiaan.

Lapak Kopi Sumatera Di Liwa

Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Lampung, Toni L Tobing menerangkan, Provinsi Lampung adalah penyuplai kopi robusta terbesar di Indonesia dengan luas areal perkebunan menempuh 154.168 ha dan produksi 100.000 ton biji kering.
Malah ekspor nasional 40 persen kopi berasal dari Lampung.
Potensi kopi robusta di Lampung sangat dikagumi. Bahkan kopi robusta Lampung telah mendapatkan Sertifikat Indikasi Geografis tertanggal 13 Mei 2014 lalu, dengan lokasi Masyarakat Indikasi Geografis (MIG) di Kabupaten Lampung Barat, Way Kanan, dan Tanggamus, katanya pula.
Menurutnya, di dunia cuma ada tiga negara penghasil kopi robusta, ialah Indonesia, Vietnam, dan Brazil, sehingga pangsa pasar kopi robusta Lampung masih sangat terbuka lebar di pasar Internasional.

Cerita lainnya:  Penjual Kopi Lampung Di Lampung Selatan AKL Lapak Kopi Lampung di Lampung Barat

Fine Robusta Lampung

Sejatinya kopi yang mempunyai khasiat yaitu kopi berkwalitas yang dipetik merah matang pada batang pohonnya, umpamanya seperti produk Robusta Red Cherry Lampung dari AKL Kopi.
Lapak Kopi Sumatera Di Liwa, fine robusta dijadikan dari budidaya kopi petik merah yang harganya dua kali lipat dari kopi asalan. Kopi hasil ini lebih disukai pemilik kafe dan menjadi pavorit peminum kopi.
Banyak kedai kopi di lampung beralih memakai robusta red cherries AKL Kopi pada base espressonya karena ketegasan hasil krema yang dibuat, citarasa fruitty dan tentu lebih ekonomis daripada Arabika.

Lampung memang sungguh-sungguh memukau kopinya, malah salah satu brand yang sudah mendunia seperti “Nescafe” berasal dari Lampung. Untuk itu diperlukan promosi yang kencang. Sehingga rakyat Indonesia mengenal bahwa Provinsi Lampung merupakan salah satu sentra kopi di Indonesia.

Lapak Kopi Sumatera Di Liwa

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.