5 Makanan Populer Untuk Oleh-oleh Lampung

5 Makanan Populer Untuk Oleh-oleh Lampung

Kalau lagi wisata di suatu tempat rasanya ada yang kurang ya kalau kita tidak beli oleh-oleh untuk keluarga atau kawan di kota asal. Meskipun oleh-oleh itu tidak seberapa harganya, namun sering kali sangat berarti bagi yang akan kita beri. Bagaimana dengan oleh-oleh khas Bandar Lampung ?

oleh-oleh khas Bandar Lampung

Oleh-oleh khas Bandar Lampung

Kripik Pisang

Entah ya sejak kapan para wisatawan mencari kripik pisang di Lampung. Hanya ada 2-3 toko terkenal yang menjual kripik pisang terkenal. Di tahun 2017 ini sudah banyak tempat yang menjual kripik pisang dengan berbagai varian.
Itu yang membedakan oleh-oleh kripik pisang di Lampung. Industri kripik pisang di Lampung memberikan banyak varian rasa kepada penikmat kripik pisang. Ada rasa coklat, keju, susu, melon, strawberi, sambal balado, sapi panggang, dan lain-lain. Dan tentu saja bagi yang suka rasa asli, tetap ada rasa original.
Kripik Pisang bisa kita dapatkan di supermarket lokal, toko oleh-oleh yang ada di jalan ikan Kakap Teluk Betung, kios oleh-oleh di sekitaran Panjang, dan sentra kripik di Gang PU Bandar Lampung.

Cerita lainnya:  Liburan Enaknya Kemana?, Ke Lampung Saja

Kopi Bubuk

Lampung adalah salah satu penghasil kopi robusta terbesar di Indonesia. Kopi Robusta Lampung terkenal dengan rasa “strong” dan aromanya yang kuat. Sering kali jadi campuran untuk menu-menu kopi yang ada di cafe-cafe luar Lampung, bahkan luar negeri.
Kita bisa juga cicipi langsung kopi Lampung di beberapa kedai kopi yang saat ini banyak menjamur di seantero kota Bandar Lampung. Beberapa kedai kopi juga menyediakan biji kopi ataupun kopi bubuk sebagai oleh-oleh yang bisa kita beli.
Kurang lengkap rasanya oleh-oleh khas Bandar Lampung tidak membawa kopi sebagai oleh-oleh buat kawan-kawanmu. Kalau kamu ke Liwa Lampung Barat, coba toko Gerai AAS. Beli Kopi Liwa dan gula aren sekalian buat pemanis minuman kopinya.

Kemplang

Kerupuk satu ini agak berbeda dengan jenis kerupuk lain. Karena kerupuk pada umumnya digoreng dengan minyak goreng, tapi kerupuk kemplang ini goreng dengan pasir atau dipanggang. Rasa khas kemplang ini bikin yang menikmatinya ketagihan. Apalagi dengan sambel yang disertakan pada setiap pembelian kemplang. Untuk memperoleh kemplang ini ga susah. Ada dimana-mana. Baik itu di supermarket lokal, toko oleh-oleh atau di daerah Panjang dan Tarahan sepanjang pinggir jalan.

Cerita lainnya:  Liburan Enaknya Kemana?, Ke Lampung Saja

Lempok Durian

Bagi yang senang durian, di Bandar Lampung juga banyak tersedia dodol durian (lempok durian). Lempok adalah makanan olahan dari durian yang dicampur dengan gula merah dan dikemas mirip dodol dan berwarna kecoklatan.
Makanan ini sangat kaya akan rasa duriannya dan bisa bertahan sampai beberapa hari. Biasanya makanan ini dijual di tempat toko oleh-oleh atau supermarket lokal. Kalau makanan ini sudah sampai di rumahmu, hindari menyimpannya di dalam kulkas ya. Karena akan menjadikan makanan ini keras dan mengubah rasa.

Sambal Lampung

Banyak orang kalau makan maunya harus ada sambal sebagai penambah rasa dan nafsu makan. Termasuk orang Lampung yang juga gemar konsumsi sambal dengan berbagai bahan dan rasa.
Sambal Lampung terbuat dari bahan ulegan kasar cabai rawit merah, bawang putih, garam dan cuka. Sambal Lampung nikmat saat makan nasi goreng, capcai, dan menu rumahan lainnya. Makan berasa nikmat dan istimewa kalau ditemani sambal Lampung.
Sambal Lampung mudah didapat di supermarket lokal dan toko oleh-oleh khas Bandar Lampung dengan berbagai kemasan yang higienis.

Cerita lainnya:  Liburan Enaknya Kemana?, Ke Lampung Saja

Yuk kita ke lampung dan cari oleh-oleh Lampung…..

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.