Pesan Kopi Sumatera Di Langkapura

Pesan Kopi Sumatera Di Langkapura

Pesan Kopi Sumatera Di Langkapura

Meminum kopi saat ini telah menjadi gaya hidup tersendiri di lapisan masyarakat, khususnya milenial. Ternyata kian menjamurnya coffee shop yang tumbuh di Bandar Lampung. Dari bermacam kopi nusantara yang ada, kedai kopi di bandarlampung mengutamakan kopi dari tanah mereka yaitu kopi robusta

Pesan Kopi Sumatera Di Langkapura

Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Lampung, Toni L Tobing menerangkan, Provinsi Lampung yaitu penghasil kopi robusta terbesar di Indonesia dengan luas areal perkebunan menempuh 154.168 ha dan produksi 100.000 ton biji kering.
Malahan ekspor nasional 40 persen kopi berasal dari Lampung.
Kapasitas kopi robusta di Lampung sangat mengagumkan. Pun kopi robusta Lampung telah menerima Sertifikat Indikasi Geografis tanggal 13 Mei 2014 lalu, dengan lokasi Masyarakat Indikasi Geografis (MIG) di Kabupaten Lampung Barat, Way Kanan, dan Tanggamus, katanya pula.
Menurutnya, di dunia hanya ada tiga negara penghasil kopi robusta, adalah Indonesia, Vietnam, dan Brazil, sehingga pangsa pasar kopi robusta Lampung masih sangat terbuka lebar di pasar Internasional.

Cerita lainnya:  AKL Merk Kopi Lampung Terkenal di Kedamaian

Nama Robusta berasal dari kata Robust yang punya arti kuat. istilah ini memang menggambarkan kualitas dan cita rasa kopi robusta yang mempunyai keunggulan pada aroma kopinya yang kuat dan mantab. Pesan Kopi Sumatera Di Langkapura, Malahan pecinta Kopi Lampung murni menyatakan bila rasa Kopi Lampung ragam Robusta cenderung beraroma coklat.
Dan buktinya bahwa 70 persen dari total hasil panen Kopi di wilayah Provinsi Lampung dipartisipasi oleh perkebunan Kopi Lampung Barat macam Robusta yang ada di areal Sumber Jaya -Liwa – Sukau – Suoh . Kopi Lampung ragam Robusta yang berasal dari Lampung Barat berkwalitas terbaik dan merupakan komoditas ekspor. Hal ini di karenakan tanaman Kopi Lampung jenis Robusta tumbuh pada habitat sebetulnya, yaitu ditanam di atas ketinggian 800 meter di atas permukaan laut (mdpl). Di dukung oleh iklim bukit lampung barat yang dingin serta kesuburan tanah yang mengaggumkan.

Maka tak asing lagi bahwa Kopi Lampung ini banyak peminatnya bahkan dari luar negeri sekali malah. Untuk petani Lampung Barat tentu harus berbangga dan tidak lupa merasakan single origin orisinil Lampung Barat ini. Tidak lupa juga untuk membeli kopi ini dan menikmatinya di rumah, lebih pas lagi sekiranya cuaca Liwa sedang dingin atau hujan.

Cerita lainnya:  Lapak Kopi Sumatera Di Kedaton

Pesan Kopi Sumatera Di Langkapura

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.