Bagaimana Ciri-ciri Biji Kopi Robusta Lampung

Bagaimana Ciri-ciri Biji Kopi Robusta Lampung

Bagaimana Ciri-ciri Biji Kopi Robusta Lampung

Tak hanya Sulawesi yang dapat menciptakan biji kopi Arabica dengan tingkat keasaman tinggi dengan Toraja. Tidak hanya Sumatra dengan Sumatra Gayo dan Sumatra Mandhelingnya yang banyak dinikmati penikmat kopi. Tak hanya Papua dengan biji kopi Papua Wamena dan Papua Yakuhimo-nya saja yang bisa dinikmati penikmat kopi. Sebab Lampung malahan mempunyai kopi sngle origin atau kopi yang memang autentik Lampung, ialah kopi robusta lampung.
Ya sudah banyak yang mengetahuitahu bahwa di Lampung ini yakni daerah penghasil kopi Robusta yang tidak sedikit dari Indonesia, secara khusus Lampung Barat.

Bagaimana Ciri-ciri Biji Kopi Robusta Lampung

Demikian adanya kopi robusta Lampung mempunyai keunikan cita rasa yang lain dengan kopi ragam serupa dari daerah lain. Kopi Robusta (Coffea canephora) lebih banyak dibudidayakan para petani kopi di Lampung, dan cuma sebagian kecil yang membudidayakan kopi Arabika (Coffea arabica).
“Dengan produksi yang cukup besar, mempunyai cita rasa yang khas, serta puluhan ribu petani yang menggantungkan hidup dari komoditi andalan Provinsi Lampung itu patut juga dilestarikan sebagai salah satu warisan kultur Indonesia,” kata Pembantu Deputi Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Magdalena, di Bandarlampung, Kamis (19/11).
Ia menyebutkan, kopi robusta Lampung segera dicanangkan menjadi salah satu warisan tradisi Indonesia.

Cerita lainnya:  Cari Kopi Sumatera Di

Tips Racik Kopi Lampung Dari Barista

Bagaimana Ciri-ciri Biji Kopi Robusta Lampung Berdasarkan salah seorang peracik kopi atau barista, Ndharu Alisaputra, kopi barista Lampung mempunyai ciri khas dan keunikan apabila diperbandingkan dengan kopi robusta asal tempat lain.
“Salah satu ciri khas kopi robusta Lampung ada pada citarasa pahitnya. Tingkat kepahitan kopi robusta Lampung lebih unik dibanding kopi robusta lain. Memang perbandingannya tipis, melainkan jikalau penggemar kopi pasti tahu kelebihan tersebut,” tutur Ndharu, Selasa (11/7/2017).
Ditambahkannya, sekiranya diperkenalkan dengan tepat, kopi robusta Lampung akan terasa jauh lebih nikmat.
“Perbedaan kopi robusta Lampung akan terasa melalui cara kerja roasting atau panggang. Sekiranya dipanggang dengan kematangan lebih, kopi robusta akan terasa lebih padat dan nikmat, ini yang umumnya membuat kopi robusta Lampung disukai,”katanya.
Selain itu, Ndharu mengukur kopi robusta Lampung akan lebih sedap jikalau diberi tahu dalam format espresso atau kopi tubruk.
“Banyak penikmati kopi yang memilih Kopi Lampung dikenalkan dalam wujud espresso dan kopi tubruk. Dalam sajian ini, aroma dan kenikmatan kopi robusta Lampung memang lebih terasa,” paparnya.-Kupastuntas.co

Cerita lainnya:  Kopi Lampung Asli Batu Brak

Itulah beberapa hal yang bisa anda kenal kaitannya dengan Kopi Lampung. Kopi ini memang termasuk dalam macam kopi yang memiliki cita rasa dan juga aroma yang sangat kuat. Begitu lah , kopi ini juga lain dengan kopi-kopi pada umumnya. Kopi ini mengandung keasaman yang ideal sehingga juga cukup aman jika diterapkan.

Bagaimana Ciri-ciri Biji Kopi Robusta Lampung

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.