14 Catatan Penting Ketika Belajar Brewing Kopi

14 Catatan Penting Ketika Belajar Brewing Kopi

Dalam setiap harinya kopi diseduh oleh jutaan rumah di seluruh dunia. Jika kita mencoba menghitungnya dari daerah tempat tinggal kita sendiri saja sudah mengejutkan jumlahnya. Namun sangat sedikit kita dapati metode penyeduhan kopi agar menghasilkan citarasa yang nikmat. Dari sinilah pentingnya kita belajar brewing kopi agar hasil ekstraksi kopi kita beda dengan lainnya.

Citarasa yang nikmat tentunya dimulai dari biji kopi berkualitas specialty. Akan tetapi sangat disayangkan jika kita telah membeli mahal kopi specialty tapi menghasilkan seduhan citarasa buruk yang seharusnya tidak ada.  Jadi, sebelum anda menyeduh secangkir kopi berikutnya, luangkan waktu beberapa saat untuk memperhatikan 14 hal penting ketika brewing kopi. Mungkin ada hal-hal di bawah ini yang belum anda jalani.

Sudah saatnya sekarang kita mulai mengubah cara perlakuan brewing kopi yang benar. Hal ini tentunya berguna bagi anda yang ingin menghasilkan ekstraksi kopi mengesankan buat anda dan sahabat anda.

Hal Penting Saat Belajar Brewing Kopi :

  1. Mendapatkan Kopi yang Fresh

Sejatinya kopi tidak akan rusak ketika disimpan di tempat yang tertutup. Namun ada gas kopi berupa flavour yang akan keluar sedikit demi sedikit sehingga komponen rasa dalam kopi tersebut akan hilang. Pesan dalam bentuk biji kopi merupakan pilihan terbaik.

Jika biji kopi yang kamu dapat terlanjur sudah lama jangan dibuang! Simak tipsnya di sini…

  1. Belilah Kopi Berkualitas Specialty

Kopi berkualitas baik memang lebih mahal. Seperti itulah ada pepatah mengatakan “you get what you pay for”. Memang mahal juga tidak menjamin bagus tapi seringkali singkron dengan pengalaman yang kita ketahui akan kualitasnya. Pengetahuan tentang produk tentu hal utama ketika kita ingin membeli sesuatu.

  1. Mengukur Kopi Dengan Timbangan Yang Tepat

Berapa kali anda salah rasa saat menyeduh kopi hingga membuangnya ke wastafel?. Hal demikian tidak terjadi ketika anda menakarnya dengan pas. Gunakan perbandingan air dan kopi yaitu 1:12 – 1:19. Terlalu banyak air akan terasa hambar, terlalu banyak kopi pun tidak menyenangkan. Siapkan timbangan kopi di rumah anda.

  1. Perhatikan Alat Seduh Kopi Yang Digunakan

Setiap alat kopi punya prinsip yang berbeda-beda dalam ekstraksinya. Anda boleh seduh sama kopi Arabika misalnya, tapi beda alat tentu beda rasa. Cobalah gunakan alat seduh kopi yang paling mudah seperti alat Pour Over atau sistem tekan seperti French Press.

  1. Gunakan Suhu Air Yang Tepat

Brewing Kopi dengan air panas punya standar yang bagus untuk diaplikasikan. Idealnya, suhu terbaik untuk kopi anda antara 95 derajat – 100 derajat.  Jangan lebih dari 100 derajat jika anda tidak menginginkan kopi Arabika anda rusak tanpa good flavour. Walaupun masih belajar brewing kopi, investasikan sedikit dana untuk membeli Termometer agar dapat memantau suhu air yang ingin dituangkan ke atas kopi.

Cerita lainnya:  Tips 7 Aeropress Kaye Joy Ong
Belajar Brewing Kopi
Pic By Gina Coffee
  1. Giling Kopi Di Ukuran Kekasaran Yang Pas

Seduh Tubruk berbeda kehalusannya dengan seduh french press, begitu juga lainnya pada seduh pour over misalnya. Tingkat kehalusan kopi mulai dari Super Fine (sangat halus) Sampai ke Coarse (Kerikil) diseusaikan metode brewing yang dipakai. Tubruk menggunakan Super Fine, Pour Over dengan halus medium dan French Press diposisi Coarse. Kamu membutuhkan Grinder dengan pengaturan tipe kekasaran jika alat kopi kamu banyak.

  1. Buat Tanggal Terima Kopi Kamu

Jika pihak roaster tidak memberikan tanggal roasting pada kemasannya, kamu bisa menandakan tanggal di toples penyimpanan. Kamu juga boleh menanyakan waktu roasting kepada penyedia kopi yang kamu beli agar bisa melacaknya. Waktu penyimpanan yang masih fresh biasanya dalam waktu 6 bulan.

  1. Simpan Rapat Kopimu Dan Pakai Sesuai Kebutuhan

Jika anda punya 1kg kopi, gunakan seperempatnya dahulu ke dalam wadah yang akan sering digunakan. Simpan rapat-rapat sisanya tanpa dibuka sama sekali kecuali wadah utama telah habis. Ini untuk mengurangi masuknya oksigen ke dalam kopi yang membuat flavour kopi semakin berkurang.

  1. Menjaga Kebersihan Alat Kopi

Alat kopi yang lama tidak dipakai tidak menjamin kebersihannya dan akan menimbulkan plak. Plak atau jamur ini bisa mengganggu hasil ekstraksi kopi kamu. Biasakan untuk rutin membersihkannya dan gunakan air panas saat preparasi penyeduhan kopi.

  1. Gunakan Wadah Kopi Kaca Atau Keramik Istimewa

Terdengar memang tidak begitu penting membicarakan gelas penampung kopi saat belajar brewing kopi. Walau begitu, cangkir yang baik tentunya akan menjaga kehangatan dan citarasa. Seperti wadah yang berbahan kaca atau keramik tidak mencemarkan rasa ke dalam kopi. Cangkir atau wadah berbahan plastik dan kertas contohnya, bisa berkontribusi memberikan rasa tidak nyaman pada seduhan kopi.

  1. Pemanis dan Bahan Makanan Tambahan Alami

Jangan menambahkan krimer pada seduhan kopi panas. Walaupun banyak produsen mengatakan agar minuman jadi lebih nikmat, tapi bahan ini sering merusak karakter kopi. Apabila diinginkan bisa menggunakan pemanis gula aren atau ekstrak buah. Bisa juga menambahkan pengharum rempah seperti kulit jeruk, kayu manis, kapulaga dan lainnya. Kalau anda seorang yang serius dalam menyeduh kopi, belajar brewing kopi dengan pemanis bukan hal terbaik.

  1. Gunakan Air Bersih dan Bermineral Tinggi

Brewing kopi yang terbaik menggunakan air bersih dan bermineral, karena daya ekstraksi air bermineral lebih kuat. Jangan menggunakan air langsung dari saluran pipa air perusahaan sebelum menyaringnya dengan water filter. Cobalah gunakan TDS Tester ntuk memastikan kebersihan dan kandungan mineral air anda bisa.

  1. Bersihkan Filter Kopi Dengan Benar

Salah satu hal pertama yang perlu anda lakukan setelah menyeduh kopi adalah membersihkan filter alat kopi anda. Memang rasanya seperti menghambat untuk menikmati kopi yang kita seduh, tapi hal ini penting jangan sampai bekas kopi menjadi kerak dan menjamur. Cara paling cepatnya agar bisa langsung menikmati kopi dengan merendamnya ke dalam air panas. Ketika telah hangat segera cuci dan jangan menggunakan deterjen atau sabun cuci yang hanya menanggalkan bau kimiawi saja.

  1. Jangan Paksa Kemauan Anda

Bagian terakhir ini memang terlalu rumit dimengerti karena berkaitan dengan selera. Petualangan membuat kopi nikmat memang selalu memberikan pengalaman baru dalam tehnik seduh. Berikan pengalaman terbaik anda pada kawan-kawan adalah hal yang menarik untuk jadi pertimbangan daripada menyalahkan kopi. Kopi memang hitam tapi jangan selalu dikambinghitamkan karena kopi bukan kambing ??.

Itulah 14 daftar hal penting yang harus diperhatikan saat belajar brewing kopi. Mungkin hal mengejutkan dan repot bagi sebagian orang termasuk penulis. Tapi setidaknya kita bisa menakar sampai mana hasil ekstraksi kopi ini bisa obyektif penialian citarasanya. Sangat disayangkan bukan jika mendapatkan kopi mahal specialty, tapi diperlakukan tidak semestinya. Semoga mulai saat ini kita bisa memulai membuat kopi dengan tehnik brewing yang benar, menghasilkan citarasa menakjubkan dalam petualangan kopi.

Cerita lainnya:  Black Iced Coffee

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *