Mengenal Rasa Kopi Lampung Robusta

Mengenal Rasa Kopi Lampung Robusta

Mengenal Rasa Kopi Lampung Robusta

Tidak mengherankan seandainya eksistensi kedai kopi semakin melebar dan tersiar di hampir semua penjuru Indonesia, sebab yakni alam penghasil biji kopi terbesar ketiga di dunia. Kopi Robusta dan Arabika merupakan tipe kopi nusantara yang sering kali diekspor dan tenar di semua benua. Sebagian negara yang menjadi tujuan utama ekspor kopi tanah air adalah Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Italia, dan Inggris. Maka dari itu, menjadi warga Indonesia, Anda mesti bangga dan mencintai produk sendiri dengan mengonsumsi sajian kopi Nusantara yang terdiri dari variasi tipe yang tersebar di tiap-tiap daerah di negeri ini.

Mengenal Rasa Kopi Lampung Robusta

Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Lampung, Toni L Tobing menjelaskan, Provinsi Lampung ialah penyuplai kopi robusta terbesar di Indonesia dengan luas areal perkebunan menempuh 154.168 ha dan produksi 100.000 ton biji kering.
Malahan ekspor nasional 40 persen kopi berasal dari Lampung.
Potensi kopi robusta di Lampung sangat dikagumi. Pun kopi robusta Lampung sudah mendapatkan Sertifikat Indikasi Geografis tanggal 13 Mei 2014 lalu, dengan lokasi Masyarakat Indikasi Geografis (MIG) di Kabupaten Lampung Barat, Way Kanan, dan Tanggamus, katanya pula.
Menurutnya, di dunia cuma ada tiga negara penghasil kopi robusta, merupakan Indonesia, Vietnam, dan Brazil, sehingga pangsa pasar kopi robusta Lampung masih amat terbuka lebar di pasar Internasional.

Cerita lainnya:  Kopi Lampung Paling Enak Di Lampung Timur

Memilih Kopi Lampung Berkualitas

Pada dasarnya kopi yang mempunyai khasiat yaitu kopi berkualitas yang dipetik merah matang pada batang pohonnya, misalnya seperti produk produk Kopi Merah dari AKL Kopi.
Mengenal Rasa Kopi Lampung Robusta,berbekal wangi-wangian dan rasa yang tepat menjadikan Kopi Lampung memperoleh julukan sebagai salah satu kopi terbaik di Indonesia. Pada tahun 2009, Kopi Lampung Barat mendapatkan gelar sebagai pemenang satu nasional dengan klasifikasi kualitas biji kopi terbaik. Tentu saja, keberhasilan ini menjadi poin tambah bagi masyarakat Lampung Barat pada khususnya untuk memproduksi kopi yang lebih baik sekaligus meningkatkan kesejahteraan mereka.
Kopi Lampung memiliki ciri yang lebih khas sehingga mudah dikenali, ialah warnanya lebih hitam pekat, wangi-wangian pahitnya yang kuat sebab mengandung kafein paling tinggi, serta sedikit rasa asam. Kopi Lampung juga terasa lebih sedap dan beraroma kuat sebab dalam pengerjaan pemupukan tidak mengaplikasikan pupuk kimia dan pestisida, melainkan daun-daun kopi dan rerumputan yang jatuh dan tumbuh di bawahnya, dan terkadang menggunakan pupuk kandang dari kotoran binatang.

Cerita lainnya:  Inilah Kopi Lampung Terenak Yang Diminati Kopi Lampung Terbaik Kemiling

Begitulah sebagian hal yang dapat anda kenal kaitannya dengan Kopi Lampung. Kopi ini memang termasuk dalam macam kopi yang memiliki cita rasa dan juga wangi yang amat kuat. Selain itu , kopi ini juga berbeda dari kopi-kopi pada umumnya. Kopi ini mengandung keasaman yang ideal sehingga juga cukup aman untuk diterapkan.

Mengenal Rasa Kopi Lampung Robusta

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.