Penjual Kopi Lampung Di Lampung Timur AKL Produksi Kopi Lampung di Lampung Barat

Penjual Kopi Lampung Di Lampung Timur AKL Produksi Kopi Lampung di Lampung Barat

Penjual Kopi Lampung Di Lampung Timur AKL Produksi Kopi Lampung di Lampung Barat

Luas perkebunan kopi di Lampung terdokumentasi saat ini menempuh 160 ribu hektare (ha) atau 12,97 persen dari total Banyak wilayah kopi nasional yang menempuh 1,24 juta ha. Ladang kopi terdapat di wilayah Lampung Barat, Tanggamus, Lampung Utara, Pesisir Barat, Lampung Utara, dan Waykanan. Hasil produksi beberapa diekspor ke sebagian negara Eropa, Jepang, Timur Tengah, dan Australia.
Demikian halnya ada antara 147 ribu KK petani yang mengandalkan hidup dari perkebunan kopi. Mereka mampu menciptakan produksi sampai 120 ribu ton per tahun. Bukan cuma berbangga jadi petani, tapi untuk mereka ialah satu kebahagiaan.

Penjual Kopi Lampung Di Lampung Timur AKL Produksi Kopi Lampung di Lampung Barat

Tipe kopi yang dibudidayakan oleh mayoritas petani kopi di tempat Lampung merupakan kopi robusta.
Sebagian besar perkebunan Kopi Lampung di dataran tinggi Lampung ialah perkebunan rakyat yang terkonsentrasi di Kabupaten Lampung Tengah, Lampung Barat, dan Tanggamus.
Kopi Lampung cukup sesuai diklasifikasikan sebagai salah satu kopi terbaik Indonesia. Kopi Lampung tenar karena keistimewaan wewangian dan rasanya yang khas.

Cerita lainnya:  AKL Merek Kopi Lampung Terkenal di Teluk Betung Barat

Tips Racik Kopi Lampung Dari Barista

Penjual Kopi Lampung Di Lampung Timur AKL Produksi Kopi Lampung di Lampung Barat Berdasarkan salah seorang peracik kopi atau barista, Ndharu Alisaputra, kopi barista Lampung memiliki ciri khas dan keunikan jika diperbandingkan dengan kopi robusta asal tempat lain.
“Salah satu ciri khas kopi robusta Lampung ada pada citarasa pahitnya. Tingkat kepahitan kopi robusta Lampung lebih unik dibanding kopi robusta lain. Memang perbandingannya tipis, tetapi jikalau penggemar kopi pasti tahu kelebihan tersebut,” tutur Ndharu, Selasa (11/7/2017).
Ditambahkannya, sekiranya disajikan dengan ideal, kopi robusta Lampung akan terasa jauh lebih nikmat.
“Perbedaan kopi robusta Lampung akan terasa via cara kerja roasting atau panggang. Kalau dipanggang dengan kematangan lebih, kopi robusta akan terasa lebih padat dan sedap, ini yang umumnya membuat kopi robusta Lampung disukai,”katanya.
Kecuali itu, Ndharu mengevaluasi kopi robusta Lampung akan lebih nikmat kalau diberi tahu dalam bentuk espresso atau kopi tubruk.
“Banyak penikmati kopi yang memilih Kopi Lampung diberi tahu dalam bentuk espresso dan kopi tubruk. Dalam sajian ini, aroma dan kenikmatan kopi robusta Lampung memang lebih terasa,” paparnya.-Kupastuntas.co

Cerita lainnya:  Kopi Lampung Asli Di Lampung Timur

Kopi Lampung memang telah tenar, namun ada yang perlu dipandang.
Hal lain yang patut menjadi perhatian pemerintah provinsi yakni bagaimana hasil olahan kopi dikemas dengan bagus. Sehingga, kopi Lampung tidak cuma mempunyai kualitas rasa yang baik, melainkan juga tampilan yang menarik.
Indonesia mempunyai berjenis-jenis jenis kopi dari Aceh sampai Sulawesi. Supaya juga orang-orang tahu kalau Lampung punya kopi yang sedap.

Penjual Kopi Lampung Di Lampung Timur AKL Produksi Kopi Lampung di Lampung Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.