Resep Kopi Mangga Yang Unik, Mudah Dan Nikmat

Resep Kopi Mangga Yang Unik, Mudah Dan Nikmat

Buah mangga adalah salah satu buah yang hampir semua orang suka baik dalam keadaan mentah maupun matang. Selain buah ini enak, buah mangga punya banyak vitamin yang baik buat tubuh. Kali ini AKL mencoba membagikan resep kopi mangga yang punya paduan pas agar rasa kopi dan karakter mangga berbaur menjadi minuman lezat.

Resep kopi mangga ini sebenarnya telah AKL Kopi praktekkan dengan berbagai paduan untuk mencari rasa yang pas. Seperti pemilihan kopi dan tipe brewing yang karakternya bisa mengangkat aroma mangga itu sendiri. Pertama dimulai dengan menggunakan kopi Robusta Lampung Redcherries proses brewing espresso manual menggunakan Rok Presso. Namun, hasil karakter minumannya terlalu tebal di kopi tanpa kesan segar. Yang kedua kami mencoba menggunakan Arabika Mandhelling dengan seduhan V60 untuk air kopinya, lagi-lagi menurut kami rasa kurang pas.

resep kopi

Kami rasa butuh tekanan kopi sedikit untuk memunculkan karakter kopi namun tidak menghilangkan rasa mangga itu sendiri. Karena pada resep ini kami ingin membuat kopi buah yang rasanya jika kita minum menyegarkan seperti es buah di pasaran. Es Buah menurut kami terlalu manis untuk dinikmati dan penuh dengan gula, disitulah kami ingin mengurangi kadar manis dan gula itu dengan paduan kopi.

Butuh Alat Aeropress? Klik Di sini

Yang terakhir menurut kami pas menggunakan tehnik brewing Aeropress, kopi Aceh Gayo medium to dark, grinding fine to medium dan suhu air 70 drajatcelcius. Dalam proses ini hasil seduh kopi punya acidity yang kuat agar dapat menyaingi rasa mangga dan medium to dark bisa mengangkat aroma mangga.

Cerita lainnya:  Resep Kopi COCO Milk Coffee

Untuk mangganya sendiri kami pilih yang sangat matang dan dicincang agar terasa butiran mangga saat disedot bersama kopi. Berikut persiapan resep kopi mangga dan cara pembuatannya.

resep kopi mangga

Bahan Resep Kopi Mangga :

  1. 1 buah mangga cincang halus
  2. 3 sdt gula putih cairkan dengan air panas
  3. 100ml susu cair
  4. Es Batu secukupnya
  5. Air Kopi seduh Aeropress 200ml

Cara Penyajian

  1. Masukkan mangga ke dalam gelas
  2. Masukkan Es batu sampai setengah gelas
  3. Masukkan gula cair
  4. Siram dengan kopi yang telah diseduh
  5. Kocok susu dan tuangkan ke atas kopi

Kini Es Kopi Mangga bisa dinikmati dengan kesegaran yang pas. Seduhan AKL Gayo Arabika yang punya citrus baik dan ketajaman bitter mengangkat aroma dan rasa manis mangga menjadi karamel. Bagi anda yang tidak suka susu bisa menggantinya dengan krimer atau hanya kopi dan mangga pun sudah enak.

Karbohidrat, Protein, Vitamin A, Thiamine, Beta Keroten, Kalsium, Kalium, Fosfor, Vitamin C dan Asam Pantotenat pada mangga berpadu dengan Kopi AKL cukup memberikan manfaat tubuh yang baik. Diantaranya, bisa mencegah kamu terserang dehidrasi ketika seharian menjalani aktivitas yang menguras keringat.

Cerita lainnya:  KOMAD "Kopi Madu"

Selamat Mencoba….

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.