Kopi Bikin Asam Lambung, Begini Cara Mengatasinya

Kopi Bikin Asam Lambung, Begini Cara Mengatasinya

Kopi Bikin Asam Lambung, Begini Cara Mengatasinya

Memilih Kopi yang Aman untuk Lambung tentu benar-benar penting, terlebih bagi penderita penyakit maag. Hal ini tentu disebabkan kopi mengandung kafein yang dapat memicu kenaikan asam lambung. Memilih kopi yang tepat wajib menjadi perhatian, sebab di jaman ini minum kopi tak cuma menjadi hobi, namun juga menjadi isu terkini gaya hidup yang terus diminati.

Kopi Bikin Asam Lambung, Begini Cara Mengatasinya

Lambung bisa saja mengalami peningkatan produksi asam lambung karena kopi familiar dengan kafeinnya. Kecuali itu, semakin pekat kopi maka kian beresiko pula meningkatkan produksi asam lambung.

Sebagian masyarakat Indonesia memiliki kultur mengkonsumsi secangkir kopi di pagi hari dan ini dapat dibilang patut, serta menjadi komponen dari rutinitas sebelum mengerjakan aktivitas pagi. Namun, banyak para penderita maag tidak berani untuk meminum kopi dan akhirnya tidak bisa mencicipi nikmatnya minuman ini. Kalau diteliti lebih lanjut, pernyataan ini masih dalam kategori kontroversial karena masih belum jelas adanya kekerabatan konsumsi kopi dan juga keluhan gastrointestinal atau saluran pencernaan. Memang benar tidak bisa dielakkan seandainya bagian dari kafein yang terdapat di dalam kopi mempunyai kesempatan untuk bisa meningkatkan kadar asam yang ada di lambung. Namun, sekiranya Anda rupanya mempunyai gangguan maag segera merasa tak berkeinginan mencoba minuman ini sebaiknya beranikanlah Kata dr. Nitish Basant Adnani, BmedScs sebelum menjalankan kesibukan pagi.,

Cerita lainnya:  Amankah Kopi Sebagai Obat Maag

Maag lebih bisa diperparah seandainya saat minum kopi ditambah dengan merokok, menurut departemen kesehatan RI Efek rokok pada saluran gastrointdstinal antara lain melemahkan katup esofagus dan pilorus, meningkatkan refluks, merubah situasi alami dalam lambung, menghalangi sekresi bikarbonat pankreas, mempercepat pengosongan cairan lambung, dan menurunkan pH duodenum. Maka amat dianjurkan untuk tak mengisap rokok dikala minum kopi.

Ada hal menarik yang dianjurkan oleh dokter spesialis penyakit dalam Annisa Maloveny.

“Kopi dingin lebih bagus bagi penderita asam lambung karena zat yang menyebabkan asam lambung tidak ada atau berkurang. Jadi enggak apa-apa, malahan bagus,” ujar dr Annisa Maloveny SpPD, dalam sebuah acara beberapa waktu lalu.

Asam yang terdapat dalam kopi dingin lebih rendah dibandingkan pada kopi panas. Ini yang membuat penderita asam lambung masih dapat menikmati kafein dari secangkir kopi.

Kecuali itu, air panas yang diterapkan untuk menyeduh kopi bisa mengeluarkan asam yang lebih pekat dari biji kopi. Walaupun, es batu akan lebih mengencerkan konsentrat kopi sehingga rasanya akan ramah di perut penderita asam lambung.

Dr Annisa juga menyarankan supaya kopi dapat dinikmati satu atau dua jam setelah makan. Pastikan perut tidak dalam kondisi kosong karena bisa meningkatkan produksi asam lambung.

“Kopi dapat meningkatkan produksi asam lambung sehingga dianjurkan jangan mengonsumsinya ketika perut dalam keadaan kosong. Konsumsi kopi sebaiknya satu atau dua jam setelah makan,” rekomendasi dr Annisa.

Popsugar.com

wikipedia.com

Tempo.co

Alodokter.com

tcsc-indonesia.org

Merdeka.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.