Pabrik Kopi Lampung di Way Mengaku-Lambar

Pabrik Kopi Lampung di Way Mengaku-Lambar

Pabrik Kopi Lampung di Way Mengaku-Lambar

Lebar ladang kopi di Lampung terdaftar ketika ini menempuh 160 ribu hektare (ha) atau 12,97 persen dari total Lebar daerah kopi nasional yang menempuh 1,24 juta ha. Kebun kopi tersebar di Kabupaten Lampung Barat, Tanggamus, Lampung Utara, Pesisir Barat, Lampung Utara, dan Waykanan. Hasil produksi beberapa diekspor ke beberapa negara Eropa, Jepang, Timur Tengah, dan Australia.
Demikian halnya ada kurang lebih 147 ribu KK petani yang mengandalkan hidup dari perkebunan kopi. Mereka cakap menghasilkan produksi sampai 120 ribu ton per tahun. Bukan hanya bangga jadi petani, melainkan untuk mereka ialah suatu kebahagiaan.

Pabrik Kopi Lampung di Way Mengaku-Lambar

Kopi Robusta merupakan bagian dari cerita kehidupan yang tak terpisahkan dari kabupaten Lampung Barat. Ada ribuan masyarakat nya yang meneruskan adat istiadat sebagai petani pekebun kopi robusta. Mereka melalui bermacam-macam pergantian musim dan merasakan tipe kisah hidup di sela~sela ribuan batang kopi. Buah kopi juga bercerita seperti disimbolkan dalam wujud jumlah biji kopi sebanyak 24(dua puluh empat) buah dengan daunnya 9 lembar yang bermakna tanggal 24 bulan September sebagai hari jadi kabupaten Lampung Barat.

Cerita lainnya:  AKL Biji Kopi Shopee Terlaris

Tips Racik Kopi Lampung Dari Barista

Pabrik Kopi Lampung di Way Mengaku-Lambar Menurut salah seorang peracik kopi atau barista, Ndharu Alisaputra, kopi barista Lampung memiliki ciri khas dan keunikan bila diperbandingkan dengan kopi robusta asal tempat lain.
“Salah satu ciri khas kopi robusta Lampung ada pada citarasa pahitnya. Tingkat kepahitan kopi robusta Lampung lebih unik dibanding kopi robusta lain. Memang perbandingannya tipis, namun apabila penggemar kopi pasti tahu kelebihan hal yang demikian,” tutur Ndharu, Selasa (11/7/2017).
Ditambahkannya, apabila diberi tahu dengan ideal, kopi robusta Lampung akan terasa jauh lebih sedap.
“Perbedaan kopi robusta Lampung akan terasa melalui pengerjaan roasting atau panggang. Sekiranya dipanggang dengan kematangan lebih, kopi robusta akan terasa lebih padat dan sedap, ini yang lazimnya membuat kopi robusta Lampung disukai,”katanya.
Selain itu, Ndharu menilai kopi robusta Lampung akan lebih nikmat jika diperkenalkan dalam bentuk espresso atau kopi tubruk.
“Banyak penikmati kopi yang memilih Kopi Lampung diberi tahu dalam wujud espresso dan kopi tubruk. Dalam sajian ini, wewangian dan kenikmatan kopi robusta Lampung memang lebih terasa,” paparnya.-Kupastuntas.co

Cerita lainnya:  Meracik Kopi Lampung Kopi Lampung Kekinian

Karenanya tak aneh bahwa Kopi Lampung kini banyak peminatnya bahkan dari luar negeri sekali bahkan. Bagi warga Lampung Barat tentu semestinya bangga dan tak lupa menikmati single origin asli Lampung Barat ini. Tak lupa juga untuk membeli kopi ini dan menikmatinya di rumah, lebih tepat lagi apabila cuaca Liwa sedang dingin atau hujan.

Pabrik Kopi Lampung di Way Mengaku-Lambar

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.