Hubungan Antara Efek Kopi Ke Lambung Apa Sebabnya

Hubungan Antara Efek Kopi Ke Lambung Apa Sebabnya

Hubungan Antara Efek Kopi Ke Lambung Apa Sebabnya

Hubungan Antara Efek Kopi Ke Lambung Apa Sebabnya, Tidak sedikit yang bilang kalau orang memiliki penyakit maag maka tak boleh meminum kopi. Biasanya karena persoalan kandungan kafein yang mempunyai potensi untuk dapat meningkatkan asam lambung. Apakah ini fakta?

Hubungan Antara Efek Kopi Ke Lambung Apa Sebabnya

Di sisi lain, kafein juga membuat sfingter esophagus komponen bawah menjadi rileks. Sfingter esophagus yaitu jaringan otot berbentuk seperti cincin yang mesti bekerja sebagai katup agar asam lambung tak naik ke kerongkongan. Banyak berita yang menganjurkan penderita mag untuk mengonsumsi kopi non-kafein, supaya terhindar dari nyeri lambung.

Beberapa masyarakat Indonesia mempunyai tradisi mengkonsumsi secangkir kopi di pagi hari dan ini bisa dibilang patut, serta menjadi komponen dari rutinitas sebelum melakukan aktivitas pagi. Namun, banyak para penderita maag tidak berani untuk meminum kopi dan akhirnya tidak dapat mencicipi nikmatnya minuman ini. Bila diteliti lebih lanjut, pernyataan ini masih dalam kelompok kontroversial karena masih belum terang adanya hubungan konsumsi kopi dan juga keluhan gastrointestinal atau saluran pencernaan. Memang benar tidak dapat dielakkan jika bagian dari kafein yang terdapat di dalam kopi mempunyai peluang untuk bisa meningkatkan kadar asam yang ada di lambung. Namun, seandainya Anda ternyata mempunyai gangguan maag langsung merasa tidak mau mencoba minuman ini sebaiknya beranikanlah Kata dr. Nitish Basant Adnani, BmedScs sebelum mengerjakan aktivitas pagi.,

Cerita lainnya:  Fakta Kegunaan Minum Kopi Item Untuk Asam Urat

Bagi seorang yang memiliki dilema kesehatan saat minum kopi mesti memandang dosisnya. Bagi orang yang tak memiliki dilema kesehatan, standar aman minum kopi ialah boleh hingga 360 mg atau sekitar 4 cangkir. Melainkan, untuk penderita maag atau darah tinggi, sebaiknya kurang dari itu.

Sistem menghindari efek buruk kafein
Untuk meminimalisir efek buruk dari kafein, dr. Annisa mengimbau untuk mengkonsumsi kopi dalam batas aman, yaitu dibawah tiga gelas perhari.

-Menurut penelitian, batas aman asupan kafein per harinya 300-400mg. Sebaiknya konsumsi di bawah 300mg. Dalam segelas kopi, umumnya kafeinnya sebanyak 100mg,- jelas ia.

Hal ini menampakkan bahwa dalam sehari, idealnya minum kopi adalah kurang dari tiga gelas per hari dan ukuran gelas kopi yang digunakan biasanya antara 200 ml hingga 240 ml.

Selain itu, dr. Annisa juga mengingatkan untuk melihat faktor lainnya pula. Sebaiknya minum kopi sesudah makan supaya perut terisi, minimal satu jam setelah makan. Hal ini untuk menghindari naiknya asam lambung, ucap dokter berhijab ini.

Unsur lain yang perlu diperhatikan adalah untuk memenuhi kebutuhan minum air putih tiap harinya.

-Kopi bersifat diuretik, yaitu melancarkan urine. Jikalau tak minum air putih, orang yang gemar minum kopi bisa terkena dehidrasi,- pungkasnya.

Popsugar.com

wikipedia.com

Klikdokter.com

Alodokter.com

tcsc-indonesia.org

Merdeka.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.