KUR

Pilih jumlah dan jangka waktu pinjaman

Rupiah
Bulan
Metode terima uang

Klik untuk pinjaman

Ajukan pinjaman kredit usaha rakyat super mikro Bank BRI lengkap dengan syarat pinjaman 2022

Upah

Gaji minimal 3 juta/ bulan

Rate Bunga

0, 5% / hari

Umur anda

Berusia 21 tahun

Ajukan pengajuan KUR Bank Jateng di 2022

Upah

6 bulan usaha berjalan minimum

Rate Bunga

Suku bunga dari 3 - 5% / bulan

Umur anda

Batas usia 21 tahun

Dapatkan pengajuan KUR BNI Syariah online di 2022

Upah

Usaha berjalan min 6 bulan

Rate Bunga

Dari 3% / bulan

Umur anda

Berusia 21 tahun

Cara pengajuan kredit usaha rakyat BCA online tanpa jaminan di 2022

Upah

Batas minimum usaha berjalan 6 bulan

Rate Bunga

Bunga mulai dari 1.59% per bulan

Umur anda

Min usia 21 thn

Cara daftar KUR super mikro BRI Syariah online di 2022

Upah

6 bulan minimum usaha

Rate Bunga

Bunga mulai dari 0.88% per bulan

Umur anda

Batas usia 21 tahun

Cara daftar KUR Mandiri Syariah online tanpa jaminan beserta tabel KUR di 2022

Upah

Minimum usaha berjalan 6 bulan

Rate Bunga

Mulai dari 0.79% per bulan

Umur anda

min usia 21 tahun

Cara pengajuan Kredit usaha rakyat BRI dengan pinjaman BRI 50 -100 jt di 2022

Upah

Min usaha 6 bulan

Rate Bunga

Bunga 2.5%

Umur anda

Berusia 21 tahun

Kembangkan Usaha dengan Layanan Pinjaman KUR

KUR adalah salah satu bentuk dukungan dari pemerintah bagi masyarakat yang membangun usaha. Melihat antusiasme masyarakat, pemerintah turut memberikan dukungan. Karena, semakin banyak usaha masyarakat yang berkembang dengan baik, maka perekonomian nasional juga turut membaik.

Sekilas Tentang KUR

KUR adalah layanan kredit yang diberikan pemerintah melalui pihak bank pada para pelaku usaha mikro kecil, menengah dan koperasi. Usaha pendanaan ini meliputi berbagai jenis usaha, khususnya di bidang usaha yang produktif seperti perindustrian dan perikanan. 

Tidak hanya itu, program ini juga dibuka untuk jenis usaha pertanian, kehutanan, kelautan, hingga usaha jasa simpan pinjam. Dengan adanya pembiayaan pada berbagai jenis usaha ini, pemerintah berharap masyarakat dapat merasakan banyak kemudahan dari program tersebut pinjaman KTA tanpa kartu kredit.

Tujuan dari Adanya KUR

Program pendanaan dari pemerintah ini dikhususkan untuk UMKMK, menciptakan banyak lapangan pekerjaan untuk memberantas kemiskinan. Karena hal tersebut, pemerintah menerapkan beberapa kebijakan perihal program KUR untuk memberdayakan UMKM di pinjaman online bunga rendah.

Beberapa kebijakan pengembangan tersebut adalah pengembangan kewirausahaan, upgrading akses pada sumber keuangan serta pasar produk UMKMK dan reformasi regulasi.

Jenis KUR yang Dapat Dipilih Penggiat Usaha Mikro

Kredit usaha rakyat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan peruntukannya. program pendanaan ini terdiri dari 3 jenis, yaitu KUR Mikro, retail dan TKI. Kredit usaha mikro merupakan kredit usaha yang berfokus pada usaha berskala kecil, dengan maksimal jumlah bantuan sebesar Rp25 juta. jenis usaha mikro ini harus produktif dan memiliki kelayakan profit, sehingga nantinya bisa membayar cicilan per bulan atau tahunnya.

Kemudian terdapat kredit usaha retail yang memiliki maksimal jumlah pinjaman dana KUR sebesar Rp500 juta. Jenis bantuan ini biasanya diberikan oleh pemerintah pada para pengusaha dari kaum menengah dan memiliki agunan.

Jenis kredit usaha TKI diperuntukan bagi para WNI yang bekerja di luar negeri. Dana ini berikan oleh pemerintah sebagai modal awal para TKI untuk membangun usaha. jumlah pinjaman yang bisa didapat adalah Rp25 juta.

Syarat-Syarat untuk Buat KUR

Berdasarkan pengertian KUR tentu bisa diketahui betapa pentingnya bantuan ini bagi pengembangan usaha. Jika Anda merupakan seorang pelaku usaha mikro, bantuan ini bisa dimanfaatkan untuk membuat usaha semakin lebih maju. Untuk bisa mendapatkan bantuan tersebut, Anda perlu memenuhi beberapa requirement penting.

Persyaratan umum untuk bisa memperoleh KUR 2021 adalah, UMKMK tidak sedang menerima bantuan/kredit dari bank atau government programme. Selain itu, calon penerima harus memiliki izin dan dokumen legal. Dokumen tersebut berupa identitas customer, surat legalitas dan perizinan usaha, financial report, serta bukti agunan.

Cara Daftar KUR

Pertama-tama, UMKMK harus mengajukan surat permohonan pinjaman pada pihak bank dengan melampirkan dokumen-dokumen persyaratan yang telah disiapkan. Pengajuan KUR online bisa dilakukan melalui website resmi dari pihak penyalur yang dituju. Jika sudah melakukan registrasi, Anda tinggal menunggu keputusan dari pihak penyalur.

Bunga KUR yang ditentukan oleh setiap bank penyalur tentu berbeda-beda, sesuai dengan kebijakan masing-masing. Namun kini tersedia pinjaman kredit usaha dengan dana sebesar Rp100 juta dengan bunga 3%.

Langkah-Langkah untuk Mendapat Pinjaman KUR

Terdapat beberapa proses yang perlu dilalui sebelum seorang pelaku usaha bisa mendapatkan bantuan pinjaman ini. Pertama, usaha yang dimiliki harus memenuhi syarat produktif dan layak. Dalam hal ini, pihak bank penyalur dana akan langsung melakukan penilaian kelayakan terhadap usaha Anda. 

Jika usaha telah sesuai dengan persyaratan kelayakan dan produktif, maka selanjutnya Anda perlu dilakukan persiapan dokumen usaha. Apabila letak tempat usaha berbeda dengan letak tempat tinggal, maka Anda perlu menyiapkan surat keterangan domisili. 

Siapkan juga laporan keuangan bulanan maupun tahunan serta surat proposal pengajuan KUR pada pihak bank yang dituju. Setiap bank memiliki kebijakannya masing-masing, sehingga nantinya Anda perlu mengikuti seluruh policy dari bank tersebut.

Langkah berikut untuk membuat KUR adalah memberikan seluruh dokumen tersebut pada pihak bank yang dituju. Setelah semua persyaratan administratif sudah lengkap, pihak bank akan datang ke tempat usaha Anda. 

Kedatangan pihak bank ini bertujuan untuk mengecek kelayakan usaha untuk mendapat bantuan. Ulasan ini hanya bersifat general. Jika memerlukan informasi lebih lanjut, Anda bisa memperolehnya dari laman resmi dari bank penyalur dana yang telah dipilih.