AKL Merk Kopi Lampung Terkenal di Lampura

AKL Merk Kopi Lampung Terkenal di Lampura

AKL Merk Kopi Lampung Terkenal di Lampura

Tidak mengherankan seandainya keberadaan kedai kopi semakin meningkat dan tersebar di hampir seluruh penjuru Indonesia, karena ialah tanah air penghasil kopi terbanyak ketiga di dunia. Kopi Robusta dan Arabika adalah ragam kopi domestik yang acap kali diekspor dan familiar di semua benua. Beberapa negara yang menjadi tujuan utama ekspor kopi Nusantara yakni Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Italia, dan Inggris. Maka dari itu, menjadi warga Indonesia, Anda semestinya bangga dan mencintai produk sendiri dengan mengonsumsi sajian kopi tanah air yang terdiri dari jenis variasi yang tersebar di tiap-tiap daerah di negeri ini.

AKL Merk Kopi Lampung Terkenal di Lampura

Kopi jenis robusta yang dibuat dari propinsi Lampung ialah salah satu andalan export Indonesia. Kopi bubuk robusta lampung ini dapat Anda cari sejatinya ada empat ragam, Adalah:
Kopi Lampung campuran coklat, beras, jagung
Karakter rasa lazimnya terdapat wewangian susu, seduhan tidak berkrema dan tak dapat dirasakan dikala kopi sudah dingin atau dengan air es.
Kopi Lampung Murni Asalan Atau Bukan Grade 1 Dengan karakter rasa tanpa krema, asam, getir tanah basah dengan aroma tajam.
Kopi Lampung pilihan grade 1 dari petani. Kesan Pertama Aromanya coklat, seduhan berkrema, body tebal, asam sangat rendah. Kopi ini bisa dinikmati ketika kopi sudah dingin ataupun menggunakan es.
Kopi Lampung petik merah dengan karakter rasa aroma kacang, coklat, karamel, low body, asam buah segar. Biasanya kopi jenis ini semakin nikmat ketika kopi sudah dingin dan bisa langsung diseduh menggunakan es.

Cerita lainnya:  Cari Kopi Lampung Berkualitas Sukarame

Sejarah Kopi Lampung
Budidaya kopi di Lampung Barat mengalami pertumbuhan kencang pada dekade 70an dan 80an. Analisis terhadap perubahan penggunan lahan, menampakkan bahwa luas kawasan berhutan di daerah itu menurun cukup tajam pada dua dekade hal yang demikian, yaitu dari 60% pada tahun 1970 menjadi 13% pada tahun 1990 (Ekadinata, 2002). AKL Merk Kopi Lampung Terkenal di Lampura,Selain menarik adalah bahwa penurunan luas wilayah berhutan demikian diikuti oleh perluasan kebun kopi, pun di dalam wilayah hutan lindung dan taman nasional. itu, perluasan tersebut berlangsung seiring “dengan membaiknya harga kopi dunia pada waktu itu (Harga kopi robusta pada tahun 1970 dan 1980 mencapai masing-masing US $3.26 per kg dan US $ 4.12/kg (IBRD/The Word Bank 2003. p 276).
Dalam perkembangannya, terjadi perubahan pola budidaya kopi sejalan dengan naiknya jumlah penduduk migran dari Jawa dan daerah-tempat lain di Provinsi Lampung, di daerah ini. Pada tahun 1920an dengan masuknya tenaga kerja perempuan suku Jawa guna pemeliharaan kebun kopi, para pembimbing pengusahaan kopi di Sumberjaya terpacu untuk memperluas ladang kopi dengan membuka hutan di Sumberjaya (Benoit et al., 1989). Pada permulaan tahun 1950an Sumberjaya menjadi daerah target agenda transmigrasi dari Biro Rekonstruksi Nasional yang memindahkan veteran perang kemerdekaan dari Jawa Barat (Kusworo, 2000). Pemindahan veteran perang ini kemudian ditiru oleh gelombang perpindahan impulsif dari Jawa dan tempat lain di dan sekitar propinsi Lampung. Para mantan pejuang perang dan para migran instingtif tersebut memberikan kontribusi yang berguna dalam perluasan perkebunan kopi rakyat dan pengembangan teknologi budidaya kopi di tempat ini. Seperti misalnya, teknik bercocok tanam kopi yang lebih stabil dengan sistem pengolahan tanah yang lebih bagus (penguasaan gulma dan pemupukan) dan pemeliharaan tanaman kopi (pemangkasan, potong tunas dan lain sebagainya).

Cerita lainnya:  Cari Kopi Lampung Berkualitas Liwa

Lampung memang betul-betul menakjubkan kopinya, pun salah satu brand yang sudah mendunia seperti “Nescafe” berasal dari Lampung. Untuk itu dibutuhkan promosi yang kencang. Sehingga masyarakat Indonesia mengenal bahwa Provinsi Lampung yakni salah satu sentra kopi di Indonesia.

AKL Merk Kopi Lampung Terkenal di Lampura

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.