Cari Kopi Sumatera Di Rajabasa

Cari Kopi Sumatera Di Rajabasa

Cari Kopi Sumatera Di Rajabasa

Propinsi Lampung selain memiliki kekayaan rempah-rempah, dan penghasil kopi robusta peringkat ke 4 di dunia. Predikat bergengsi hal yang demikian diukur berdasarkan kuantiti yang dijadikan. Brazil, Vietnam dan Kolombia menempati posisi di atasnya.
Kabupaten Lampung Barat adalah yang terbesar penyumbang ekspor kopi robusta. Wajar apabila ada slogan “Bicara kopi, ingat Lampung Barat”. Lampung Barat adalah penyuplai 38 persen green bean di Lampung dan masuk 7 persen secara nasional.

Cari Kopi Sumatera Di Rajabasa

Kopi ragam robusta yang diwujudkan dari kawasan Lampung merupakan salah satu andalan export Indonesia. Kopi bubuk robusta lampung ini dapat Anda cari sejatinya ada empat ragam, Adalah:
Kopi Lampung campuran coklat, beras, jagung
Karakter rasa umumnya terdapat aroma susu, seduhan tidak berkrema dan tidak dapat dinikmati ketika kopi sudah dingin atau dengan air es.
Kopi Lampung Murni Asalan Atau Bukan Grade 1 Dengan karakter rasa tanpa krema, asam, getir tanah basah dengan aroma tajam.
Kopi Lampung pilihan grade 1 dari petani. Kesan Pertama Aromanya coklat, seduhan berkrema, body tebal, asam sangat rendah. Kopi ini bisa dinikmati ketika kopi sudah dingin ataupun menggunakan es.
Kopi Lampung petik merah dengan karakter rasa aroma kacang, coklat, karamel, low body, asam fruitty. Biasanya kopi jenis ini semakin enak ketika kopi sudah dingin dan dapat langsung diseduh menggunakan es.

Cerita lainnya:  Pesan Kopi Lampung Di Teluk Betung Selatan

Tips Racik Kopi Lampung Dari Barista

Cari Kopi Sumatera Di Rajabasa Menurut salah seorang peracik kopi atau barista, Ndharu Alisaputra, kopi barista Lampung memiliki ciri khas dan keunikan kalau diperbandingkan dengan kopi robusta asal tempat lain.
“Salah satu ciri khas kopi robusta Lampung ada pada citarasa pahitnya. Tingkat kepahitan kopi robusta Lampung lebih unik dibanding kopi robusta lain. Memang perbandingannya tipis, tetapi bila penggemar kopi pasti tahu kelebihan tersebut,” tutur Ndharu, Selasa (11/7/2017).
Ditambahkannya, jikalau dipersembahkan dengan ideal, kopi robusta Lampung akan terasa jauh lebih nikmat.
“Perbedaan kopi robusta Lampung akan terasa melewati pelaksanaan roasting atau panggang. Apabila dipanggang dengan kematangan lebih, kopi robusta akan terasa lebih padat dan nikmat, ini yang umumnya membikin kopi robusta Lampung disukai,”katanya.
Selain itu, Ndharu mengevaluasi kopi robusta Lampung akan lebih enak jikalau diperkenalkan dalam wujud espresso atau kopi tubruk.
“Banyak penikmati kopi yang memilih Kopi Lampung disajikan dalam format espresso dan kopi tubruk. Dalam sajian ini, wangi-wangian dan kenikmatan kopi robusta Lampung memang lebih terasa,” paparnya.-Kupastuntas.co

Cerita lainnya:  Cari Kopi Lampung Paling Enak Liwa

Lampung memang sungguh-sungguh memukau kopinya, malahan salah satu brand yang sudah mendunia seperti “Nescafe” berasal dari Lampung. Untuk itu dibutuhkan promosi yang gemanya lebih besar. Sehingga orang Indonesia mengetahui bahwa Provinsi Lampung yakni salah satu sentra kopi nusantara.

Cari Kopi Sumatera Di Rajabasa

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.