Jual Kopi Lampung Di Teluk Betung UtaraPattallassang

Jual Kopi Lampung Di Teluk Betung UtaraPattallassang

Jual Kopi Lampung Di Teluk Betung UtaraPattallassang

Sejak 5 tahun yang lalu, popularitas wirausaha kopi di Lampung terus mengalami peningkatan yang besar, minum kopipun tak menjadi sekedar keperluan, dia menjelma semacam tren hidup. Bagi beberapa besar masyarakat Lampung, ngopi adalah seperti pekerjaan yang tak boleh dilupakan sebelum melaksanakan ritual lainya. Nongkrong di toko kopi menjadi kesepakatan tak tertulis secara turun-temurun dan menjadi kebiasaan dikalangan masyarakat Lampung di Kota hingga Desa.

Jual Kopi Lampung Di Teluk Betung UtaraPattallassang

Demikian halnya kopi robusta Lampung mempunyai kekhasan cita rasa yang tersendiri dari kopi tipe serupa dari tempat lain. Kopi Robusta (Coffea canephora) mayoritas dibudidayakan para petani kopi di Lampung, dan hanya sebagian kecil yang membudidayakan kopi Arabika (Coffea arabica).
“Dengan produksi yang cukup besar, mempunyai cita rasa yang khas, serta puluhan ribu petani yang menggantungkan hidup dari komoditi andalan Provinsi Lampung itu mesti juga dilestarikan sebagai salah satu warisan tradisi Indonesia,” kata Asisten Deputi Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Magdalena, di Bandarlampung, Kamis (19/11).
Dia menyebutkan, kopi robusta Lampung segera dicanangkan menjadi salah satu warisan kebiasaan Indonesia.

Cerita lainnya:  Kopi Lampung Paling Enak Belalau

Tips Racik Kopi Lampung Dari Barista

Jual Kopi Lampung Di Teluk Betung UtaraPattallassang Menurut salah seorang peracik kopi atau barista, Ndharu Alisaputra, kopi barista Lampung memiliki ciri khas dan keunikan kalau dibandingi dengan kopi robusta asal daerah lain.
“Salah satu ciri khas kopi robusta Lampung ada pada citarasa pahitnya. Tingkat kepahitan kopi robusta Lampung lebih unik dibanding kopi robusta lain. Memang perbandingannya tipis, tetapi seandainya penggemar kopi pasti tahu kelebihan hal yang demikian,” tutur Ndharu, Selasa (11/7/2017).
Ditambahkannya, jika diperkenalkan dengan tepat, kopi robusta Lampung akan terasa jauh lebih enak.
“Perbedaan kopi robusta Lampung akan terasa lewat pengerjaan roasting atau panggang. Sekiranya dipanggang dengan kematangan lebih, kopi robusta akan terasa lebih padat dan nikmat, ini yang lazimnya membuat kopi robusta Lampung disukai,”katanya.
Kecuali itu, Ndharu menilai kopi robusta Lampung akan lebih nikmat bila diberi tahu dalam bentuk espresso atau kopi tubruk.
“Banyak penikmati kopi yang memilih Kopi Lampung disampaikan dalam wujud espresso dan kopi tubruk. Dalam sajian ini, wangi-wangian dan kenikmatan kopi robusta Lampung memang lebih terasa,” paparnya.-Kupastuntas.co

Cerita lainnya:  Inilah Kopi Lampung Terenak Yang Diminati Kopi Lampung Terbaik Kemiling

Kopi Lampung memang telah familiar, melainkan ada yang perlu diperhatikan.
Hal lain yang seharusnya menjadi perhatian pemerintah provinsi ialah bagaimana hasil produksi kopi dikemas dengan bagus. Sehingga, kopi Lampung tak hanya mempunyai kwalitas rasa yang baik, melainkan juga tampilan yang menarik.
Indonesia mempunyai pelbagai ragam kopi dari Aceh hingga Sulawesi. Supaya juga orang-orang tahu apabila Lampung punya kopi yang enak.

Jual Kopi Lampung Di Teluk Betung UtaraPattallassang

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.