Festival Kopi Lampung Barat 2018

Festival Kopi Lampung Barat 2018

Atmosfer dunia perkopian saat ini memang sedang memanas terutama di negeri kita tercinta Indonesia. Semangat untuk memajukan perkopian indonesia tidak hanya di kota-kota besar, beberapa daerah dan kabupaten di Indonesia hampir semuanya ikut andil untuk berlomba mengenalkan khasnya.

Begitupun Kabupaten Lampung Barat yang menjadi pumpunan penghasil kopi robusta terbesar di provinsi Lampung sekitar 57.664 Ton produksi pertahunnya. Saat ini Pemda Lambar nyatanya telah serius untuk mendukung perkopian seperti mengadakan acara-acara khusus kopi, bantuan perkebunan, program kebaristaan, dan sebagainya. Langkah-langkah kecil tersebut tentu sangat membantu untuk membangun hal yang besar bagi masyarakat lampung barat.

Cerita lainnya:  6 Kesalahan Saat Ngopi Yang Harus Dirubah

Pada tanggal 21-23 juli 2018 akan diselenggarakan Festival Kopi Lampung barat 2018. Ini merupakan festival yang pertama kalinya diadakan oleh Pemerintah Daerah Lampung Barat yang berskala nasional. Dalam agendanya, acara ini akan dihadiri oleh orang nomor satu di Indonesia yaitu Bpk. Presiden Jokowi dan beberapa kementrian pusat.

Menariknya, festival kopi ini tidak digelar umumnya didaerah perkotaan yang serba mewah. Acara ini ditempatkan pada pusat perkebunan kopi yaitu di Kampung Kopi Pekon Rigisjaya. Jadi bagi para tamu akan benar-benar merasakan bagaimana suasana panen raya kebun kopi ketika ini. Harum buah kopi dan udara segar bisa dinikmati bersama seduhan kopi para Barista. Bagi yang ingin menginap disediakan homestay di rumah-rumah warga dan cobalah anda menjadi petani dalam 2 hari seperti memutil dan menjemur kopi.

Festival Kopi
@Humas Lambar

Beberapa Agenda Festival Kopi dan Misinya

Serangkaian acara dalam festival ini akan diadakan diantaranya seminar, round table, bazar kopi, launching kampung kopi, panen rayam barista competition, lomba photography, lomba lukis ampas kopi dan klinik kopi.

Festival kopi ini sebenarnya tidak hanya memamerkan perkebunan kopi yang menjadi icon dan budaya masyarakat lampung barat turun-temurun, namun juga banyak sasaran lainnya. Seperti harapan utama pada nilai jual robusta yang bisa membaik dengan menaiknya kualitas kopinya. Betapa tidak, robusta lampung barat kian menjadi dilema ketika sebuah kualitas dihargai sama dengan yang tidak berkualitas.

Cerita lainnya:  Pentingnya Kopi Robusta Dengan Uji Citarasa

Maka dari itu, beberapa industri kopi akan memamerkan fine robusta dengan pengolahan pasca panen agar berkualitas specialty dan diracik oleh barista menjadi minuman kopi robusta yang tidak kalah enak dengan arabika. Saat ini fine robusta sudah ada yang mengolahnya dengan sistem natural, semi washed (honey), full wahsed bahkan winey robusta, penasaran untuk mencobanya?

Dengan adanya pengolahan robusta dan citarasa yang berkualitas, kopi robusta lampung barat bisa memasuki pasar specialty. Tercatat robusta lambar pernah memenangkan juara lomba citarasa kopi indonesia beberapa kali. Di sini lagi-lagi ujung tombak nilai jual menjadi harapan para industri kopi.

Jika anda pecinta kopi, cobalah untuk datang dan menikmati kopi kami warga lampung barat yang turun temurun menjadi pelayan kopi untuk Indonesia dan dunia. Belum lagi robusta yang dipamerkan di festival ini banyak variasi kualitas citarasanya. Menyeduh kopi, mencicip, menikmatinya di tengah bau harum bunga kopi apakah anda menginginkannya?

Agenda Terbaru

FESTIVAL KOPI LAMPUNG BARAT 2018

Tanggal 21-23 juli 2018

Lokasi :

Kampung Kopi

Pekon Rigisjaya

Kec. Airhitam

Lampung Barat

Festival Kopi
Credit Humas Lambar

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.