Gudang Kopi Lampung

Gudang Kopi Lampung

Gudang Kopi Lampung

Sejak 5 tahun yang dahulu, popularitas bisnis kopi di Lampung terus mengalami perkembangan yang tajam, minum kopipun tidak menjadi sekadar keperluan, ia menjelma sebagai tren hidup. Bagi sebagian besar masyarakat Lampung, minum kopi adalah seperti aktivitas yang tak bisa dilupakan sebelum melakukan pekerjaan lainya. Nongkrong di toko kopi menjadi kesepakatan tak tertulis secara turun-temurun dan menjadi kebiasaan dikalangan masyarakat Lampung di Kota sampai Desa.

Gudang Kopi Lampung

Demikian halnya kopi robusta Lampung memiliki keunikan cita rasa yang tersendiri dengan kopi tipe serupa dari daerah lain. Kopi Robusta (Coffea canephora) mayoritas dibudidayakan para petani kopi di Lampung, dan hanya sebagian kecil yang membudidayakan kopi Arabika (Coffea arabica).
“Dengan produksi yang cukup besar, memiliki cita rasa yang khas, serta puluhan ribu petani yang menggantungkan hidup dari komoditas andalan Provinsi Lampung itu patut juga dilestarikan sebagai salah satu warisan adat istiadat Indonesia,” kata Asisten Deputi Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Magdalena, di Bandarlampung, Kamis (19/11).
Dia menyebutkan, kopi robusta Lampung segera dicanangkan menjadi salah satu warisan adat istiadat Indonesia.

Cerita lainnya:  Penjual Kopi Lampung Di Lampung Utara AKL Produksi Kopi Lampung di Lambar

Kopi Lampung Dikenal Sejajar Dengan Kopi Specialty Indonesia

Eris Susandi, yang ialah pengamat kopi dari Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI) .
Menurutnya, kopi robusta Lampung telah cukup diketahui di luar negeri, bersama kopi Aceh Gayo, Arabika Sumatera Mandailing, kopi Toraja, kopi Bali Kintamani, Kopi Flores Bajawa, Kopi Arabika Wamena, kopi Malabar, dan kopi Temanggung.
“Berdasarkan rasanya, kopi Indonesia memiliki cita rasa yang cukup bervarian. Namun, modal varian rasa tak cukup untuk berkompetisi dengan kopi dari luar seandainya tak dibarengi dengan proses penanaman, panen serta pengolahan yang baik,” katanya.
Untuk menang di negara sendiri, menurut Eris, kopi Indonesia perlu perhatian dari pemerintah, terutama yang yang terkait dengan industri kopi seperti Departemen Pertanian dan Perindustrian serta Perdagangan.
“Banyak orang yang menganggap kopi luar itu baik sebab ada peran dari pemerintah untuk menolong para petani kopi untuk mewujudkan kopi dengan kualitas terbaik. Meski di Indonesia hal itu belum terjadi secara massif. Dari kementerian berkaitan kontribusinya masih sangat kecil,” kata Eris. -Kupastuntas.co

Cerita lainnya:  Pabrik Kopi Lampung di Lambar

Karenanya tak heran bahwa Kopi Lampung ini banyak peminatnya bahkan dari luar negeri sekali bahkan. Bagi warga Lambar tentu patut berbangga dan tidak lupa menikmati single origin asli Lampung Barat ini. Tidak lupa juga untuk membeli kopi ini dan menikmatinya di rumah, lebih pas lagi sekiranya cuaca Liwa sedang dingin atau hujan.

Gudang Kopi Lampung

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.