Amankah Kopi Hitam Untuk Sakit Maag

Amankah Kopi Hitam Untuk Sakit Maag

Amankah Kopi Hitam Untuk Sakit Maag

Mulai dari yang digiling hingga yang digunting, mengonsumsi kopi menjadi sebuah tren gaya hidup oleh beragam kalangan. Menjamurnya kedai kopi di Indonesia juga meningkatkan konsumsi kopi masyarakat. “Jumlah konsumsi kopi pada tahun 2016 naik sebesar 174 persen dari tahun 2000,” kata Kevindra Soemantri, pemerhati masakan dan gaya hidup di Jakarta Selatan. Kevin mengatakan selain bisa meningkatkan mood, konsumsi kopi oleh kaum urban ibu kota juga sudah menjadi sebuah arena unjuk eksistensi di sosial media. Melainkan yang tak disadari yakni potensi efek kafein pada kopi. Jikalau dikonsumsi secara berlebih akan memberikan akibat buruk bagi kesehatan.

Amankah Kopi Hitam Untuk Sakit Maag

Kafein yang terdapat dalam kandungan kopi bisa meningkatkan produksi asam dan peradangan pada lambung. Selain itu, kafein dapat membikin cincin otot kerongkongan rileks pada bagian bawah, sehingga asam lambung dapat naik hingga ke kerongkongan, seperti pada penderita refluks asam lambung (GERD) yang juga dikenal dengan maag.

Berdasarkan MedlinePlus, kebanyakan orang yang sehat saja, umumnya bisa mengonsumsi sampai 200 milligram kafein setara dengan satu hingga dua cangkir tiap-tiap hari, tanpa efek samping tertentu. Amankah Kopi Hitam Untuk Sakit Maag, Tetapi malahan, beberapa orang sehat yang mengkonsumsi dengan dosis yang lebih rendah sekalipun dapat menyebabkan insomnia dan sakit perut maag.

Beberapa masyarakat Indonesia mempunyai budaya mengonsumsi secangkir kopi di pagi hari dan ini bisa dibilang wajib, serta menjadi bagian dari rutinitas sebelum mengerjakan kesibukan pagi. Namun, banyak para penderita maag tidak berani untuk meminum kopi dan hasilnya tidak dapat mencicipi nikmatnya minuman ini. Seandainya diteliti lebih lanjut, pernyataan ini masih dalam kelompok kontroversial sebab masih belum jelas adanya relasi konsumsi kopi dan juga keluhan gastrointestinal atau saluran pencernaan. Memang benar tak bisa dielakkan apabila bagian dari kafein yang terdapat di dalam kopi memiliki kans untuk dapat meningkatkan kadar asam yang ada di lambung. Namun, bila Anda rupanya mempunyai gangguan maag segera merasa tak berkeinginan mencoba minuman ini sebaiknya beranikanlah Kata dr. Nitish Basant Adnani, BmedScs sebelum melakukan kesibukan pagi.,

Cerita lainnya:  Asam Lambung Tidak Boleh Minum Kopi ? Lihat Cara Mengatasinya

Kami tak berani untuk memberikan anggapan bahwa penderita maag dapat meminum kopi demikian itu saja sebab kami bukan dokter ataupun pakar kesehatan, namun mungkin dapat menyarankan kepada anda apabila konsisten ingin meminum kopi maka cobalah untuk bermigrasi trek dari kopi kopi sachet, kopi yang tidak tahu bagaimana pasca panennya ke kopi mutu specialty seperti Robusta Red Cherry, Robusta petik merah ataupun yang sedikit mahal ke Arabika.

Pilih variasi kopi Arabica
Penting untuk diketahui, kandungan kafein dari kopi Arabica lebih rendah dibandingi jenis kopi Robusta. Selain itu kandungan acidity dari Arabica juga lebih kecil jumlahnya dibandingkan macam kopi lainnya. Kadar keasaman Arabica nilainya setengah dari kopi robusta. Rendahnya kadar kafein dan keasaman dari kopi Arabica menghasilkan variasi kopi ini sebagai kopi yang paling layak untuk dinikmati oleh penderita maag. Bukan soal rasa, tapi soal kandungan zat-zat yang aman bagi kesehatan lambung si penderita.

Kopi asli dan masih segar
Bagi penderita maag sebaiknya memilih ragam kopi yang asli dan masih segar. Minum lah kopi dari biji kopi segar yang dihaluskan, bukan kopi instan kebanyakan yang ada di pasaran. Terutama lagi kopi giling kiloan yang banyak mengandung campuran bahan lainnya. Kecuali kandungannya yang sudah banyak campuran, tipe kopi ini juga telah cukup lama dalam kemasan dan dapat jadi kondisinya telah tak sehat. Oleh sebab itu, bagi penderita maag sebaiknya memilih jenis kopi asli dari biji kopi speciality yang bermutu. Supaya kesehatan lebih terjaga dan kandungan bijinya juga lebih gampang dicerna oleh tubuh.

Cara menyeduh kopi secara manual
Bagi penderita maag sebaiknya melakukan seduh kopi secara manual memakai kertas saringan, jangan memilih sistem tubruk yang biasanya mengalami perendaman cukup lama. Saringan berfungsi untuk menyeleksi karakter-karakter baik dari kopi untuk dikonsumsi. Kecuali itu juga akan membikin kopi menjadi lebih ringan untuk dicerna sebab progres ekstraksi di kertas filter yang memakan waktu cuma sekitar 2 hingga 3 menit lamanya.

Hindari kopi yang dark roast atau kopi sangrai gelap
Kopi yang disangrai lebih lama umumnya warnanya akan semakin dark (hitam). Keadaan ini di satu sisi memang bagus, yakni sebab kian hitam proses sangrainya maka jumlah kafein yang ada di biji kopi tersebut akan kian rendah. Tetapi di satu sisi yang terjadi justru sebaliknya. Jumlah karbon dioksida yang ada justru meningkat. Sementara senyawa inilah yang sangat ditakutkan para penderita maag dalam mengonsumsi kopi. Jadi kian hitam kopi tersebut, kian tak bagus untuk para penderita maag. Bagi penderita maag, sebaiknya mengkonsumsi kopi yang disangrai pada jenjang medium saja.

Jangan minum kopi tanpa makan sesuatu apapun

Bagi penderita maag, perut kosong tidak bagus untuk keadaan lambung. Lebih-lebih lagi jika dalam keadaan perut kosong hal yang demikian, Anda yang mempunyai penyakit maag mengkonsumsi kopi. Terutama lagi seandainya kopinya mempunyai banyak kandungan karbon dioksida dan dari variasi kopi robusta. Maka bisa dipastikan penyakit maag Anda akan lantas kumat. Jadi jangan sekali-kali mengkonsumsi kopi dalam situasi perut kosong. Bukan cuma penderita maag, mereka yang sehat juga akan mendapatkan efek yang kurang baik apabila membiasakan hal hal yang demikian.

Batasi jumlah mengkonsumsi kopi

Dari beberapa penjelasan ini tidak ada lagi alasan bagi penderita sakit maag untuk tidak bisa merasakan nikmatnya kopi. Dengan beberapa sistem tadi, Anda dapat minum kopi tanpa merasa ketakutan sebab maag yang akan kumat.

Today.com

wikipedia.com

Tempo.co

Alodokter.com

Suara.com

Beritasatu.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.