Pesan Kopi Sumatera Di Tanjung Karang Barat

Pesan Kopi Sumatera Di Tanjung Karang Barat

Pesan Kopi Sumatera Di Tanjung Karang Barat

Sejak 5 tahun yang silam, tren wirausaha kopi di Lampung selalu mengalami perkembangan yang tajam, minum kopipun tak menjadi sekadar keperluan, ia menjelma serupa gaya hidup. Bagi sebagian besar masyarakat Lampung, ngopi menjadi seperti aktivitas yang tak dapat dilupakan sebelum melakukan pekerjaan lainya. Nongkrong di kios kopi menjadi kesepakatan tak tertulis secara turun-temurun dan menjadi adat istiadat dikalangan masyarakat Lampung di Kota sampai Desa.

Pesan Kopi Sumatera Di Tanjung Karang Barat

Macam kopi yang dibudidayakan oleh mayoritas petani kopi di daerah Lampung adalah kopi robusta.
Sebagian besar perkebunan Kopi Lampung di dataran tinggi Lampung yaitu perkebunan rakyat yang terkonsentrasi di Kabupaten Lampung Tengah, Lampung Barat, dan Tanggamus.
Kopi Lampung cukup pantas diklasifikasikan sebagai salah satu kopi terbaik Indonesia. Kopi Lampung familiar karena keistimewaan aroma dan rasanya yang khas.

Tips Racik Kopi Lampung Dari Barista

Pesan Kopi Sumatera Di Tanjung Karang Barat Berdasarkan salah seorang peracik kopi atau barista, Ndharu Alisaputra, kopi barista Lampung memiliki ciri khas dan keunikan jika diperbandingkan dengan kopi robusta asal daerah lain.
“Salah satu ciri khas kopi robusta Lampung ada pada citarasa pahitnya. Tingkat kepahitan kopi robusta Lampung lebih unik dibanding kopi robusta lain. Memang perbandingannya tipis, tetapi jika penggemar kopi pasti tahu kelebihan hal yang demikian,” tutur Ndharu, Selasa (11/7/2017).
Ditambahkannya, bila disampaikan dengan tepat, kopi robusta Lampung akan terasa jauh lebih enak.
“Perbedaan kopi robusta Lampung akan terasa melalui proses roasting atau panggang. Seandainya dipanggang dengan kematangan lebih, kopi robusta akan terasa lebih padat dan sedap, ini yang lazimnya membikin kopi robusta Lampung disukai,”katanya.
Selain itu, Ndharu menilai kopi robusta Lampung akan lebih nikmat bila disampaikan dalam bentuk espresso atau kopi tubruk.
“Banyak penikmati kopi yang memilih Kopi Lampung disampaikan dalam bentuk espresso dan kopi tubruk. Dalam sajian ini, aroma dan kenikmatan kopi robusta Lampung memang lebih terasa,” paparnya.-Kupastuntas.co

Cerita lainnya:  Kopi Lampung Terbaik Tanjung Karang Timur

Kopi Lampung yang telah dikenal dunia, semoga seterusnya bisa menaikkan kualitas jual produksi. Dapat dengan meremajakan benih, mengembangkan penemuan, mengolah dan memasarkan hasil panennya. Harapannya, apabila konsisten kerjasama kebun sampai ke meja seduh akan memacu senyum petani dan penggemar kopi.

Pesan Kopi Sumatera Di Tanjung Karang Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.