Penjual Kopi Lampung Di Lampung Utara AKL Produksi Kopi Lampung di Liwa – Lambar

Penjual Kopi Lampung Di Lampung Utara AKL Produksi Kopi Lampung di Liwa – Lambar

Penjual Kopi Lampung Di Lampung Utara AKL Produksi Kopi Lampung di Liwa - Lambar

Propinsi Lampung selain mempunyai kekayaan rempah-rempah, juga penghasil kopi robusta peringkat ke 4 di dunia. Peringkat bergengsi hal yang demikian diukur menurut kuantiti yang dijadikan. Brazil, Vietnam dan Kolombia menempati posisi di atasnya.
Kabupaten Lampung Barat merupakan yang terbesar penyumbang ekspor kopi robusta. Wajar bila ada peringatan “Bicara kopi, ingat Lampung Barat”. Lampung Barat adalah penyuplai 38 persen kopi di Lampung dan masuk 7 persen secara nasional.

Penjual Kopi Lampung Di Lampung Utara AKL Produksi Kopi Lampung di Liwa – Lambar

Demikian halnya kopi robusta Lampung mempunyai kekhasan cita rasa yang berbeda dari kopi tipe serupa dari tempat lain. Kopi Robusta (Coffea canephora) lebih banyak dibudidayakan para petani kopi di Lampung, dan hanya sebagian kecil yang membudidayakan kopi Arabika (Coffea arabica).
“Dengan produksi yang cukup besar, memiliki cita rasa yang khas, serta puluhan ribu petani yang menggantungkan hidup dari komoditi andalan Provinsi Lampung itu sepatutnya juga dilestarikan sebagai salah satu warisan adat istiadat Indonesia,” kata Asisten Deputi Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Magdalena, di Bandarlampung, Kamis (19/11).
Dia menyebutkan, kopi robusta Lampung seketika dicanangkan menjadi salah satu warisan budaya Indonesia.

Cerita lainnya:  Mengenal Ciri-ciri Kopi Robusta Lampung

Kopi Lampung berada searah dengan pelbagai tipe kopi absah asal Nusantara lainnya, seperti Kopi Aceh Gayo, Kopi Mandailing, Kopi Papua Wamena, Kopi Bali Kintamani, Kopi Toraja, dan Kopi Flores.
Penjual Kopi Lampung Di Lampung Utara AKL Produksi Kopi Lampung di Liwa – Lambar. kopi robusta Lampung, termasuk kopi luwak asal Lampung yang telah diketahui luas, dengan menjadi warisan budaya diharapkan menjadi kian tenar serta diminati konsumen di dalam ataupun luar negeri.

Kopi Lampung yang telah diketahui dunia, semoga selanjutnya dapat menambah kwalitas tinggi produksi. Dapat dengan meremajakan benih, memaksimalkan penemuan, mengolah dan memasarkan hasil panennya. Harapannya, kalau tetap kerjasama kebun sampai ke meja seduh akan melajukan senyum petani dan pecinta kopi.

Penjual Kopi Lampung Di Lampung Utara AKL Produksi Kopi Lampung di Liwa - Lambar

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.