Lapak Kopi Sumatera Di Kemiling

Lapak Kopi Sumatera Di Kemiling

Lapak Kopi Sumatera Di Kemiling

Sejak lima tahun yang lampau, tren usaha kopi di Lampung terus mengalami peningkatan yang besar, minum kopipun tidak menjadi sekadar kebutuhan, ia menjelma menjadi tren hidup. Bagi beberapa besar masyarakat Lampung, minum kopi adalah seperti pekerjaan yang tidak bisa dilupakan sebelum melaksanakan ritual lainya. Nongkrong di kios kopi menjadi kesepakatan tidak tertulis secara turun-temurun dan menjadi kebiasaan dikalangan masyarakat Lampung di Kota sampai Desa.

Lapak Kopi Sumatera Di Kemiling

Demikian halnya kopi robusta Lampung memiliki keunikan cita rasa yang berbeda dari kopi tipe serupa dari daerah lain. Kopi Robusta (Coffea canephora) mayoritas dibudidayakan para petani kopi di Lampung, dan hanya beberapa kecil yang membudidayakan kopi Arabika (Coffea arabica).
“Dengan produksi yang cukup besar, memiliki cita rasa yang khas, serta puluhan ribu petani yang menggantungkan hidup dari komoditas andalan Provinsi Lampung itu wajib juga dilestarikan sebagai salah satu warisan adat istiadat Indonesia,” kata Pembantu Deputi Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Magdalena, di Bandarlampung, Kamis (19/11).
Ia menyebutkan, kopi robusta Lampung seketika dicanangkan menjadi salah satu warisan kebiasaan Indonesia.

Cerita lainnya:  Cari Kopi Sumatera Di Way Halim

Fine Robusta Lampung

Pada dasarnya kopi yang memiliki khasiat ialah kopi bermutu yang dipetik merah matang pada batang pohonnya, umpamanya seperti produk Robusta Red Cherry Lampung dari AKL Kopi.
Lapak Kopi Sumatera Di Kemiling, fine robusta diwujudkan dari budidaya kopi petik merah yang harganya dua kali lipat dari kopi asalan. Kopi hasil ini lebih disukai pemilik resto dan menjadi pavorit peminum kopi.
Tidak sedikit kedai kopi di lampung beralih menggunakan robusta petik merah AKL Kopi pada base espressonya sebab ketegasan hasil krema yang diciptakan, citarasa fruitty dan tentu lebih ekonomis ketimbang Arabika.

Kopi Lampung memang telah tenar, namun ada yang perlu diperhatikan.
Hal lain yang harus menjadi perhatian pemerintah provinsi yaitu bagaimana hasil olahan kopi dikemas dengan bagus. Sehingga, kopi Lampung tidak cuma mempunyai mutu rasa yang baik, tapi juga tampilan yang menarik.
Indonesia mempunyai beraneka ragam kopi dari Aceh sampai Sulawesi. Agar juga orang-orang tahu kalau Lampung punya kopi yang enak.

Cerita lainnya:  Inilah AKL Kopi Lampung Paling Enak Yang Diminati Kopi Lampung Paling Enak Lumbok Seminung

Lapak Kopi Sumatera Di Kemiling

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.