Alat Pour Over Elegan- Inilah Cara seduh Chemex

Alat Pour Over Elegan- Inilah Cara seduh Chemex

cara seduh chemexSelain metode seduh filter V60, salah satu penyeduhan kopi yang mirip dengannya dan tidak kalah populer ialah menggunakan chemex. Rupanya, seduh kopi dengan chemex lebih kompleks daripada metode seduh V60. Kopi yang diseduh dengan chemex lebih light, clean dan balance rasa yang lebih dominan.

 

 

Inilah Cara Seduh Chemex

Kita telah banyak mengenal seduh pour over dengan v60. Namun ada salah satu alat penyeduh kopi yang mirip prosesnya dan tidak kalah populer ialah Chemex. Rupanya, brewing kopi dengan chemex lebih kompleks rasanya daripada metode seduh v60.

Ketimbang chemex, V60 memang lebih populer. Bahkan di beberapa coffee shop, cara seduh ini masih jarang sekali ditemukan. Jika pun ada coffee shop memiliki banyak permintaan kopi manual (manual brewing coffee), chemex masih sedikit menjadi pilihan pengopi.

Apa sebabnya ya?

Beberapa pemilik kedai kopi beranggapan, brewing menggunakan chemex memiliki banyak kemiripan dengan V60, padahal biaya peralatannya jauh lebih mahal daripada V60. V60 saja saat ini banyak ditemukan produk dari China dengan harga yang lebih rendah.

Cerita lainnya:  Membuat Espresso Dengan Mokapot

Sedangkan chemex, bagi sebagian pengopi rumahan masih relatif tinggi bagi sebuah alat seduh manual. Seperti harga paper filter yang terkesan lebih elegan daripada filter untuk V60. Hal tersebut membuat sebagian pengelola kedai kopi harus lebih memperhitungkan untuk menentukan harga kopi yang diseduh via chemex.

Bagaimanakah cara seduh chemex?

Pada prinsipnya, seduh kopi dengan chemex hampir sama dengan alat seduh filter V60. Perbandingan rasio kopi dan air tidak jauh berbeda dengan metode V60 yakni antara 1/13 hinga 1/15.

cara seduh chemex

Level gilingan kopi medium dan suhu air antara 80″- 88 derajat celcius. Metode tuang air juga hampir seperti umumnya searah dengan jarum jam.

Hanya saja, bedanya tersedia pada model filter. Bila filter V60 miliki kerucut 60 derajat, chemex

lebih sempit lagi, yaitu 45 derajat dan ini sangat mungkin jatuhan seduhan kopi lebih tinggi

daripada V60.

#1 Basahkan Kertas Filter

#2 Masukkan bubuk kopi

#3 Tuang 80-100g Air Pertama “Blooming”

#4 Tuang 490 Air Panas Kedua Setelah 30 Detik

#5 Setelah 2 menit masukkan air sampai 640 g


Terlepas dari bahan kertas filter, jatuhan air pada chemex saat air dituang (pouring) membawa dampak proses ekstraksi berlangsung lebih cepat, atau proses pengendapan air dengan kopi lebih cepat daripada V60. Secara logika, ini yang membawa dampak seduhan kopi gunakan chemex dapat menghasilkan karakter kopi yang lebih light. sebagian orang menyebutnya clean, body-nya lebih ringan.

Cerita lainnya:  Nyipon Kopi Dengan Shypon Coffee Maker

Kalangan penikmat kopi yang menyukai kopi dengan sifat lembut, ringan, light, clean, pilih alat seduh chemex. Kelebihannya, seduhan chemex tidak meninggalkan dampak kelat atau pahit pada kopi. Termasuk hal yang unik bukan mengapa bisa begitu?

Keunikan dan kelebihan chemex ini sekaligus menjadikannya sebagai alat seduh manual yang terelegan dan mewah dikarenakan harga peralatannya dan filternya. Karena itu, chemex kebanyakan digunakan untuk seduh kopi spesialty yang rasanya sayang kalau diseduh dengan asalan.

Singkatnya, kopi pribadi yang diseduh gunakan alat seduh spesial, maka dapat menghasilkan kopi  dengan dua spesial, Nikmat bukan?

Hanya saja, mengapa sejauh ini kompetisi chemex tetap langka. V60 dan aeropress tetap dua alat manual yang tetap sering diperlombakan di ajang kompetisi barista, baik kelas lokal, nasional bahkan internasional. Ada yang bisa mengetahui jawabannya?

Tidak perlu difikirkan! Sebaiknya mulailah seduh kopimu dengan chemex dan rasakan perbedaannya

dengan seduhan manual yang udah biasa Anda gunakan.

Enjoy ur coffee manual brewing -Chemex-

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.