Cari Kopi Sumatera Di

Cari Kopi Sumatera Di

Cari Kopi Sumatera Di

Sejak 5 tahun yang silam, popularitas bisnis kopi di Lampung terusmenerus mengalami peningkatan yang tajam, minum kopipun tidak menjadi sekedar kebutuhan, ia menjelma semacam gaya hidup. Bagi beberapa besar masyarakat Lampung, ngopi menjadi seperti aktivitas yang tidak boleh dilupakan sebelum melaksanakan ritual lainya. Nongkrong di kios kopi menjadi kesepakatan tidak tertulis secara turun-temurun dan menjadi kultur dikalangan masyarakat Lampung di Kota sampai Desa.

Cari Kopi Sumatera Di

Demikian adanya kopi robusta Lampung memiliki kekhasan cita rasa yang lain dari kopi variasi serupa dari tempat lain. Kopi Robusta (Coffea canephora) mayoritas dibudidayakan para petani kopi di Lampung, dan hanya sebagian kecil yang membudidayakan kopi Arabika (Coffea arabica).
“Dengan produksi yang cukup besar, memiliki cita rasa yang khas, serta puluhan ribu petani yang menggantungkan hidup dari komoditi andalan Provinsi Lampung itu semestinya juga dilestarikan sebagai salah satu warisan adat istiadat Indonesia,” kata Asisten Deputi Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Magdalena, di Bandarlampung, Kamis (19/11).
Ia menceritakan, kopi robusta Lampung lantas dicanangkan menjadi salah satu warisan adat istiadat Indonesia.

Cerita lainnya:  Penjual Kopi Lampung Di Bandarlampung AKL Pabrik Kopi Lampung di Liwa - Lambar

Kata Robusta berpangkal dari kata Robust yang punya arti kuat. istilah ini memang menggambarkan kualitas dan cita rasa kopi robusta yang memiliki keunggulan pada wangi kopinya yang kuat dan mantab. Cari Kopi Sumatera Di , Bahkan penggemar Kopi Lampung tulen menyatakan jika rasa Kopi Lampung tipe Robusta mengarah beraroma coklat.
Dan faktanya bahwa 70 persen dari total hasil panen Kopi di kawasan Provinsi Lampung dipartisipasi oleh perkebunan Kopi Lampung Barat macam Robusta yang ada di areal Sumber Jaya -Liwa – Sukau – Suoh . Kopi Lampung macam Robusta yang berasal dari Lampung Barat bermutu terbaik dan adalah komoditi ekspor. Hal ini di karenakan tanaman Kopi Lampung variasi Robusta tumbuh pada habitat sebetulnya, yakni ditanam di atas ketinggian 800 meter di atas permukaan laut (mdpl). Di dukung oleh iklim bukit lampung barat yang dingin serta kesuburan tanah yang mengaggumkan.

Kopi Lampung yang sudah diketahui dunia, semoga kedepannya dapat menaikkan kualitas jual produksi. Dapat dengan meremajakan benih, mengoptimalkan penemuan kreatif, mengolah dan memasarkan hasil panennya. Harapannya, jika tetap kerjasama kebun hingga ke meja seduh akan memacu kesenangan petani dan pecinta kopi.

Cerita lainnya:  Budidaya Tanaman Kopi dengan Cara Stek

Cari Kopi Sumatera Di

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.