Apa Aman Kopi Untuk Penderita Maag

Apa Aman Kopi Untuk Penderita Maag

Apa Aman Kopi Untuk Penderita Maag

Sepertinya banyak yang menyetujui perihal pendapat yang telah beredar selama ini di masyarakat, kopi adalah salah satu minuman yang betul-betul digemari di Indonesia, ternyata menyebabkan sakit maag dan asam lambung. Apa Aman Kopi Untuk Penderita Maag, Jadi, Benarkah Kopi Menyebabkan Sakit Maag Dan Asam Lambung? Benarkah anggapan hal yang demikian?

Apa Aman Kopi Untuk Penderita Maag

Kafein yang terdapat dalam kandungan kopi bisa meningkatkan produksi asam dan peradangan pada lambung. Selain itu, kafein bisa membuat cincin otot kerongkongan rileks pada komponen bawah, sehingga asam lambung dapat naik sampai ke kerongkongan, seperti pada penderita refluks asam lambung (GERD) yang juga diketahui dengan maag.

Menurut MedlinePlus, kebanyakan orang yang sehat saja, biasanya dapat mengonsumsi sampai 200 milligram kafein sepadan dengan satu hingga dua cangkir tiap hari, tanpa efek samping tertentu. Apa Aman Kopi Untuk Penderita Maag, Namun bahkan, beberapa orang sehat yang mengonsumsi dengan dosis yang lebih rendah sekalipun bisa menyebabkan insomnia dan sakit perut maag.

Cerita lainnya:  Korelasi Kopi Maag Yang Belum Ditemukan

Jawabannya tentu terpulang lagi pada bagaimana sistem ngopi yang Anda lakukan, apakah telah benar atau belum. Tidak perlu sedih, meski Anda ketika ini memiliki penyakit maag, masih ada metode untuk bisa menikmati secangkir kopi yang menjadi favorit Anda tersebut. Tips ini akan dapat menolong Anda konsisten bisa merasakan secangkir kopi yang lezat tanpa wajib mengeluh perih karena serangan maag yang kambuh. Bagaimana caranya? Berikut ini beberapa tips ngopi yang patut dipandang penderita maag.

Fakta hakekatnya maag lebih banyak disebabkan oleh infeksi, terpenting karena kuman. Maag juga bisa muncul sebab stres, nikotin maupun tanggapan autoimune; gangguan respons kekebalan tubuh. Pantaslah ada yang percaya kalau kopi yang diproses dengan bagus tanpa gula tak akan memberi pengaruh asam lambung. Mungkin sih ada benarnya juga, karena empiris banyak specialty coffee enthusiast yang lambungnya sama sekali tidak terganggu meski minum kopi di pagi hari.

Ada hal menarik yang direkomendasikan oleh dokter pakar penyakit dalam Annisa Maloveny.

“Kopi dingin lebih bagus bagi penderita asam lambung sebab zat yang menyebabkan asam lambung tak ada atau berkurang. Jadi enggak apa-apa, malahan bagus,” ujar dr Annisa Maloveny SpPD, dalam sebuah acara beberapa waktu lalu.

Asam yang terdapat dalam kopi dingin lebih rendah dibandingkan pada kopi panas. Ini yang membuat penderita asam lambung masih bisa menikmati kafein dari secangkir kopi.

Selain itu, air panas yang dipakai untuk menyeduh kopi dapat mengeluarkan asam yang lebih pekat dari biji kopi. Meski, es batu akan lebih mengencerkan konsentrat kopi sehingga rasanya akan ramah di perut penderita asam lambung.

Dr Annisa juga memberi masukan agar kopi dapat dinikmati satu atau dua jam sesudah makan. Pastikan perut tak dalam situasi kosong karena bisa meningkatkan produksi asam lambung.

“Kopi bisa meningkatkan produksi asam lambung sehingga dianjurkan jangan mengonsumsinya dikala perut dalam situasi kosong. Konsumsi kopi sebaiknya satu atau dua jam setelah makan,” saran dr Annisa.

Today.com

wikipedia.com

Tempo.co

Alodokter.com

tcsc-indonesia.org

Beritasatu.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.